Artikel, Health

Tolak penyalahgunaan Obat bersama BPOM

IMG_20171022_062452_HDR

Ingat nggak sih beberapa waktu lalu, kita kaget dengan berita anak SMA di Sulawesi kejang masal dan ahrus dirawat di RSJ karena minum obat yang diedarkan oleh orang tak bertanggung jawab. Nama obat itu adalah PCC atau Paracetamol, Cafein, dan Carisoprodol. Yang dapat merusak saraf dan menyebabkan gangguan mental halusinasi pada yang meminumnya dalam jumlah banyak.  Obat memang memiliki efek bagus dalam menyembuhkan penyakit, tetapi bahan kimianya memiliki efek yang kurang bagus, makanya minum obat itu harus ada di bawah pengawasan dokter. Pastikan nih kamu mendapatkan obat dari dokter langsung yah, bukan dari orang lain.

Hari minggu tanggal 22 Oktober yang lalu, aku berkesempatan mengkuti sosialisasi dari BPOM di CFD sudirman bersama blogger cihuy. Ini merupakan kegiatan yang melandasi kekahwatiran BPOM tentang penyalahgunaan obat yang marak terjadi di masyarakat. Selain itu di sini kita juga diajak untuk berkenalan dengan obat-obat.

IMG_20171022_063727_HDR

Ini adalah conto obat yang sering beredar di masyarakat, mengkonsumsinya tak perlu menggunakan resep dokter tetapi jika tidak sembuh dengan minum obat ini, sebaiknya segera ke dokter yah, guys. Seorang temanku bercerita di apernah bertemu pasien yang kecanduan komix 20 sachet setiap hari saking seringnya minum obat itu.. Serem kan? Hati-hati juga dalam meminum obat-obat ini yah.

IMG_20171022_062458_HDR

Ini contoh obat psikosis untuk madalah kesehatan mental dan harus diberikan berdasarkan resep dokter. Jangan sekali-kali mencoba minum obat ini tanpa resep dokter, kita bisa mengalami gangguan mental macam Skizofrenia juga nantinya.

IMG_20171022_065447_HDR

Alprazolam adalah obat yang diberikan pada mereka yang mengalami ansietas dan cenderung panik. Tidak untuk dkonsumsi sembarangan yah guys

IMG_20171022_065319_HDR

Trihexyphenidril diberikan kepada pasien Skizophrenia untuk meminimalisir efek obat psikosis yaitu tremor. Obat ini didebut juga anti parkinson.

Nah kalau ini adalah contoh obat yang ditarik dari peredaran karena sering digunakan untuk membuat narkotika. Ini adalah obat batuk yang guys. Namun tetap saja ada yang pake obat lain yang ada kandungan obat ini untuk membuat narkotika. jahatnyaa

IMG_20171022_065515_HDR

(Obat ini sudah ditarik dari peredaran yah!)

IMG_20171022_062511_HDR

Obat ilegal yang beredar di masyarakat

Acara ini dihadiri oleh kemenkes, BPOM, Persatuan apoteker di setiap wilayah jakarta dan tentu saja para blogger.

IMG_20171022_062914_HDR

IMG_20171022_063002_HDR

IMG_20171022_063023_HDR

Lalu bagaimana sih membedakan obat ilegal dan tidak?

  1. Obat ilegal biasanya diberikan oleh orang yang tidak komputen. Kalau misalnya kamu sakit dan ada orang yang menawarkan obat dan dia bukan dokter, kamu harus hati-hati yah. Jangan sampai kamu jadi korban kaya siswa-siswa di Sulawesi yang minum PCC itu.
  2. Lihat nomor seri obat yang dikeluarkan oleh BPOM. Obat legal memiliki nomor seri obat di setiap kemasannya, jadi pastikan selalu cek nomor seri obat yang akan kamu minum yah. Obat legal bisa dicek di sini yah!
  3. Obat baru biasanya masih terbungkus rapi. Jangan pernah menerima obat yang sudah terbuka bungkusnya. Bisa jadi itu adalah obat ilegal.

Selain obat ilegal, BPOM juga menekankan pentingnya menjauhkan diri dari Napza. Secara umum Napzamemang digunakan dalam kesehatan, morfin misalnya. Dalam kadar yang cukup morfin dapat mengurangi rasa sakit. Biasanya diberikan sebagai anti nyeri pada pasien kanker. Namun pemberiannya benar-benar dipantau loh, guys. Nggak sembarang juga. Karena morfin ini bisa memberi efek tidak bagus jika berlebihan. Napza dapat menyebabkan maslah serius pada sistem tubuh terutama otak jika dikonsumsi terus menerus. Karena obat ini adiktif, jadi memang susah untuk dihentikan jika sudah mengkonsumsi.Penggunaan NAPZA dapat menyebabkan Psikofrenia. Kok bisa? Jadi Napza ini akan menganggu skekresi hormon dopamin, Jika kelebihan maka menyebabkan skizoprhenia dan jika kurang maka akan menyebabkan seorang depresi. FYI, Skizofernia tidak bisa disembuhkan, jadi lebih baik mencegah daripada menyembuhkan

Lalu bagaimana agar tidak mengkonsumsi Napza?

Orang mengkonsumsi Napza biasanya karena pergaulan dan kondisi lingkungan yang tidak mendukung. Penting banget bagi kita untuk mendidik anak-anak dan orang terdekat kita terlebih dahulu tentang bahaya Napza. Karena bangsa yang sehat adalah masayrakat, keluarga dan individu yang sehat

Aku sendiri senang banget mengikuti acara ini. Selain karena berguna banget ilmunya aku jadi tahu beberapa ilmu baru tentang obat. Mulai sekarang mari berhati-hati dalam mengkonsumsi obat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *