Artikel, Health

Lima Gaya Hidup untuk Mencegah Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau biasa disebut hipertensi dapat meningkatkan resiko penyakit mematikan seperti penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal. Menurur Kemenkes, ada 74 juta orang Indonesia yang mengalami Hipertensi pada tahun 2015 atau sekitar 40% dari total keseluruhan jumlah penduduk. Hipertensi bisa terjadi pada siapa saja termasuk kita. Kita tidak dapat mengontrol apakah kita akan terkena tekanan darah tinggi. Banyak faktor yang dapat membuat kita terkena seperti usia dan gaya hidup tidak sehat. read more

Artikel, Health

Dietmu gagal? Bisa Jadi ini Alasannya

berat-badan-turun

Memasuki usia remaja BERAT BADAN (sengaja di-capslock biar dramatis) adalah satu hal yang menjadi momok bagi perempuan. Apalagi dengan adanya media masaa yang mempertontonkan tubuh ideal seorang perempuan itu adalah yang seksi dan berlekuk-lekuk seperti gitar spanyol. Sebuah pola pikir bahwa perempuan gemuk tidak menarik, membuat berjuta-juta orang ingin menjadi langsing. Dari cara instan menggunakan obat diet atau diet alami, dan bahkan menjadi vegetarian.

Hampir setahun belakangan saya sudah mencoba berbagai jenis cara menurunkan berat badan dan selalu gagal. Setelah ditelaah dan diamati ternyata banyak hal yang membuat diet saya gagal. Sejak seminggu ini saya mencoba untuk mengubah cara diet saya dan saya turun sekilo dalam seminggu dan semakin terus turun. Berikut saya share alasan gagal diet saya, siapa tahu kalian juga mengalami hal yang sama. read more

Artikel, Health

Empat Makanan yang Tidak Baik untuk Penderita Diabetes

logo-control-big

Mengkonsumsi makanan yang sehat adalah salah satu hal yang penting dilakukan ketika seseorang memiliki diabetes. Diabetes adalah peningkatan kadar gula dalam darah akibat permasalahan insulin atau hormone yang mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Peningkatan gula darah ini sangat berbahaya bagi tubuh karena akan membuat penyakit berbahaya seperti Jantung dan Strook. Oleh karena itu menjaga makanan adalah hal yang mesti dilakukan oleh para penderita diabetes. Makanan diabetes memang dangat penting untuk dijaga. Apa bila kamu memiliki keluarga yang mengalami Diabtes perlu diingat bahwa diabetes tidak dapat disembuhkan, cara terbaik adalah menjaga makanan dan olahraga agar kadar gula selalu berada di rentang normal (200mg/dl) Berikut adalah tujuh makanan yang buruk untun penderita Diabetes read more

Artikel, Kesehatan Jiwa

Negative Self-Talk : Langkah-langkah untuk Menghentikan Kritik dari Dalam Dirimu

insecurity-1306280_640

Kebanyakan dari kita sangat familiar dengan “kritik negatif dalam diri.” Apalagi ketika kita akan melakukan suatu hal baru. Seketika berbagai suara negatif dari dalam diri berkumandang di pikiran. Saya misalnya, sudah sejak lama saya ingin menuli novel, tapi ketika ingin menulis suara itu bermunculan: “Kamu nggak mungkin bisa menyelesaikannya.” “Kamu terlalu malas untuk melakukannya.” “Mending kamu nonton drama korea aja daripada melakukan hal itu.” “Kamu jangan bermimpi jadi penulis, jadi penulis itu susah tahu nggak.” Dan sebagainya. Apakah kalian pernah mendengar suara negatif itu di dalam hidup kalian selama ini, ketika kalian akan melakukan sesuatu yang baru? Kalau Iya, jangan bersedih, kamu nggak sendirian, semua orang pernah mendengarkan suara negatif itu. Namun ada yang mengacuhkannya, ada yang membiarkannya. Mereka yang mengindahkan suara berisik itu kemudian akan menjadi sukses. Yang membiarkan, mungkin akan sukses tetapi secara batiniah tidak, malah akan timbul penyakit jiwa macam depresi sampai halusinasi. Mengerikan bukan? read more

Artikel, Kesehatan Jiwa

Ibu muda Yang sering Posting di Facebok, Rentan Depresi

depresi-pada-ibu-muda

Pertama kali menjadi seorang Ibu merupakan pengalaman luar biasa bagi seorang perempuan. Dengan penuh semangat tak jarang ibu muda akan memproklamirkan kehamilannya di Facebok dengan disertai foto USG. Kemudian mulai memenuhi beranda facebook dengan informasi membahagiakan yang dilalui di bulan-bulan kehamilan. Tak jarang juga memberikan foto-foto perut hamil, aktivitas dan makanan saat hamil, dan tentu ketika bayinya telah lahir, dia tak bisa menahan diri untuk memposting  foto paling menggemaskan dari bayinya. Dan tampaknya dia bukannlah satu-satunya Ibu muda yang memposting urusan-urusan bayimu di social media. Saya sering sekali memperhatikan fenomena-fenomena ini di beranda facebook saya. Dalam hati memberi selamat, tapi kalau semakin banyak kok rasanya agak berlebihan. read more

Artikel, Health

5 Manfaat Jus Lemon bagi Kesehatan

image

Lemon adalah salah satu buah yang memiliki banyak manfaat. Jaman dahulu kala, ketika belum diciptakan kulkas, Lemon digunakan untuk mencegah pembusukan pada bahan makanan. Lemon juga memiliki banyak anti oksida yang dapat membuang racun dalam tubuh kita. Lemon dipercaya sebagai anti oksidan yang bila diminum setiap hari akan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Bahkan nih lemon juga bisa digunakan untuk mengatasi perut kembung. Baik pada orang dewasa ataupun perut kembung pada bayi baru lahir. Caranya campurkan perasan lemon dan minyak telon lalu gosokan pada perut. Oleh karena itu lemon memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi terutama diminum sebagai jus. Jus lemon juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Ingin tahu apa saja manfaat jus lemon? Yuk simak artikel berikut ini: read more

Health, Review

Mengatasi Nyeri Lambung saat Perjalanan

nyeri-lambung

Adakah di antara kamu yang suka traveling? Aku rasa jawabannya pasti banyak sekali yang suka. Traveling memang menyenangkan apalagi ke tempat indah dan menyenangkan. Namun demikian, tak jarang kita menempuh perjalanan ber jam-jam untuk sampai ke tempat tujuan kita.  Selama ini, saat melakukan perjalanan, apakah kemu pernah mengalami keluhan-keluhan seperti pusing, mual, lemas, dan nyeri lambung? Itu adalah gejala-gejala dari penyakit yang sering menyerang lambung alias Maag. Selain maag masih ada beberapa penyakit nyeri lambung. Tiga di antaranya adalah: read more

Health

Lima Makanan yang Dapat Membuat Perutmu Rata

perut-rata

Siapa yang tahun ini punya resolusi untuk menurunkan perut? Aku rasa semua perempuan menginginkan perut rata. Siapa gitu yang mau gumpalan lemak melekat di perutnya? Aku sih pengen banget perut aku rata kaya tripleks. Selain karena enak aja dilihat ketika pake gaun seksi, perut rata bikin kita makin percaya diri. Tahukah kamu makananlah point terpenting untuk membuat perut kita rata. Kamu mungkin pernah mendengar sebuah pepeatah. Kamu adalah apa yang kamu makan. Ya, benar sekali apa yang kita makan menentukan hidup kita. Kalau kamu sering makan makanan berlemak, yah jangan heran sepuluh tahun dari sekarang kamu memiliki masalah Jantung. Kalau kamu sering makan makanan yang manis-manis, yah jangan heran sepuluh tahun dari sekarang kamu memiliki masalah diabetes. Sebuah penelitian tentang penurunan berat badan mengatakan, untuk memiliki berat bada ideal cara terbaik adalah dengan diet dan terutama mengatur makanan kita. Olahraga membantu penurunan berat badan sebanyak 30% sedangkan sisanya adalah cara kamu mengatur makanan. Akan sangat bagus lagi kalau keduanya dipadukan. read more

Artikel, Health

Tiga Gaya Hidup yang Dapat Membantu Menurunkan Kolesterol

koles1

Beberapa waktu lalu,  saya melakukan tes kolesterol secara manual dan terkejut setengah mati melihat angka yang tertera di layar: 196. Usia saya baru 26 tahun, tapi nilai kolesterol saya sudah segitu. Memang sih belum berlebihan, karena nilai kolesterol normal adalah dibawah 200. Namun tetap saja 196 itu angka yang lumayan untuk usia seperti saya yang masih muda belia ini. Kamu mungkin bingung kok saya lebay banget soal masalah cholesterol. Tahukah kamu, peningkatan kolesterol dapat meningkatkan resiko penyakit pembuluh darah seperti jantung dan stroke. Makanya jangan heran kalau saya agak lebay. read more

Artikel, Health

Tujuh Makanan yang Dibutuhkan oleh Ibu Hamil

Saat hamil, makanan sehat sangat dibutuhkan, karena pertumbuhan janin sangat dipengaruhi gizi yang dimakan oleh sang Ibu. beberapa nutrisi yang paling dibutuhkan adalah kalsium untuk jaringan tulang  bayi. Zat besi agar tidak terjadi  gangguan kehamilan. Folat untuk perkembangan Asam folat ini paling dibutuhkan bagi pertumbuhan janin tri semester pertama. Trimester pertama adalah fase krusial. Tubuh Ibu mengalami perubahan. akan muncul kantung yang berisikan air ketuban, terbentuk di sekitar embrio. Folat terutama berperan penting dalam produksi eritrosit yang berguna untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang yang baik dan sesuai bagi janin. Kurangnya folat selama kehamilan dapat menyebabkan gangguan perkembangan sumsum tulang belakang, hal ini dapat mengakibatkan kelumpuhan, kerusakan otak, atau keguguran. read more