Artikel, Teknologi

Lima Aplikasi Android yang Membuat Hidupmu Lebih Sehat

Tahun 2000an adalah tahun kebangkitan HP Android. Hampir semua orang memiliki HP android dan menggunakannya sebagai bagian diri yang tak terpisahkan. Kalau dipikir-pikir Android memang memiliki banyak kegunaan dan fungsi diantaranya adalah sebagai alat komunikasih, mencari berita di internet, berselancar di sosial media, bermain game, dan juga mengakses aplikasi-aplikasi yang berguna. HP android membuat segala sesuatu jadi lebih mudah.

Aku sendiri menganggap bahwa Hp Androidku adalah sahabat terbaikku. Selain sebagai alatkomunikasi dan media penghasil uang dengan menjadi buzer di media sosial, HP android bisa banget menjadi teman sejati saat kita sedang menunggu entah itu di bandara, ruang tunggu RS atau dokter, atau di mana saja. Aku bisa menghabiskan waktu dengan berselancar atau sekedar membalas pesan di grup WhatsApp. Android sudah seperti kebutuah utama yang mau tak mau tak lepas dari rutinitas kita. Pokoknya HP android adalah satu keharusan, apalagi sekarang harga Hp Android tidak mahal dan bisa dibilang dapat terjangkau. Selain itu banyak lagi keuntungan HP android salah satunay adalah menyediakan aplikasi-aplikasi berguna dengan gratis.

Menurut aku pribadi, yang menarik dari Android adalah kita bisa mengakses berbagai jenis aplikasi dari permainan, layanan pesan gratis, traveling, keuangan, kesehatan, dan semuanya. Jujur saja aku merasa aplikasi di Android lebih beragam dan murah bahkan gratis dari aplikasi di smartphone lainnya. Mungkin karena pengguna Android paling banyak kali yah. Salah satu aplikasi android yang menurutku paling membantu adalah aplikasi kesehatan. Aku sendiri sudah lebih dari 6 tahun belakangan menggunakan HP android dan selama ini aku kerap mencari dan menggunakan aplikasi-aplikasi yang bisa membuat hidupku lebih sehat. Apa saja aplikasi itu? Yuk simak!

1. Period Tracker (Free)

Period Tracker
Sebagai perempuan, penting untuk mengetahui siklus menstruasi kita terutama jika kita telah menikah dan ingin memiliki anak atau ingin KB secara alamiah. Dengan mengetahui siklus menstruasi kita dapat mentahui masa subur dan tidak. Period Tracker membantumu mencatat siklus menstruasi dan memperkirakan kapan masa subur dan kapan tidak. Aku sendiri menggunakan period tracker agar mengetahui dengan pasti berapa lama siklus menstruasi. Nah, ternyata nih jika dalam sebulan aku capai dan lelah karena kebanyakan beraktifitas, menstruasiku bisa telat. Sangat membantu, loh.

2. Water Logged

WaterLogged

Air adalah salah satu elemen penting dalam tubuh manusia dan kekukarangan air bisa mengakibatkan dehidrasi yang membuat kerja ginjal dan saluran kencing bermasalah. Jika kamu sibuk dan sering kelupaan minum air, kamu bisa loh menginstal aplikasi Water Logged ini. Aplikasi ini membantumu minum air dan mengingatkanmu jika air yang kamu minum hari ini kurang. Setelah menginstal aplikasi ini, aku jadi lebih banyak minum air loh. Yuk instal juga

3. Sleep Cycle Alarm Clock

Sleep Cycle

Apakah kamu pernah bangun tidur dan merasakan seluruh tubuhmu kelelahan? Hal itu bisa jadi karena alarmmu membangunkanmu saat kamu sedang berada di fase tidur deep sleep. Saat tidur kita menghadapi berbagi fase tidur dari deep sleep sampai light sleep. Alarm ini akan menganalisa tidurmu dari caramu bergerak selama tidur menggunakan accelerometer di androidmu untuk memonitor gerakanmu dan menentukan fase tidurmu, Sleep Cycle alarm clock akan membangunkanmu saat kau berada di light sleep. Berbagai penelitian membuktikan bangun di fase itu akan membuat kita segar sepanjang hari.

4. Depression Anxiety Stress Test

DASS

Jika kamu mulai merasa hidupmu enggak berarti atau mulai lelah dengan segala hal, kamu mungkin mengalami depresi. Depression Anxiety Stress Test merupakan aplikasi berisi kuisoner untuk menentukan tingkat depresimu. Test ini diambil dari DASS atau Depression, Anxiety, and Stress Scale yang merupakan kuisioner utnuk melihat tingkat depresi yang dikeluarkan oleh University of New South Wales (Australia). Jika kamu ingin tahu tingkat depresimu, silakan instal aplikasi ini dan jwab semau pertanyaan dengan jujur. Aku pernah menginstal aplikasi ini dan mendapati diriku berada di tingkat depresi sedang. Kamu juga boleh mencobanya loh.

5 Moves

Moves

Moves merupakan aplikasi gratis yang tersedia di Android yang menggunakan accelerometer dan GPS di androidmu untuk mengetahui berapa jarak yang telah kamu tempuh dengan berjalan kaki dan juga kalori yang telah dibakar. Menurut aku aplikasi ini menarik dan membuatku jadi ingin berjalan kaki ke mana-mana agar makin banyak kaloriku yang dibakar. Jika kamu ingin berolahraga dan enggan memulai, aplikasi ini bisa jadi memberimu motivasi untuk mulai berolahraga terutama jalan kaki dan lari.

Nah itu tadi yang 5 palikasi kesehatan yang bisa kamu instal di Hp Android kamu. Buat kamu yang masih bingung ingin membeli android seperti apa, sekarang ada banyak loh HP Android murah yang bisa kamu jadikan andalan saat melakukan aktifitas. Semoga artikelnya berguna yah.

7 thoughts on “Lima Aplikasi Android yang Membuat Hidupmu Lebih Sehat

  1. Aku juga pake apps Period Trecker.
    Ini penting banget buat aku karena biasanya ketauan jadi sensitif kalau sudah memasuki masa-masa (mau) menstruasi.
    Meskipun itu katanya hanya mitos, tapi ini ampuh jadi alarm aku buat nahan marah.
    Hahhaa…

    Pingin cobain yang waterlogged kali yaa..biar makin semangat minum.
    Nice, Jen…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *