Artikel, Ruteng, Traveling

Menikmati Danau Rana Tonjong: Danau Teratai Terbesar Kedua di Dunia.

Jpeg

Beberapa waktu lalu, saya menyempatkan diri berkunjung ke Danau Rana Tonjong. Sebuah Danau yang dipenuhi bunga teratai. Salah satu danau teratai terluas di dunia. Kamu yang nggak tahu, danau Rana tonojng itu salah satu danau teratai terbesar di dunia dan  ada di Flores tepatnya di Kabupaten Manggarai Timur. Tepatnya lagi di Pota. Pota sendiri merupakan ibukota kecamatan Sambi Rampas. Jadi bisa dibilang Pota merupakan kota kecil yang menawan. Rute menuju ke danau ini, dari Ruteng terus ke Reo dari Reo terus ke Dampek dan dari Dampek terus Ke Pota. Kalau bingung silakan saja bertanya pada orang-orang di sepanjang jalan. Mereka dengan senang hati memberitahukan jalan.

Saya memutuskan ke Pota bersama teman kerja saya Novi. Novi ini emang anaknya suka jalan dan foto-foto. Kami berangkat dari Ruteng di hari Sabtu pagi menuju Reo. Kami nginap semalam di Reo, Minggu pagi baru ke Pota. Jarak dari Reo ke Pota kira-kira dua jam perjalanan. Sepanjag jalan kalian akan disuguhi pemandangan luar biasa.

Jembatan terpanjang di Manggarai ada di Pota

Jpeg

Jpeg

Jalan menuju Pota yang bisa digunakan untuk prewedding hahaha

Jpeg

Bisa dibilang jalan menuju ke Pota baik adanya. Namun demikian beberapa kilometer sebelum masuk Pota kita akan menghadapi jalan berbatu. Namun tenang saja tidak lama kok.

Kami Berangkat pukul 07.00 pagi dari reo dan tiba di Danau Rana Tonjong sekitar pukul 10.30. Udara panas menyengat, tapi kami tetap semangat. Danau ini kira-kira seluas satu hektar dan di atasnya ditumbuhi bunga teretai. Mkanya dinamakana rana Tonjong. Tonjong berarti teratai dalam bahasa Manggarai. Menurut warga danau ini ada penunggunya. Entah benar atau tidak yang jelas aku mengusahakan diri untuk berhati-hati di danau. Sayangnya waktu ke sini, bunga teratai belum berbunga semua, hanya beberapa saja. Namun tetap saja rasa senang merayap di hati karena ikut menikmati maha karya Tuhan ini.

 

Jpeg

Jpeg

Gambar danau belum mekar semua saat kami pergi

Jpeg

 

Gambar danau kalau berbunga semuanya. (gambar dari Google)

0_0_1000_666_a03ba51195c4a4ea909c4858682400c0a15e6b73

Sangat disayangkan tempat wisata sekeren ini tidak dikelolah dengan baik oleh pihak pemerintah. Padahal ini bisa dijadikan daya tarik tersediri buat Manggarai Timur. Semoga danau ini diperhatikan biar bisa menambah daya tarik pulau Flores. Kalau berniat main ke sini, singgah di Ruteng yah.. nanti aku traktir XD

 

 

 

 

 

12 thoughts on “Menikmati Danau Rana Tonjong: Danau Teratai Terbesar Kedua di Dunia.

  1. Kalau pas waktu bermekar semua pasti indah banget ya mbak..
    Dan kalau pemerintah setempat mengelolanya dengan maksimal pasti banyak wisatawan yg datang..

    1. Nah iya Kak.. Indah banget kalau lagi mekar.. Dan emang kalau diurusi dengan baik pasti jadi keren dan banyak yang datang..
      Terima kasih sudah berkunjung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *