Artikel, book

Lima Manfaat Membaca bagi Otak Kita

read-369040_1280

Image: Pixbay

Membaca merupakan olahraga bagi otak

Unknown

Bagi saya pribadi, Membaca merupakan hobi. Sejak kecil saya senang sekali membaca. Pengarang kesukaan saya adalah Haruki Murakami dan Sydney Sheldon. Genre, saya suka genre drama dan misteri. Tanpa dipungkiri, membaca membuat saya open minded terhadap dunia ini. Yaps membaca membuat saya mengetahui banyak hal tentang dunia. Para Ahli menyarankan agar menerapkan membaca sejak kecil.  Kemampuan membaca si kecil akan semakin terasah, manakala Anda sering mengenalkan buku dalam setiap aktivitasnya. Jadi bagi Mom, penting banget mengajarkan membaca sejak sejak kecil. Ada banyak cara mengajari anak membaca bisa dengan fonem atau bunyi bahasa atau kosa kata.

Nah bagaimana dengan kamu?  Kapan terakhir kalinya kamu membaca sebuah buku atau sebuah artikel majalah yang berguna atau artikel di situs online? Apakah kebiasaan membacamu hanya seputar membaca tweet, status facebook, atau petunjuk di kotak serealmu? Kalau kamu adalah mereka yang malas membaca, kamu mungkin lupa atau tak tahu bahwa membaca itu memiliki fungsi penting. Berikut aku jabarkan lima keuntungan membaca yang aku rangkum dari berbagai sumber.

  1. Membaca sebagai mental stimulation. Mental stimulation adalah hal yang kita lakukan agar otak kita terus bekerja. Pernah dengar pepatah “use it or lost it?’ Yaps pepatah itu cocok banget buat otak kita. Sama seperti otot lain di dalam tubuh, otak membutuhkan latihan agar dia tetap sehat dan kuat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mental yang selalu disimulus dapat memperlambat (dan bisa juga mencegah) Alzheimer dan Pikun. Hal tersebut terjadi karena kita membuat otak kita aktif bekerja dan mencegahnya kehilangan fungsi. Membaca adalah salah satu kegiatan yang menstimulus otak kita. Dengan membaca, otak kita dituntut bekerja untuk menyerap informasi dan menganalisanya. Orang yang membaca satu halaman buku atau sebuah artikel setiap hari akan mencegah resiko pikun sebanyak 75%. Hemm jadi kalau ingin otak kita terus berolahraga, membacalah.
  1. Membaca mengurangi stress. Seberat apapun stress yang kau alami di kantor, hubungan personal, atau masalah lain yang kita hadapi, akan menghilang ketika kita tenggelam dalam sebuah kisah yang indah atau membaca artikel seru di internet. Sebuah novel indah dapat membuat kita hanyut dalam ceritanya, sedangkan sebuah artikel yang menarik akan mendistraksimu dari masalahmu dan membuatmu berada di saat sekarang, melepaskan stress. Maka dari itu, berhati-hatilah dengan apa yang kau baca. Hindarilah membaca postingan facebook teman yang bersifat negatif dan mengandung provokasi atau berita yang menyebar fitnah. Yuhuu kita harus pandai memilih atau membaca berita online.  Setidaknya kunjungilah sebuah situs yang memberimu manfaat. Kalau saya sendiri biasanya menyediakan sebuah novel di tas. Sehingga jika ada waktu luang saya menyempatkan diri membaca. Untuk website, saya sering membaca artikel motivasi di lifehack atau Taught Catalog.
  1. Membaca memberikanmu pengetahuan. Setiap kali kau membaca, kau memenuhi kepalamu dengan informasi dan suatu saat informasi itu mungkin akan berguna. Membaca artikel ini saja membuat kau tahu bahwa membaca itu penting, iya bukan? Semakin banyak pengetahuan yang kau dapatkan, semakin baik persiapan yang kau punya untuk menghadapi tantangan yang akan kau hadapi. Banyak membaca juga membuat kau banyak disukai orang. Kau memiliki banyak topik untuk didiskusikan dengan orang lain. Ah yah tambahan, pengetahuan adalah hal yang abadi. Kau mungkin akan kehilangan pekerjaan, orang yang kau sayangi, kekasih, uang, tetapi pengetahuan dia akan tetap ada bersamamu. Jadi jika ingin pintar banyaklah membaca.
  1. Membaca membuat kemampuan menulismu meningkat. Seorang penulis besar, Stephen King pernah berkata “If you don’t have time to read, you don’t have tolls to write.” Jika kau tak punya waktu membaca, kau tak punya peralatan untuk menulis. Membaca membuat kita banyak mengetahui kosakata dan membuat kita pintar merangkai kalimat. Membaca membuat kita juga bisa merangkai blogpost menarik yang mengundang minat baca. Jadi kalau kau ingin menjadi blogger dengan tulisan ciamik, kau juga harus rajin membaca, entah membaca postingan blog bloger lain yang bagus atau membaca buku-buku pengetahuan umum atau novel.
  1. Membaca meningkatkan Fokus dan Konsentrasi. Otak kita mampu menangkap banyak pikiran dalam sekali pikir. Inilah yang menyebabkan kita bisa memikirkan banyak hal dalam satu waktu alias multy thinking. Namun menjadi multy thinking akan membuat kita susah focus. Susah focus membuat kita tidak menyelesaikan sesuatu terburu-buru dan tidak dapat menyelesaikan masalah. Ketika kita membaca kita berfokus pada bacaan kita. Hal tersebut membantu otak kita untuk focus. Cobalah membaca buku atau artikel berguna selama 15-20 menit sebelum bekerja (Misalnya saat berada di komuter line atau tranposrtasi public lainnya) dan kau akan terkejut menemukan betapa focus dirimu saat kau berada di kantor.

Masih banyak lagi loh kegunaan dari membaca. Bisa aku simpulkan membaca itu seperti berolahraga otak. Jadi semakin banyak membaca semakin banyak otak kita berolahraga. Lalu tunggu apa lagi? Mari membaca!

12 thoughts on “Lima Manfaat Membaca bagi Otak Kita

  1. Saya pun merasakannya, otak saya harus bekerja lebih keras pas baca kanto-nya Dante. Sambil mikir tapi yaa gitu mba, ndak paham2 ahahaha, yaa ampun Peh.. *tepuk tepuk jidad sendiri*

    Dan Iya banget, gara2 baca Twilight saya baru tau kota tempat edward cullen tinggal itu does really exist.

  2. ‘Membaca membuat kemampuan menulismu meningkat’
    Mbak kata kata ini bikin saya semangat lagi untuk membaca dan menulis. Benar ternyata seiring kita banyak membaca kemampuan menulis kita akan meningkat

  3. minat baca masyarakat kita perlu digenjot, semoga semakin rajin membaca hadirnya media online seperti blog ini

  4. “Membaca memberikanmu pengetahuan”
    saya suka dengan kata kata itu, dan kata-kata itu benar sekali apabila kita membaca suatu buku, dan setiap tulisan pada buku itu kita baca maka akan menambahnya ilmu pengetahuan pada diri kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *