Select Page

hiking-1312226_960_720

Banyak yang bilang kalau Traveling adalah salah satu cara terbaik agar nggak stres. Makanya banyak banget yang mengambil cuti dan melakukan perjalanan ke luar negeri maupun dalam negeri. Dalam negeri Traveling ke Bali Nusa Dua, masih menjadi tempat yang paling sering dikunjungi. Namun kadang-kadang traveling akan membuat kita malah semakin stre,  karena saat traveling kita malah terkena sakit. Nggak lucu kan kalau jalan-jalan terkena sakit apalagi kalau sampai terkena sakit kaya DBD atau malaria. Hemm makanya sebelum traveling, kita mesti menyiapkan diri dan kesehatan agar tak sakit. Berikut agar selalu sehat saat traveling

  1. Menguatkan sistem imun sebelum jalan-jalan

Sistem tubuh kita adalah tentara yang melindungi tubuh kita. Fungsi sistem imun untuk melawan kuman penyakit yang masuk dalam tubuh kita. Menguatkan sistem imun sebelum bepergian adalah hal yang penting. Untuk itu dua minggu sebelum traveling adl baiknya kita menyiapkan diri agar sistem imun kita selalu terjaga Caranya dengan tidur terartur, makan makanan yang sehat, minum vitamin, dan tentu saja olahraga. Saat traveling pasti akan banyak hal yang kita lakukan, jadi penting banget untuk menjaga sistem imun biar tubuh tak gampang sakit

  1. Cari tahu kira-kira tempat yang kamu akan datangi ada endemik penyakit menular atau nggak.

Ini terjadi sama temanku. Dia main ke sebuah daerah di NTT, nah ternyata di sana lagi ada endemik DBD alias demam berdarah. Pulang-pulang masuk RS karena DBD. Apa sih endemic, Endemik adalah daerah yang sedang kena wabah penyakit. Seperti yang kita ketahui bersama,  Indonesia adalah negara tropis. Banyak banget penyakit menular dan bahaya yang muncul. Apalagi menularnya melalui udara dan sentuhan. Sebelum traveling ke suatu tempat ada baiknya kita search apakah daerah termasuk endemik atau tidak. Kalau misalnya di tempat itu lagi musim penyakit hepatitis dan kamu belum di-vaksin mending mikir ulang deh . Jadi sebelum jalan-jalan jangan lupa cek tempat yang kau datangi yah.

  1. Ketahui apa yang kau akan kau lakukan jika terkena kecelakaan atau sakit saat traveling.

Yang namanya kemalangan pasti tidak dapat dicegah, untuk itu kita butuh persiapan. Ketahuilah apa yang akan kamu lakukan jika terkena sakita atu kecelakaan. Penting banget unutk menyiapkan obat-obatan sebelum bepergian.  Pastikan untuk membawa obat penurun panas kaya paracetamol, obat anti nyeri kaya asam mefenamat atau Ibuprofin, balsem gosok, Vitamin, minyak gosok, Obat diare dan masuk angin. Sakit perut dan demam paling sering terjadi oleh karena itu jangan lupa membawa obat-obatan. Siapa tahu nggak ada jual obat di tempat yang kita kunjungi. Apalagi kalau kalau kamu punya penyakit. Sebelum traveling pastikan di tempat traveling ada dokter yang dapat menangi.

  1. Stay Hydrated

Sangatlah penting untuk selalu menjaga hidrasi tubuh terutama saat traveling. Pastikan  untuk selalu minum air terutama jika melakukan perjalanan panjang dengan pesawat misalnya perjalanan ke luar negeri. Dehidrasi akan meneybabkan pusing, letih otot, lelah dan kosentrasi menurun. Jadi penting untuk siapkan selalu sebotol air saat melakukan traveling.

  1. Perhatikan kesehatanmu saat melakukan traveling.

Perhatikan  kesehatanmu saat traveling dan bila perlu cegah sakit saat traveling dengan cara berikut

  • Pakai Sunblock saat bepergian,
  • Selalu gunakan sabuk pengaman.
  • Pakai baju lengan panjang dan jeans ketika bepergian malam di daerah yang sedang endemik malaria,
  • Kalau bisa tinggalah di hotel atau tempat yang keberisihannya terjaga
  • Pastikan juga utuk konsumsi vitamin yang cukup.

Demikianlah lima tips agar tak sakit saat traveling, semoga berguna dan selamat berlibur