Artikel

My Help for IWIC: Aplikasi Untuk Membantumu Menangani Depresi

Beberapa waktu lalu, aku melakukan semacam poling tentang depresi di Instagramku. Aku memberikan 9 tanda depresi yang dikeluarkan oleh American Psychiatrist untuk melihat tingkat depresi di teman instagramku. 9 tanda depresi itu adalah:

  1. Sering merasa sedih tanpa ada alasan yang jelas
  2. Sering merasa kelelahan dan kehilangan energi
  3. Sering mempermasalahkan diri sendiri akan semua hal yang terjadi ada hidup
  4. Insomnia atau susah tidur
  5. Mengalami gangguan makan: Tidak nafsu makan atau nafsu makan meningkat
  6. Kurang berkonsetrasi / susah berkonsentrasi
  7. Merasa tak tertarik dengan hal-hal yang dulumembuat tertarik
  8. Merasa pesimis dengan hidup
  9. Muncul pikiran untuk bunuh diri. 

Gejala di atas akan mennetukan tingkatan depresi yaitu:

  • Depresi Ringan 1-3 Gejala
  • Depresi Sedang 4-7 Gejala
  • Depresi Berat 7-10 Gejala

Poling instagram yang aku lakukan diisi oleh 11 orang. Dengan hasil seperti berikut di setiap tanda depresi.

Pertanyaan 1 Apakah merasa sedih?

Screenshot_2017-10-25-09-04-57-838_com.instagram.android

Pertanyaan apakah sering merasa kelelahan

Screenshot_2017-10-25-09-05-09-727_com.instagram.android

Pertanyaan ketiga Apakah merasa sering bersalah pada semua hal pada diri kita?

Screenshot_2017-10-25-09-05-03-707_com.instagram.android

Pertanyaan ke-4 Apakah mengalami Insomnia

Screenshot_2017-10-25-09-05-21-923_com.instagram.android

Pertanyaan ke-5 apakah mengalami gangguan makan

Screenshot_2017-10-25-09-05-33-502_com.instagram.android

Pertanyaan ke-6 Apakah merasa kurang konsentrasi

Screenshot_2017-10-25-09-05-27-743_com.instagram.android

Pertanyaan 7 –  Apakan kamu enggak tertarik pada hal-hal yang dulu disukai?

Screenshot_2017-10-25-09-05-16-060_com.instagram.android

Pertanyaan ke 8 Apakah merasa pesimis dengan hidup?

Screenshot_2017-10-25-09-04-50-008_com.instagram.android

Pertanyaan ke 9 Apakah merasa ingin bunuh diri?

Screenshot_2017-10-25-09-05-50-312_com.instagram.android

Dari hasil dia atas, aku coba mengukur kira-kira yang menjawab termasuk dalam tingkatan depresi seperti yang dijabarkan

2 orang dengan depresi berat (18%)

3 orang depresi sedang (27%)

6 orang depresi ringan ( 55%)

Ternyata memang hampir semua mengalami depresi dan ada beberapa yang mengalami depresi berat. Hasil di atas bikin aku sadar bahwa depresi sering terjadi di sekitar kita dan ini bisa berbahaya. Kenapa? Karena depresi berat cenderung membuat orang ingin bunuh diri. Tahu nggak sih kalau bunuh diri adalah penyebab kedua terbanyak pada orang dengan usia 14 – 29 tahun di seluluh dunia menurut WHO. dan 80% penyebab bunuh diri adalah depresi berat. Jadi depresi ini bisa menyebabkan kematian jika tak dicegah.

Lalu, apa itu Depresi? Depresi merupakan gangguan perubahan mood, ketika seseorang selalu merasa sedih (feeling blue) dalam waktu yang lama. Secara sederhana begini, kita yang normal ini jika merasa sedih cepat berlalu, tetapi mereka yang mengalami depresi rasa galaunya ada sepanjang waktu; saat makan, saat tidur, saat bersama orang lain, saat apa saja. Jika rasa galau ini ada terus, depresinya bisa berubah menjadi depresi berat dan kemungninan timbul keinginan bunuh diri meningkat. Untuk Asia, bunuh diri paling banyak itu terjadi di Korea Selatan dan Jepang. Bagaimana dengan Indonesia?

Di Indonesia banyak kasus bunuh diri karena depresi, coba aja search di google. Selain itu, menurut Riset Kesehatan Dasar pada tahun 2013 prevalensi gangguan jiwa seperti depresi dan ansietas (kecemasan)  di Indonesia sebesar 6% dari jumlah penduduk Indonesia atau sekitar 14 juta orang mengalami depresi.  Kalau tidak dicegah, angka ini makin meningkat dan membuat depresi berat juga meningkat. Depresi berat ini susah untuk disembuhkan kembali harus melalui penanganan Psikiatrik dengan memberikan obat anti depresan. Makanya sebelum menjadi depresi berat, penting banget untuk kita mencegah depresi ini.   Hemm bahaya juga yah . Terus gimana cara mencegah  depresi?

Salah satu cara mencegah depresi adalah mengenal ciri khas depresi dengan cara mengikuti test deepresi. Nah untuk tes ini bisa banget dilakukan dengan aplikasi smartphone. Tahu kan kalau sekarang ini smartphone dimiliki hampir semua orang, apalagi bertebaran paket data murah meriah kaya punya Im3. Aku sih pengen banget mengembangkan sebuah smartphone untuk menolong dan mencegah terjadinya depresi berat dengan nama My Help.

Depresi Berat

(Fitur My Help secara sederhana)

Apa itu My Help? My Help adalah sebuah aplikasi yang menangani depresi yang terdiri dari dua fitur besar.

Yang pertama adalah Kenali Depresimu dengan cara menjawab kuisioner depresi berdasarkan skala Hamilton. Skala Hamilton merupakan skala pengukur depresi yang terdiri dari 40 pertanyaan. Kita disuruh mencentang pertanyaan yang sesuai dengan keadaan diri kita, sehingga  kita akan tahu apakah kita mengalami depresi ringan, depresi sedang, atau depresi berat.

Fitur yang kedua Menolong Depresimu,. Setelah kita tahu kita mengalami depresi apa, saatnya mencegah depresi itu. Di fitur ini, dibagi lagi menjadi tiga fitur sesuai dengan depresi yang kita alami, yaitu:

  1. Depresi ringan – Berisi tips bagaimana agar depresi tidak bertambah menjadi sedang dan bahkan berat misalnya: Latihan bersyukur, berpikir positif, olahraga, dan istirahat.
  2. Depresi sedang – Berisi latihan agar depresi berhenti dan tidak berkembang menjadi depresi berat. Di sini akan ada lathan berpikir positif, meditasi, olahraga, dan sebagainya.
  3. Depresi berat – Saat seseorang sudah mencapai depresi tahap ini, maka untuk sembuh harus butuh penanganan para ahli. Oleh karena itu, akan disambungkan dengan RS yang menyediakan Klinik Psikiatrik

Begitu selesai merancang ide aplikasi ini, aku agak susah untuk mewujud-nyatakannya. Tahukan untuk membuat aplikasi itu butuh DANA yang nggak sedikit. Terhambat karena dana, ide aplikasi ini aku simpan di dalam hati saja. Namun semua berubah ketika aku mengenal IWIC. IWIC merupakan kepanjangan dari Indosat Ooredo Wireless Contest (IWIC). IWIC ini merupakan kompetisi ide aplikasi mobile apps dan startups digital. melalui IWIC kita bisa memasukan ide bisnis kita dalam bentuk startup atau aplikasi. IWIC 2017 ini merupakan IWIC ke-11 sejak tahun 2006. Keuntungan dari IWIC ini selain ide aplikasi kita bisa diwujudkan, ada juga hadiah yang berjumlah ratusan juta rupiah.

BANNER-1

Pas awal baca syarat dan ketentuan, aku agak galau karena ide aplikasiku ini  nggak ada di kategori aplikasi. Setelah bertanya di twitter dan beberapa orang yang tahu lomba ini, ternyata bisa apa saja termasuk kesehatan, asal kan tidak mengandung SARA atau Pornography dan bisa menguntungkan. Kalau aku sih pengennya aplikasi ini gratis, biar bisa didownload banyak orang dan makin banyak orang yang tidak terkena depresi. Kalau soal keuntungannya bisa melalui pemasangan iklan di aplikasinya.

Nah buat kamu yang ingin membuat Inovasi bisnis dengan menggunakan teknologi, kamu bisa loh ikutan IWIC juga sama seperti aku. Siapa tahu kamu bisa jadi juara dan berkesempatan membuat aplikasi kamu jadi nyata plus dapat uang ratusan juga. Yuk submit ide kamu untuk IWIC 11  di sini

6 thoughts on “My Help for IWIC: Aplikasi Untuk Membantumu Menangani Depresi

  1. Duh, kalo bicara defresi saya pernah dulu mengalaminya saat lama nganggur bisa seharian uring-uringan gak jelas. Untungnya gak berlangsung lama. Bisa segera move on dengan cara melakukan hal-hal positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *