Artikel, Review

Hai Anak Muda, Indonesia Membutuhkan Kita

“Apa yang sudah kamu lakukan untuk di Indonesia?”

Itu adalah salah satu pertanyaan pewawancara beasiswa LPDP yang saya hadiri Juni 2016 lalu. Pertanyaan itu membuat saya berpikir sangat lama. Saya terus mengulang-ngulang dalam hati: “Iya yah, apa yang telah saya lakukan untuk Indonesia?” Saya kemudian menjelaskan bahwa selalu membayar pajak. Namun ditepis pewawancara bahwa itu adalah kewajiban kita  sebagai WNI.

“Coba selama ini kamu pernah tergabung dalam komunitas apa? Kamu kan masih muda pasti banyak ikut komunitas kan? Maksud dari pertanyaan kami adalah apa yang telah kau lakukan untuk memperbaiki sesuatu yang kurang baik di Indonesia. Kamu pernah ikut serta dalam penanaman pohon di daerah kamu misalnya atau kamu pernah juara satu lomba karate tingkat dunia. Atau yang paling sederhana membersihkan sampah di lingkungan secara rutin. Itu semua kan hal-hal baik yang kamu lakukan untuk Indonesia”

Mendengar perkataan si pewawancara itu, saya tergugah. Saya menyadari selama ini saya terlalu berpikir rumit tentang berkarya untuk bangsa ini. Selama ini saya berpikir kalau ingin berkarya untuk Negara ini, kita harus melakukan hal luar biasa hebat, padahal hal sederhana pun bisa kita lakukan. Salah satunya dengan berkarya sesuai dengan kemampuan dan hal yang kita kuasai. Banyak sekali Anak muda Indonesia yangkaryanya telah mendunia dan membuat bangga bangsa ini, misalnya Christiawan Lei yang membuat transformer 3 dan Ardian Syaf yang membuat batman. Sampaikan opini kamu tentang mereka di opini.id.

Kalau kita menilisik sejarah bangsa ini, kemerdekaan Indonesia terjadi karena dipelopori oleh beberapa anak muda yang peduli (Jong United). Mereka berkumpul dan bersumpah untuk bersatu sebagai pemuda Indonesia yang berbangsa, berbahasa, dan bertanah air satu Indonesia. Kalian tentu saja ingat penggalan pidato Ir. Soekarno saat dia menjadi presiden kita

100 anak hanya bermimpi, tetapi berikanlah aku 10 pemuda maka akan kuguncang dunia!

Setelah saya pikir saat ini, kata-kata tersebut ada benarnya juga yah. Jika pemuda Indonesia berkumpul dan berkarya bersama, tentu saja banyak sekali hal yang bisa dilakukan. Ada banyak sekali komunitas anak muda Indonesia yang memberi kontribusi bagi Negara ini salah satunya adalah komunitas KemangTeers.

KemangTeers  ialah singkatan dari Kesemat Mangrove Volunteer, merupakan wadah komunitas sukarelawan yang bergerak melestarikan mangrove atau bakau di bawah yayasan Kesemat milik Universitas Dipenogoro Semarang. Komunitas ini bertujuan untuk melesatrikan mangrove di Indonesia. Tahukah kamu bahwa 80% lebih hutan mangrove di Indonesia telah rusak. Ini merupakan salah satu bencana ekologis terbesar di bumi, karena Indonesia memiliki 40% dari total hutan mangrove yang ada di dunia. Mangoreve memiliki fungsi yang penting untung kelangsungan bumi ini. Salah satunya Berperan dalam pembentukan pulau dan menstabilkan daerah pesisir.

12201074165_91d325a94b_b
Selain indah, hutan mangrove sangat berguna bagi dunia ini

Hutan mangrove seringkali dikatakan pembentuk daratan karena menahan endapan dan tanah dengan akarnya. Pertumbuhan mangrove memperluas batas pantai dan memberikan
kesempatan bagi tumbuhan terestrial hidup dan berkembang di wilayah daratan. Sebagai contoh, Buah vivipar yang terbawa air akan menetap di dasar yang dangkal, dapat berkembang dan menjadi kumpulan mangrove di habitat yang baru. Dalam kurun waktu yang panjang habitat baru ini dapat meluas menjadi pulau sendiri. Jadi bisa kalian bayangkan kalau mangrove punah. Pulau pesisir akan terkikis dan satu waktu mungkin bisa habis.

Sayangnya banyak sekali orang yang tinggal di pesisir yang melupakan hal tersebut. Mereka malah dengan sadar merusak hutan mangrove untuk dijadikan kerajinan. Hal tersebut terjadi karena mereka tidak mengerti kegunaan Mangrove bagi dunia ini. Melihat kenyataan di atas, Kemangteers memiliki visi untuk melestarikan hutan mangrove. Hal yang dilakukan adalah memberikan pengetahuan pada masyarakat pesisir tentang mangrove dan juga memberikan bibit mangrove untuk ditanam di pesisir.

Untuk menjadi anggota KemangTeers sangatlah mudah dan bersifat bersifat open source, jadi setiap anak bisa menjadi pendiri dan atau  ownernya.
Konsep bottom up KemangTeers, dimana semua konsep diserahkan sepenuhnya kepada para pendirnya di setiap kota, membuat pergerakan KemangTeers lebih luwes dan dinamis, demi menyelamatkan hutan mangrove Indonesia yang telah rusak hingga 80%.
Jika kalian ingin bergabung bersama mereka silakan saja menghubungi langsung

Sekretariat Pusat KeMANGTEER
Jl. Bumi Wanamukti Blok I3/19 50243 Sambiroto, Semarang Jawa Tengah INDONESIA
P. 085725720747 SMS 081361065416
E. kemangteer@gmail.com
W. www.kemangteer.org

Masih ada banyak lagi komunitas anak muda Indonesia yang berkarya melakukan hal-hal terbaik untuk Indonesia. Komunitas tersebut bisa kalian ketahui informasinya di Opini.id. Opini.id  merupakan media penyaluran aktivitas kreatif, berita-berita anak muda yang berprestasi, komunitas yang membangun bangsa dan peduli bangsa dan hal lain yang berguna bagi bangsa ini.

 

opini-id

Di sini kalian akan menemukan berbagai hal menarik tentang karya anak muda Indonesia. Kalian bisa memberikan dan menjawab pendapat tentang hal-hal mearik yang terjadi di indonesia. Selain itu kalian juga bisa mengetahui komunitas-komunitas anak muda Indonesia yang berkarya untuk Negara tercinta ini. Untuk memberi opini, kalian hanya tinggal mendaftar dan mulai memberi opini terbaik agar bangsa ini lebih maju. Opini.id  mendukung gerakan anak muda yang bersatu, seperti Jong United di 28 Oktober, 88 tahun lalu. Semua itu dilakukan karena Opini.id menyadari masa depan bangsa kita tercinta ini berada di tangan anak muda yang berkarya. Bersama Opini Id, mari anak muda indonesia kita tunjukan kekompakan kita demi Indonesia yang lebih baik. Opini.id Situsnya Anak Muda yang Punya Kepedulian.

Ngomong-ngomong tentang  anak muda yang berkarya, aku mau kasih selamat dulu untuk Ariska Putri Pertiwi raih Miss Grand International. Yang pertama untuk Indonesia untuk kontes skala internasional. Aku ikutan poling di Opini.id dengan menulis ikut bangga bersama 76% lainnya.

 

opini-id3

Dengan begini Dunia akan semakin tahu tentang Indonesia yang selain memiliki perempuan-perempuan cantik, keindahan yang mempesona , dan tentu saja orang muda yang berkarya dan mengharumkan nama bangsa. Hai Anak Muda, Indonesia membutuhkan kita. Saatnya kita berkarya

 

 

 

 

52 thoughts on “Hai Anak Muda, Indonesia Membutuhkan Kita

  1. hup hup hup. siap laksanakan bu dosen! Iya kadang kita lupa bahwa berbuat untuk bangsa itu bisa dari hal kecil ya. Dan ga salah bung Karno bilang tentang 10 pemuda itu ya. Semoga kita dan anak2 nantinya termasuk 10 pemuda itu. Selamat hari sumpah pemuda!

  2. Duh jadi inget, ada draf yg belum kuselesaikan buat di opini id ini…

    Btw Jen, anak muda sekarang emang dituntut untuk jadi generasi kreatif, bisa menginspirasi dan penuh “ambisi” bukan cuma pandai berkoar dijalanan dan menghujat sistem.

  3. Benar sekali Mbak Ajen, hal2 yang sering kita anggap sepele ternyata bisa menjadi salah satu cara kita berkontribusi pada Indonesia.

    Btw, prestasi-prestasi anak muda Indonesia sebenarnya banyak ya bahkan sampai skala internasional. Sayang, tak banyak yang menyebarkan kebanggan tersebut selain penghargaan dari pihak pemerintah yang masih minim.

    Hidup anak muda Indonesia dan selamat Hari Sumpah Pemuda!

  4. Mungkin, tanpa terasa, sudah banyak yang kita lakukan untuk kebaikan bangsa ini.. Hanya saja kurang publikasi + ketutupan dengan informasi yang kebanyakan auranya negatif daripada positif :p

  5. Saya lihat ada 2 jenis masalah dari anak muda dalam hal berbuat untuk negara ini mbak:
    1. Memang kurang kecintaan dan cuek saja pada negara ini
    2. Memang ada keinginan untuk berbuat bagi negeri, tapi urung melakukan karena bakalan tidak diapresiasi atau butuh konsistensi.

  6. Saya belum bsa bwa nama indonesia, soalnya gagal trs pas mau slesksi akir wkwkwk
    Biasanya saya ngikut sayembara tingkat nasional aja belum sampe ke go internasional

  7. Dengan juaranya Ariska Putri Pertiwi dan meraih Miss Grand International bisa membuktikan bahwa wanita-wanita indonesia kecantikannya sudah mulai diakui oleh dunia international :’)

    “Jangan tanyakan apa yang negara telah berikan kepada kamu, tapi tanyalah pada dirimu apa yang bisa kamu berikan kepada negaramu.” – JFK

    Terkadang benar juga ujar-ujar dari John F. Kennedy, seputar sumbangsihku sebagai pemuda ke negara terkadang masih perlu dipertanyakan, sebab sampai umur segini belum ada sumbangsih yang bisa diberikan kepada negara. Dijadikan bahan perenungan buat saya :’)

  8. Indonesia banyak banget mba anak muda ynag berprestasi dan bisa membuat bangga Indonesia, tapi kebanyakan dari mereka tidak pernah terekspose oleh media.
    Padahal mereka sangat terkenal di luar sana dengan karyanya.
    Para petinggi kita kadang lupa dengan apa yang telah dilakukan banyak anak muda yang berprestasi di internasional, jadi mungkin kata “membayar pajak” yang sering dilontarkan oleh para petinggi ke anak muda.

  9. Eh iya, kemarin liat jawaban2nya Ariska ini di perhelatan Miss Grand International tsb, simple tapi benar2 menyentuh hati. Apalagi yg Stop The War.

    Semua emang harus dimulai dari diri sendiri, lingkungan terkecil lah at least…keluarga.

  10. Wiiih keren Kak ajen tulisannya. dan ternyata aku memang belom kasih apa2 buat indonesia. hehe

    Baru tau ada ajang miss grand international. Apalagi indonesia yang menang. Ikut bangga

  11. Semoga komunitas Kemangteers bisa memperbaharui hutan mangrove yang sudah rusak, ya… Ternyata udah 80% rusak, sayang sekali, :((

    Setuju, mbak, untuk berguna bagi bangsa, bisa juga dengan melakukan hal-hal kecil, namun bermanfaat.

  12. Bener juga ya, jika direnungkan kembali, apa yang sudah dilakukan untuk Indonesia. Aih, pertanyaan mudah, tapi menjebak. Sama hal nya seperti penelitian kualitatif, lalu ditanya “kenapa informannya hanya segini?”
    Opini itu asik loh buat nulis ide kita, ku sudah coba hihihi

  13. Kagum.dengan pewawancaranya. Out of box sekali. Tapi, mungkin ia lupa kalo bayar pajak itu susah ditegakkan. Hahaha

    Kemangters dari undip itu wilayah pengabdiannya sampai Kupang? Atau Ajen baca dari Opini.com…

  14. Yang sudah saya lakukan untuk negri ini???

    Emm….

    Jir sulit. Tapi selalu berusaha untuk tetap dalam antrian dan membuang sampah pada tempatnya sih, jadi upaya yg terus saya lakukan untuk perbaikan.

    Untuk kita, dan komunitas kita. Kalau dirasa bergelut di ke-mangrove-an cukup berat. Yu bikin yg lain jen. Gerakan mari membaca misal.

  15. Anak Indonesia harus berkomunitas dan berprestasi, karena dari komunitas biasanya akan muncul bakat-bakat dan keberanian yang terpendam. Jujur, ayi sejak masuk komunitas bahasa jadi berani berpuisi. Dulu cuma malu-malu kucing :’D

    Teruslah berprestasi, anak Indonesia!

  16. Ajen lagi daftar LPDP ya? Sukses yaa.. Semoga lolos. 🙂

    Berguna bagi bangsa Indonesia menurutku enggak harus punya prestasi yang dapat medali. Bahkan dengan kita menulis blog pun sudah termasuk berguna bagi Indonesia loh.. Asalkan tulisan kita positif dan bs menginspirasi banyak orang Indonesia. 🙂

  17. Tanda bahwa Indonesia akan semakin dikenal di kancah internasional…terus semangat pemuda pemudi Indonesia… ibu pertiwi sudah rindu untuk menatap kesuksesan kita

  18. intinya kalo pemuda penerus indonesia berkarya dibidang masing masing …asal positif loh yaa

    ane yakin bisa lah indonesia diakui lagi sebagai macan asia..

    bukan….malah dunia 🙂

    eh,semangat mangrove nya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *