Artikel, Health

Lima Gaya Hidup untuk Mencegah Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau biasa disebut hipertensi dapat meningkatkan resiko penyakit mematikan seperti penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal. Menurur Kemenkes, ada 74 juta orang Indonesia yang mengalami Hipertensi pada tahun 2015 atau sekitar 40% dari total keseluruhan jumlah penduduk. Hipertensi bisa terjadi pada siapa saja termasuk kita. Kita tidak dapat mengontrol apakah kita akan terkena tekanan darah tinggi. Banyak faktor yang dapat membuat kita terkena seperti usia dan gaya hidup tidak sehat.

Faktor pencegahan hipertensi yang dapat kamu kontrol

Usia, riwayat hipertensi pada keluarga, etnis, adalah beberapa faktor resiko hipertensi yang tidak dapat kita kontrol. Jadi saat mencegah hipertensi penting untuk mengubah faktor yang bisa kita kontrol seperti gaya hidup.

“Kita tidak dapat mengubah usia kita, tapi kita bisa mengubah gaya hidup kita.”

Berikut adalah lima gaya hidup yang dapat membantu mencegah Hipertensi:

  1. Mempertahankan berat badan yang sehat.

berat-badan-turun

Untuk dapat mencegah hipertensi, berat badal adalah salah sau yang krusial. Seseorang yang mengalami berat badan berlebih harus mencoba mengurangi berat badan dan yang memiliki berat badan normal harus menghindari resiko berat badan berlebih. Jika kita mengalami berat badan berlebih, kekurangan 100gr saja dapat membantu menghindari resiko hipertensi. Jadi perlu banget untuk menurunkan berat badan. Bisa dengan olahraga atau mengatur pola makan.

2. Mengkonsumsi makanan yang seimbang.

p_spinach

Memakan makanan sehat adalah salah satu cara mencegah hipertensi. Makanlah lebih banyak buah dan sayur, terutama yang kaya potassium (Terung, Pisang, dan Bayam) dan kurangi makanan yang kelebihan kalori seperti gula dan lemak.

3. Kurangi konsumsi garam.

no-salt-diet

Mengkomsumsi makanan rendah garam dapat membantu tekanan darah tetap normal. Semakin banyak memakan makanan tinggi garam, semakin tinggi teknan darah.ย  Di dalam garam terdapat natrium. Natrium dalam jumlah normal dibutuhkan oleh tubuh untuk mengontrol tekanan darah. Kebutuhan normal manusia akan zat ini adalah sebanyak 2300 mg (1 sendok teh) dalam sehari. Sedangkan makanan yang dikonsumsi sehari-hari mungkin mengandung natrium jauh lebih banyak dari batas tersebut. Lebih lanjut tentang diet garam bisa dibaca di sumber artikel berikut.

4. Olahraga teratur.

plank

Bergerak dapat mencegah hipertensi. Semakin banyak olagraga, semakin baik kondisi tubuh dan bahkan membantu mencegah tekanan darah tinggi. Mulailah berolahraga 30 menit, tiga kali dalam seminggu.

5. Hindari merokok dan alkohol.

images

Merokok dapat menyebabkan hipertensi. ย Oleh karena itu sebaiknya tidak merokok, kalaupun sudah terlanjut merokok, berhentilah pelan-pelan. Merokok juga memicu penyakit lain seperti kanker.

Demikianlah lima gaya hidup yang bisa diubah agar mencegah hipertensi. Perhatikan baik-baik kebiasaan gaya hidup kita selama ini dan segera putuskan perubahan yang dapat membantu mencegah hipertensi. Mulailah dengan membuat perubahan kecil seperti menghindari gorengan atau junk-food dan mengganti snack dengan buah atau sayuran. Mulailah mempraktikkan kebiasaan baik sampai ย menjadi rutinitas. Semoga kita selalu sehat yah..

27 thoughts on “Lima Gaya Hidup untuk Mencegah Hipertensi

  1. WAAAA AKU BANYAK BANGET YANG MESTI DIPERBAIKI INI MAH ๐Ÿ™
    Kalo berat badan, aku selalu usahain buat jaga gak kegemukan dan gak kekurusan. Makannya ini, lho. Makannya gak teratur dan kayaknya gak seimbang juga. Asal-asalan banget kalo soal makan mah. Suka sih makan pisang, tapi lebih doyan gorengan. Terus suka banget sama yang asin-asin. Udah gitu males olahraga, kecuali senam jempol. Hwaaaa ๐Ÿ™
    Makasih, Kak Ajen, sharing-nya. Kujadi tau kumesti apa. Walaupun entah eksekusinya bagaimana. Ehehehe,

  2. Untuk asupan garam, misalnya sekali makan ada berbagai macam lauk, pasti kandungan garamnya juga gak satu sendok takar. Itu gimana kuranginya ka?
    Emosi dan fikiran bisa bikin tekanan darah tinggi juga bukan ya?

  3. Semenjak Bapak sakit dan akhirnya berpulang ke rahmatullah…saya jadi merubah gaya hidup.

    Yang duluuu…sangat suka dengan junk food, saat ini mulai makan masakan rumah yang diolah sendiri.
    Kalopun terpaksa makan di luar, kami prefer makanan Sunda. Yang banyak lalapnya.

    Semoga membawa kebaikan bagi tubuh.

  4. Gaya hidup itu emang penting untuk menjaga kesehatan. Ada keluarga yang darah Tinggi memutuskan stop merokok akhirnya darahnya dapat dikendalikan. Nice info dan tipsnya ka ajen.

  5. Memang cara terbaik bagi kita untuk mencegah hipertensi ataupun penyakit metabolik seperti diabetes, jantung dan lainnya memang dengan mengubah gaya hidup. Waktu aku kuliah, aku juga pernah diajari tentang diet khusus hipertensi yang kerap disebut dengan DASH. Cukup restriktif sih sebenarnya, tapi intinya bisa dengan mengurangi makanan kaya potassium, kalsium, magnesium, serat dan protein.

  6. Selain pola makan ada juga seperti faktor bertambahnya usia yang dapat memicu hipertensi. Salah satu untuk mencegahnya adalh pola hidup sehat dan rajin olahraga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *