Artikel, Curhat

Tujuh Hal yang Lelah Didengar oleh Para Wanita Belum Menikah

People who are in relationships seem to be more interested in their single friends’ dating lives than their own.

enhanced-2471-1444908295-1

Perkataan di atas ada benarnya juga setidaknya kalau dilihat dari kehidupanku. Belum menikah di saat temanmu kebanyakan sudah menikah memang kadang melelahkan. Banyak sekali perkataan orang-orang yang kemudian berubah menjadi tekanan sosial. Belum lagi kalau udah mulai ngomongin orangtua minta cucu. Namun demikian, menikah bukan berarti meningkatkan kualitas hidup menjadi senpurna. Kadang aku mengerutkan kening mendengar betapa banyaknya duit yang dibutuhkan ketika sudah menikah, apalagi ketika sudah punya anak. Dari sisi finansial, aku kira aku beruntung belum menikah, karena uang bisa dipakai buat belanja online hahaha. Namun keberuntungan hanya sampai di situ, setidaknya menurut orang-orang. Ada banyak perkataan yang membuat para wanita belum menikah merasa lelah. Seolah belum menikah merupakan suatu kesialan.

Mari bicara hal-hal apa yang bikin perempuan yang belum menikah sepertiku lelah.  Perkataan dari teman, orangtua, keluarga, dan seluruh dunia. Setelah Aku rangkum dari pengalaman pribadi dan teman-teman, ini dia perkataan-perkataan itu:

  1. “KAPAN NIKAH?”

c718660a-c040-4568-8a75-923affe4f213

Yang membuat pernyataan ini melelahkan adalah terlalu sering didengar dan sejujurnya sudah menjadi trauma jika saking seringnya didengar. Di pesta nikah, di warung bakso, sampai di antrian supermarket. Kalau  rajin ngitung nih kayanya aku udah jutawan deh kalau setiap kali ditanya kapan nikah dapat duit satu rupiah. Namun tenang saja hai para wanita yang belum menikah, ini bukanlah akhir dari pertanyaan melelahkan. Kalau sudah menikah akan ada lanjutan pertanyaan daru kapan nikah yaitu kapan punya anak dan kapan-kapan lainnya.

  1. “KOK KAMU BELUM NIKAH? PADAHAL KAMU UDAH MAPAN DAN BERUMUR.

2a8eda1f-2a68-4287-a4cf-699b8d982443

What the hell..

  1. “AYO CEPATAN NIKAH, HAMIL DI USIA DI ATAS 30, BERESIKO TINGGI LOH.”

11c6691b-9d66-4657-8a5b-ecc099728218

What the hell PART TWO

  1. “KAMU KEBANYAKAN KRITERIA, SIH!”

f2726e02-e79e-45cf-8c0b-84d990593c9d

Yang membuat pernyataan ini melelahkan adalah karena pasti diikuti nasihat bijak ala MT tentang kriteria ideal calon suami. Perkataan yang bikin malas untuk diladeni. Yah namanya menikah harus banyak kriteria dong yah. Tampan, kaya, baik hati, sayang orangtua, rajin beribadah, tidak pelit, tidak cemburuan emang kriteria yang banyak yah? Haha yang jelas kita semua pasti menginginkan yang terbaik  buat jadi suami kita. Namun bukan berarti belum menikah kita punya banyak kriteria.

  1. “MAU AKU JODOHIN SAMA TEMAN AKU NGGAK? NGGAK GANTENG SIH, TAPI MAPAN.”

095095eb-76d6-4a74-8a46-4fd998af722b

Yang membuat perkatan ini melelahkan adalah cara kita menolak atau mengiyakan. Kalau menolak, kita akan lelah dia  membredel kita dengan pertanyaan lain dan bahkan nekat mencarikan kita kandidat berikutnya. Kalau mengiyakan maka kita akan lelah meladeni orang yang dijodohkan. Iya kalau cocok? Kalau enggak? . Kalau diitung-itung aku udah dapat lebih dari 5 tawaran soal ini tahun kemarin. Seolah-olah kita jomblo karena nggak bisa nyari pasangan sendiri. Padahal sih iya. Hahah. Aku pribadi sih nggak percaya sama hubungan yang dijodohkan orang. Aku lebih respect sama dia yang mendapatkan aku dengan usaha sendiri, tapan mengemis ke orang untuk dijodohkan. Desperate banget kesannya.

  1. “INGAT UMUR LOH NANTI KALAU KAMU NIKAH LAMA, ANAK MASIH SMA, KAMU UDAH PENSIUN.”

a544b901-e403-4e2c-ac07-2a21dfe10939

Duhh ini juga bikin lelah dengarnya. Sampai aku nggak tahu lagi mau nulis apa di sini.. Huft. Padahal cepat nikah belum tentu cepat dikaruniai anak kan?

  1. KAMU ENAK BANGET DEH BELUM NIKAH, MASIH BISA SENANG-SENANG

4bfec03b-0c3a-4a50-b56d-1eeaa95a8e5f

Duh aku dengar ini lelah dan kasihan.  Makanya aku punya janji sama diri sendiri untuk menikmati masa lajangku dengan baik sehingga kelak jika sudah menikah  aku nggak akan iri sama yang belum menikah.

Demikianlah tujuh perkataan yang lelah didengarkan para wanita belum menikah. Kalau kamu apa yang paling lelah kamu dengarkan?

9 thoughts on “Tujuh Hal yang Lelah Didengar oleh Para Wanita Belum Menikah

  1. Sebenarnya sama aja sih AJen. yg lajang kadang suka iri sm yg udah (terlihat) bahagia dgn pasangan dan anak. Yg udah punya pasangan & anak, iri liat lajang yg (terlihat) hepi gak usah ribet sm mertua atau sodara ipar. Iri sih wajar, tp bukan jadi alasan buat mencecar orang lain hanya utk terlihat bahwa diri sendiri bahagia… well, malah makin keliatan betapa gak bahagianya dirimuh :)))))))))

  2. “Kok belum nikah? Pilih2 sih” itu nyebelin banget. Hahaha… Karena sebenarnya ngenes ga ada yang dipilih. Lagian beli wortel aja pilih2, suami juga dunk ya. Masa mau sembarangan siapa aja boleh. Hehehe…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *