Artikel

Resep Membuat Cah Kangkung

Siapa yang menyukai kangkung? Saya rasa hampir semua orang menjawab suka. Sayur yang terkenal di seluruh Indonesia ini selain mudah didapat, rasanya juga enak apalagi kalau dibuat cah kangkung. Sebagai sayur yang gampang ditemukan, tak heran cah kangkung merupakan masakan rumahan yang selalu ada di meja makan kita. Aku senang sekali memasak masakan ini, karena kangkung mudah ditemukan. Namun satu hal yang bikin kesal kalau membuat cah kangkung adalah warna yang cepat berubah. Gimana sih agar membuat kangkung dengan warna yang hijau segar? Setelah ratusan kali praktik dan membaca banyak resep di internet, berikut aku bagikan resep dan tipsnya.

Bahan-bahan

  1. 1 ikat kangkung hijau segar. Ketika memilih sayur kangkung hal pertama kali yang harus kita lakukan yaitu, pastikan bahwa kita memilih kangkung yang masih dalam keadaan segar, hijau dan tidak layu.
  2. 4 siung bawah putih yang sudah diiris halus
  3. 3 SDM saos tiram
  4. Garam dan merica secukupnya
  5. 1 SDM Royco
  6. Minyak untk menumis
  7. 2 buah cabe merah diiris tipis-tipis

Cara membuat

  1. Cuci bersih kangkung lalu potong kecil-kecil. Potong sayur kangkung bagian daunnya bisa sampai batang. Namun anda harus memastikan bahwa potongan tersebut kecil dan tidak terlalu besar agar lebih mudah ketika dikonsumsi.
  2. Panaskan minyak lalu masukan cabe dan bawang putih
  3. Masukan kangkung kemudian air secukupnya. Perlu diperhatikan untuk segera memasukan air ke dalam wajan jangan menunggu kangkung layu. Hal tersebut akan membuat kangkung berwarna kehitaman. Tips lain jika ingin membuat kangkun tetap hijau adalah dengan memberikan perasan jeruk nipis di tumisan kangkung tersebut. Jangan lupa untuk memasak kangkung di api yang sedang.
  4. Kecilkan api dan tutup wajan selama 1-2 menit
  5. Masukan Royco, garam, dan merica.
  6. Tumis kangkung hingga layu dan masukan saos tiram
  7. Angkat dan sajikan di piring.

kangkung

Manfaat Kangkung bagi kesehatan

Selain murah dan gampang ditemukan, kangkung juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan loh, diantaranya sebagai berkut:

  1. Mengandung Zat Besi

Kangkung mengandung zat besi yang untuk membantu pembentukan hemoglobin.  Hemagoblin digunakan untuk mengankut darah kaya oksigen di dalam tubuh ke seluruh tubuh. Kekurangan Zat besi akan mengganggu pembentukan hemagoblin dan membuat tubuh kekurangan hemahoblin atau anemia. Kangkung baik dikonsumsi saaat hamil, karena ibu hamil sering mengalami kekurangan zat besi.

  1. Memiliki kandungan protein

Kankung mengandung pritein yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh salah satunya sebagai pengatur metabolism tubuh. Tubuh yang kadar proteinnya tidak seimbangan akan lebih mudah sakit. Selain itu protein dalam kangkung sangat bermanfaat dalam proses regenerasi sel kulit.

  1. Mengandung vitamin C dan A

Kangkung kaya akan vitamin C dan A. Kedua vitamin ini memiliki fungsi untuk mata dan daya tahan tubuh. Selain itu vitamin C juga berfungsi untuk mencegah kanker kulit dan mencegah diabetes. Kangkung dipercaya dapat membantu mencegah diabetes.

 

Demikianlah resep cah kangkung dan manfaatnya bagi tubuh. Selamat memasak

1 thought on “Resep Membuat Cah Kangkung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *