Artikel, Curhat

MENGAPA KITA IRI HATI?

Beberapa waktu lalu saya mendengar teman saya bercerita tentang kerabatnya yang sakit. Napasnya selalu sesak seperti sakit asma. Dibawah berobat ke mana-mana hasil pemeriksaannya sehat. Istri dari yang sakit memutuskan untuk membawa suaminya ke paranormal. Tebak apa? Ternyata ada yang menanam sesuatu di saluran pernapasan si Bapak itu agar dia tidak bisa bernapas. Menurut paranormal ketika mengeluarkan benda berbetuk batu kecil itu, ada yang iri dengan keberhasilan keluarga si Bapak. Mendengar cerita yang entah benar atau tidak itu saya mengernyitkan dahi.. Hemm kok bisa yah seseorang begitu irihati sampai menghalalkan segala cara dan seremnya berusaha membunuh yang dia rasa berlebihan tersebut?  Pikiran itu membuat saya berpikir tentang diri saya sendiri. Memang, ada kalanya saya irihati pada orang lain yang lebih sukses. Apalagi jika melihat tabungan di bank yang ketika saya membuka buku tabungan, naga api menyerang. Intinya adalah irihati adalah sebuah perasaan manusiawi. Namun jika dibiarkan akan berbahaya sekali dan tadi itu bahkan sampai menginginkan orang lain mati.

download

Iri hati merupakan sebuah emosi yang terjadi ketika seseorang memiliki potensi yang rendah dan mengharapkan orang lain yang memiliki potensi lebih tinggi darinya untuk tidak berkembang dan sukses. Secara harafiah iri hati/ envy dalam bahasa inggris berasal dari kata latin Invidia. Invidia juga merupakan salah satu sifat dari Nemesis, seorang dewi dari mitologi Yunani. Nemesis adalah dewa pembalasan. Dia akan memberikan hal buruk bagi orang yang menurutnya tak pantas. Seorang pakar mitologi mengatakan bahwa  pada dasarnya Nemesis merasa tak ada orang yang lebih baik dari dirinya dan selalu mengutuk mereka yang memiliki banyak kelebihan. Iri hati juga merupakan satu dari 7 dosa mematikan yang dipercaya oleh orang Katolik dalam 7 deadly sins.

Seorang Psikologis bernama Bertrand Russel berkata bahwa irihati merupakan penyebab paling utama dari ketidak bahagian. Hal tersebut karena ketika irihati seseorang akan mengharapkan orang lain tidak bahagia, dan harapan itu terus tinggal dalam dirinya sehingga dia sendiri pun ikut tidak bahagia. Menurut psikologis, sda dua tipe irihati. Yang pertama adalah Malicious Envy, ini adalah jenis irihati ketika seseorang tidak suka pada keberhasilan orang lain yang mengacaukan pikiran dan perbuatan orang yang iri tersebut; bisa dikatakan irihati yang membuat orang bertindak negatif. Tipe kedua  Benign Envy ini merupakan tipe irihati yang membuat seseorang yang irihati  termotivasi  untuk menjadi orang yang dia anggap hebat itu. Namun telalu banyak benign envy akan membuat seseorang menjadi lupa darat dan mendewakan orang yang dia rasa hebat tersebut. Hal ini juga bisa membutakannya.  Jadi bisa dibilang kita perlu irihati pada keberhasilan orang dan berharap serta berjuang agar kita pun ikut berhasil. Namun demikian tampaknya tipe malicious envy adalh tipe yang paling sering terjadi. Sayang sekali. Lalu mengapa irihati bisa terjadi?

Iri hati terjadi ketika seseorang memiliki harga diri yang rendah. Dia tak percaya kalau dirinya memiliki kelebihan. Jadi begitu ada orang lain yang sukses, dia menjadi galau dan sedih. Lalu apa saja sih yang biasanya membuat orang lain irihati? Berikut aku paparkan lima hal yang membuat kita iri hati kepada orang lain, dan sebaliknya.

1. Uang

download

Uang menjadi salah satu penyebab utama mengapa seorang bisa irihati. Hal tersebut berdasarkan sebuah penilitian yang dilaksanakan sebuah institusi penelitian Amerika. Seseorang yang memiliki banyak utang dan selalu kehabisan uang akan irihati pada teman atau kebnalan yang selalu berlebihan uang. Ketika seorang terlalu focus pada keuangannya yang seret, akan timbul niatnya untuk membandingkan keuangan orang lain. Lalu bagaimana mengatasi irihati karena uang? Yakinlah bahwa uang tidak dapat membeli apapun terutama harga dirimu. Bekerjalah dengan giat. Dan yang terpenting jangan pernah membandingkan uang yang kau dapatkan dengan orang lain. Kau tak tahu kan bagaimana temanmu yang berlebihan uang itu bekerja mengumpulkan uangnya? Segala hal di dunia ini membutuhkan usaha. Banyak uang banyak kebutuhan. Bersyukurlah dengan apa pun yang kau punya. Banyak orang yang tak punya uang masih hidup dan lebih bahagia darimu.

2. Status Hubungan

images (3)

 

Menemukan pasangan yang tepat adalah proritas seseorang. Namun sayangnya tidak semua orang menemukan dan bahkan masih sendiri. Status hubungan seseorang bisa menjadi alasan mengapa seseorang irihati terhadap orang lain. Suami A kaya. Suami B romantic. Pacar si D baik banget. Hal tersebut membuat kita tidak menikmati hubungan kita dan akhirnya pertengkaran terjadi yang diakhiri perpisahan. Bagaimana mengatasinya? Sebagai manusia ada satu hal yang pasti. Kita suka pamer. Jadi belum tentu mereka yang selalu mesra keliatannya tidak mengalami masalah. Karena semua hubungan pasti memiliki masalah. Bedanya ada yang tidak menunjukannya daa ada yang menunjukkanya. Fokus saja pada dirimu sendiri. Pada hubunganmu sendiri. Hargailah dirimu dengan keputusan yang kau ambil. Kau jomblo atau berpacaran. Nikmatilah statusmu. Aku baru saja menonton sebuah film menarik tentang hubungan berjudul “How to be single” Film yang menarik tentang menikmati status hubunganmu dan harus kamu tonton.

3. Bentuk fisik seseorang

images

Alasan ini paling sering terjadi ketika kita berada di rentang usia 20an sampai 30an. Saat usia tersebut kita masih mencari jati diri dan menyadari betul kondisi kita. Mereka yang lebih cantik atau berbadan menarik tampak lebih hebat. Sementara kita. Hemmm. Padahal wajah cantik dan badan bagus tidaklah menjadi syarat utama kamu bahagia. Toh tak peduli seberapa cantiknyaatau tampannya kamu kamu memiliki hati yang mudah rapuh juga. Fokuslah dengan menemukan kenyamanan pada dirimu sendiri. Ketika kau tahu apa yang kau lakukan dan baik hati, dengans endirinya kecantikanmu akan muncul. Percayalah kau cantik, jika orang lain merasa kau tidak cantik, itu masalah mereka. Iya nggak?

4. Karir

download (3)

Karir orang lain yang meroket sementara kita biasa-biasa saja membuat irihati sering muncul. Apalgi jika teman kita sekrang sudah menjad kepala cabang, sementara kita masih pegawai rendahan. Namun kalau kita focus ke hal itu apa yang kita dapatkan? Percayalah bahwa semakin tinggi karir seseorang, semakin banyak kerjaannya. Banyak sekali malam-malam yang dia habiskan untuk lembur dan bekerja. Hasilanya dia memang lebih banyak uang dan memiliki rumah di usia muda. Kalau kau menghabiskan waktumu dengan iri, kau kehilangan waktu untuk bekerja dan menikamati hidupmu.

5. Sosial Media

images (2)

Sebuah study terbaru mengemukan hasil yang mencengangkan. Sosial media merupakan penyebab kuat seseorang menjadi irihati. Membaca status facebook atau twit atau foto teman yang sedang melakukan hal hebay dalam hidup membuat irihati itu muncul dan menjadi sumber depresi. Kalau kau mengalami irihati yang akut dan depresi karena keberhasilan seseorang yang meng-upload foto di facebook, sebaiknya kau berhenti bermain facebook. Lagipula seperti yang saya bilang di atas, manusia itu punya kecenderungan untuk pamer. Kalau kau irihati, itu urusanmu. Percayalah satu hal jika seseorang bergitu rajin pamer di facebook, berarti dia banyak menghabiskan waktunya di facebook, sementara orang sukses pasti banyak menghabiskan waktunya bekerja. Know the difference.

images (1)

Akhir kata demikianlah artikel saya hari ini. Saya sudah lelah menulsinya hahaha. Yang jelas satu hal yang perlu kita perhatikan bersama. Jangan lupa bersyukur. Bersyukur kau masih hidup. Bersyukur kau punya akses dan internet dan membaca tulisan blog ini. Bersyukur kau bisa membaca. Bersyukur kau tak perlu membeli oksigen. Bersyukur, meski tabunganmu sedikit, kau masih punya tabungan. Sibukan dirimu dengan bersyukur segala hal yang terjadi pada dirimu. Maka segala irihati akan menghilang. Percayalah, saya mempraktikan bersyukur tiga hal setiap malam dan hidup saya menjadi lebih baik. Sudahkah kamu bersyukur?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *