Artikel

Resep Bubur Saring Ikan untuk Makanan Pendamping Asi Anak Ibu

Makanan pendamping ASI diberikan pada bayi berusia enam bulan ke atas. Saat itu, tubuh mereka membutuhkan nutrisi lebih banyak dari nutrisi yang disediakan ASI. Aku tertarik membuat blog post ini karena beberapa waktu yang lalu bertemu dengan Teman yang bayi 24 bulannya susah banget makan. Udah coba berbagai cara, tetapi susah. Mamanya was-was karena anaknya itu premature. Takutnya karena susah makan daya tahan tubuh cepat menurun. Berbicara tentang premature,penting banget loh kita mengenali penyebab kelahiran premature.

Kembali ke cerita temanku tadi. Aku nanya,

“Memangnya makanan apa sih yang kamu kasih untuk anakmu?”

“Bubur aja sih sama garam.”

Jujur saja mendengar jawabannya itu aku jadi nggak nafsu makan.

“Hah? Sejak anak kamu 6 bulan sampai sekarang dikasih bubur sama naasi doing? Anak-anak pasti memiliki selera makan juga lah sama kaya kita. Yah mungkin anak kamu itu tidak mau makan karena dirasanya makanan yang kamu kasih nggak enak. Kamu emang mau dikasih bubur sama garam aja selama empat bulan ini.”

“Habisnya kan dia masih bayi takutnya kalau kasih sesuatu takutnya nggak bisa dicerna sama bayinya.”

Mendengar jawaban teman saya, saya menyadari satu hal jadi Ibu itu memang harus banyak belajar dan cari tahu. Sebenarnya memasukan daging atau ikan pada bubur bayi tak masalah, asalkan dihaluskan saja. Toh bayi punya lidah yang bisa merasa mana yang enak dan tidak. Temanku itu pun meminta aku untuk mencari resep masakan bubur enak Internet. Aku pun memikirkan untuk menulis resep itu di blogku. Karena kurasa yang seperti temanku ini banyak, memberi bubur kurang enak pada  bayi mereka, karena takutnya jika menambah hal lain tidak bisa dicerna. Yah asal jangan masukan penyedap rasa saja sih. Ok inilah dia resep bubur ikan untuk makanan pendamping Asi

index

Bahan :

  • 20 gr beras
  • 625 cc air
  • 25 gr ikan (tenggiri/ tuna/ salmon) keluarkan tulangnya
  • 30 gr tempe
  • 50 gr labu siam
  • 50 gr tomat dipotong kecil
  • 1 sdt mentega

Cara Membuat:

  1. Rebus beras, air, ikan, dan tempe sampai menjadi bubur.
  2. Masukkan labu siam dan tomat hingga matang.
  3. Masukkan mentega sambil diaduk.
  4. Setelah dingin haluskan dengan blender atau saringan kawat.
  5. Hasil bubur yang halus siap disajikan untuk Anak Ibu.

Resep ikan ini sengaja dipilih karena di Ruteng sini memang Ikan yang paling banyak dan murah. Setelah mencoba resep ini, anak teman saya jadi mulai senang memakan buburnya. Isp ibu-ibu harus kreatif. Semoga Anaknya selalu sehat yah.

 

5 thoughts on “Resep Bubur Saring Ikan untuk Makanan Pendamping Asi Anak Ibu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *