Patah hati dan lima cara mengatasinya

Cara mengatasi Patah hati

Cara-cara mengatasi patah hati terutama jika patah hatimu terjadi baru-baru saja, akan sangat susah. Patah hati adalah perasaan rumit dan menyakitkan. Patah hati membuat seseorang tiba-tiba mempertanyakan keberadaanya.. “Apa benar gue begitu mudahnya dicampakkan?” “Apa gue gak pantas dicintai?” Hingga ke perasaan rendah diri “Gue enggak akan bisa lagi dicintai” Familiar Yess, enggak ada orang yang enggak pernah patah hati.

Ngomong-ngomong soal patah hati, rasa ini tidak hanya terjadi ketika kita kehilangan pacar saja. Patah hati bisa terjadi ketika kita kehilangan sahabat dan untuk patah hati terakhir rasanya sama buruknya dengan patah hati pertama. Intinya patah hati terjadi ketika orang kita cintai meninggalkan kita. Untuk sekarang patah hati paling banyak adalah patah hati ditinggal pasangan. Perasaan yang muncul kemudian dari patah hati ini akan membuat seseorang tenggelam dalam lautan kesedihan yang dalam. Beberapa neutransmitter di otak juga terganggu dan membuat: susah tidur, malas makan, energi hilang, dan terutama masalah perasaan. Orang yg patah hati cenderung sedih. Hingga pada akhirnya bisa menyebabkan terjadinya depresi dan bunuh diri.

Makanya jangan pernah kamu mengganggap remeh patah hati. Tidak semua orang punya kekuatan yang sama untuk bangun dan move on. Banyak faktor yang mempengaruhi. Namun yang jelas ketika kamu searching di google cara mengatasi patah hati dan menemukan tulisan ini, kamu sudah ada di tahap siap untuk sembuh…

Gimana caranya untuk mengatasi patah hati? Aku kasih lima cara berikut yang aku sunting dari berbagai sumber

1. Memaafkan orang yang membuatmu patah hati

Dendam adalah menggenggam paku erat-erat. Membuatmu semakin terluka dalam. Karena itu maafkan dia yang membuatmu patah hati. Hilangkan kemarahan dan dendam yang kau simpan untuknya. Menyimpan dendam untuknya hanya akan membuat hatimu terus berdarah mengingat sakit hatimu. Setiap kali mengingat tentangnya, bisikkan kata maaf.
” Aku memaafkanmu karena telah mematahkan hatiku…”
Maafkan dia yang berjanji untuk selamanya kemudian pergi. Maafkan dia yang membuatmu berbunga-bunga lalu hilang. Maafkan dia yang memberimu semesta kemudian mencampakkanmu ke jurang yg dalam. Maafkan dia. Katakan Berulang-ulang sampai kamu merasa hatimu tenang.

2. Menerima bahwa kamu terluka, sedih, dan kecewa

Banyak orang yamg tidak move on karena dia menipu diri dan bilang dirinya baik-baik saja. Tentu saja kau tidak baik-baik saja karena patah hati telaj membuatmu kecewa dan terluka dan lemah. Mereka yang terbiasaa kuat akan mengingkari perasaan ini dan membuat mereka semakin terpuruk. Maka dari itu penerimaan adalah hal terbaik untuk dilakukan. Menerima bahwa dirimu patah hati dan terluka. Menerima semua ituu dan menjadikannya sebagai bagian dari perjalanan hidupmu. Menerima perasaan sedih akibat patah hati akan membuatmu lebih menerima dirimu apa adanya dan hasilnya adalah kamu lebih dapat berdamai dengan sakit yang dirasakan. Jangan pernah mengingkari patah hati itu yah..

3. Menulis
Terkadang apa yang kita simpan dan tidak mampu kita utarakan akan membuatnya semakin besar dan menyesakkan. Ambil kertas dan tulislah segala hal yang ingin kau sampaikan padaa mereka yang membuatmu patah hati. Kegelisahanmu, perasaanmu, perilakumu, dan segala hal yang kau rasakan. Dengan menulis kau pelan-pelan sudah menumpahkan segala hal-hal menyesakkan itu pelan-pelan

4. Membiarkan rasa sakit itu datang
Duduklah di tempat tidur dan mulailah membiarkan rasa sakit, kecewa, ketakutan atau apapun yang muncul karena patah hati itu datang. Kalah kamh masih menyimpan cinta biarkan rasa itu datang dan memenuhi pikiranmu. Jangan lagi berusaha mengalihkan pikiran dari dia. Biarkan dirimu mengingat dia. Cara ini akan membuat hatimu lebih legaa.

5. Beraktifitas
Jangan menghabiskan waktumu sendirian atau di dalam kamar. Buat pikiranmu sibuk. Ketika kau mulai berpikir tentangnya, berolahraga, jalan-jalan, atau bangkit dari kamar dan mulai menyapu. Memkirkan hanya akan membuat segala sesuatu bertambah parah.

Itu 5 cara mengatasi patah hatimu. Yang jelas ingatlah bahwa patah hati itu hanya sementara saja. Waktu akan menyembuhkannya. Nikmati saja patah hatimu. Patah hati adalah tanda kedewasaan yang akan membuatmu lebih pandai dalam menjatuhkan hatimu lagi. Bertahanlah di masa ini karena cepat atau lambat kau akan menemukan orang yang lebih tepat

9 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *