Teknik Sablon Kaos Dengan Cara Manual Satuan Menarik Dan Trendi

Berbagai situasi kondisi dapat menyebabkan rusaknya sablon pada kaos Anda. Memiliki kaos dengan gambar yang sudah luntur tentunya membuat Anda enggan untuk memakainya. Meskipun sablon merupakan solusi untuk memperindah penampilan kaos, namun berbagai pemikiran harga yang mahal menurunkan minat Anda. Menapak dari permasalahan Anda, sablon kaos manual perlu Anda coba. Kenali lebih dalam mengenai pengertian dan teknik sablon manual dibawah ini.

9
Pengertian Sablon Manual
Sablon manual adalah teknik sablon pakaian tanpa menggunakan bantuan mesin. Peralatan yangdibutuhkan dalam sablon manual sangatlah sederhana dan mudah diperoleh. Teknik sablon ini hanya membutuhkan beberapa peralatan seperti beberapa jenis kain saring, rakel. Proses penghematan biaya pengeluaran dapat ditekan dari besarnya harga peralatan. Selain itu, penggunaan mesin ini sangat cocok bagi Anda yang tengah memprogam hidup hemat.

Peralatan Sablon Manual
Berbagai jenis bahan kain dapat diterapkan dalam teknik sablon manual. Mulai dari kain katun viscose, polyster dan masih banyak lainnya. Tinta merupakan komponen penting dalam proses sablon manual. Kualitas tinta menentukan bagus tidaknya sablon yang dihasilkan. Selain itu, kondisi screen dan rakel harus kerap dikontrol agar tidak menggangu proses produksi sablon.

Teknik Sablon Manual
Tidak jarang pebisnis sablon menemui kesulitan disaat menggunakan bahan emulsi untuk membuat desain cetakan kaos satuan. Emulsi adalah komponen yang memiliki kharakteristik cepat kering ketika terkena berkas cahaya. Dibawah ini merupakan langkah-langkah dalam proses mencetak kaos satuan secara praktis dan efisen, tanpa penggunaan bahan Polyflex.

1. Siapkan desain
Sebelum memulai proses sablon, siapkan desain kertas stiker cutting dan rubahlah posisi luar kaos ke posisi dalam seperti prinsip mirror. Setelah itu rekatkan selotip pada beberapa area permukaan kain saring yang Anda tidak ingin terkena tinta.

2. Rekatkan selotip
Setelah perekatan selesai, periksalah hasil pelakbanan sekali lagi untuk memastikan tidak terjadinya kebocoran tinta ketika disalon. Pastikan kebersihan kain yang ingin di sablon. Kemudian taruhlah kain saring tepat pada area permukaan pakaian yang ingin Anda sablon.

3. Finishing
Seusai proses perekatan selotip selesai,tunggulah untuk beberapa saat agar tinta terserap secara maksimal pada permukaan kaos. Cukup hanya dalam waktu 10-15 menit, Anda dapat memperoleh hasil sablon yang keren.

Peralatan manual sablon dapat Anda temui dengan mudah di pasaran. Setiap penggunaan berbagai jenis sablon memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Begitu pula dalam proses produksi melalui penggunaan mesin manual. Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dan kelemahan pemakaian sablon manual dalam produksi.

Kelebihan

  • Tidak memakan biaya besar (biaya perawatan peralatan dan produksi)
  • Tinta akan lebih awet (bergantung kualitas tinta)
  • Cocok untuk langkah Anda yang ingin belajar bisnis sablon.
  • Teknik sablon mudah digunakan
  • Dapat digunakan dalam mencetak sablon dalam sekala besar

Kekurangan

  • Membutuhkan waktu produksi yang lama
  • Peralatan harus diguakan secara berate hati (sceen /kain saring)
  • Membutuhkan peranan sinar matahari untuk mengeringkan

Harus dipahami bahwa kesuksesan seseorang diawali dengan usaha yang dilakukan sekarang. Apabila Anda tertarik untuk menggeluti bisnis sablon, mulailah mencoba menerapkan teknik sablon kaos manual dalam usaha Anda. Memiliki harga yang murah, bisnis ini tidak membutuhkan biaya operasional yang besar. Carilah mentor yang dapat memberikan Anda masukan demi memperbaiki dan mencari peluang usaha di masa depan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *