Artikel, Health

Tolak penyalahgunaan Obat bersama BPOM

IMG_20171022_062452_HDR

Ingat nggak sih beberapa waktu lalu, kita kaget dengan berita anak SMA di Sulawesi kejang masal dan ahrus dirawat di RSJ karena minum obat yang diedarkan oleh orang tak bertanggung jawab. Nama obat itu adalah PCC atau Paracetamol, Cafein, dan Carisoprodol. Yang dapat merusak saraf dan menyebabkan gangguan mental halusinasi pada yang meminumnya dalam jumlah banyak.  Obat memang memiliki efek bagus dalam menyembuhkan penyakit, tetapi bahan kimianya memiliki efek yang kurang bagus, makanya minum obat itu harus ada di bawah pengawasan dokter. Pastikan nih kamu mendapatkan obat dari dokter langsung yah, bukan dari orang lain. read more

Artikel, Health

Tumbuh Kembang Anak Pra Sekolah Usia 3 sampai 6 Tahun

girls-462072_960_720

(Sumber : Pixbay)

Anak Pra Sekolah adalah anak yang berumur antara 3-6 tahun, pada masa ini anak-anak senang berimajinasi dan percaya bahwa mereka memiliki kekuatan. Pertumbuhan anak usia pra sekolah cenderung lambat, tetapi pada usia ini kemampuan kognitif dan sosial yang terjadi selama masa toddler mengalamii penyempurnaan. Pada usia pra sekolah, anak membangun kontrol sistem tubuh seperti kemampuan ke toilet, berakaian, dan makan sendiri (Potts & Mandeleco, 2012) Anak pra sekolah juga dapat berjauhan lebih lama dengan orang tua dan dapat berinteraksi dengan orang lain. read more

Artikel, Being 27, Health, Kesehatan Jiwa

Pikiran Negatif adalah Awal dari Kebiasaan Negatif

negative-thinking

Hari ini adalah hari ke-7 saya kembali mengecap bangku kuliah. Setelah lulus di Prodi Magister Keperawatan FIK UI beberapa bulan lalu, kini tiba saatnya saya memulai perkuliahan. Menjadi seorang perawat jiwa adalah hal menarik, setidaknya itu yang saya rasakan setalah satu minggu berlalu. Saya kelak akan mempelajari beberapa therapy untuk pasien jiwa berat maupun ringan macam depresi dan ansietas. Salah satu Theraphy yang baru-baru ini saya pelajari adalah CBT atau Cognitive Behaviour Therapy read more

Artikel, Health

Novertis Cosentyx: Mengembalikan Psoriasis ke Kulit Normal

Ketika berbicara tentang penyakit kulit, tanpa sadar kepala kita akan dipenuhi penghakiman.

“Pasti di malas mandi, makanya kulitnya penyakitan.”

“Duh menular, jangan sampai kesentuh,”

“Ih jijik banget, sih.”

Pernyataan kedua terutama yang melekat di otak masyarakat. Namun tahukah kamu bahwa tidak semua penyakit kulit itu menular? Salah satunya adalah Psoriasis.

IMG-20170818-WA0023

Beberapa waktu yang lalu aku  menghadiri sebuah acara bertajuk “Redefining Psoriasis Treatment” yang dilaksanakan Novertis, salah satu perusahan obat asal Swis yang sudah 90 tahun mengabdi di Indonesia. Acara yang menghadirkan dr Lily dari Direktur pencegahan penyakit tidak menular dari Kemenkes, dr Danang dokter spesialis kulit dan kelamin dari RS Dharmais, dan Pak Milan, CEO Novartis Indonesia ini lebih kurang membahas tentang Psoriaris dan obat terbaru yang dapat membuat penderita Psoriasis kembali normal. read more

Artikel, Health

Lima Penyebab Anyang-anyangan dan Atasi dengan Uricran

Apakah kamu pernah mengalami Anyang-ayangan? Jujur saja, rasanya nggak enak banget. Rasa sakit dan terbakar ketika pipis, nggak bisa pipis padahal rasanya pengen pipis, dan pipis berwarna gelap. Anyang-anyangan ini emang nggak enak banget dan menyiksa banget. Jika kamu adalah seorang perempuan, maka kamu memiliki resiko tinggi terkena anyang-anyangan atau Infeksi Saluran Kencing. Menurut National Kidney Foundation 2 dari 5 perempuan mengalami Anyang-anyangan setidaknya sekali dalam seumur hidup. Dan hampir 70% penderita infeksi saluran kencing adalah perempuan. Intinya adalah perempuan rentan banget terkena anyang-anyangan.  Apa sih anyang-anyangan? read more

Health, Traveling

Lima Tips Agar Selalu sehat saat Traveling

hiking-1312226_960_720

Banyak yang bilang kalau Traveling adalah salah satu cara terbaik agar nggak stres. Makanya banyak banget yang mengambil cuti dan melakukan perjalanan ke luar negeri maupun dalam negeri. Dalam negeri Traveling ke Bali Nusa Dua, masih menjadi tempat yang paling sering dikunjungi. Namun kadang-kadang traveling akan membuat kita malah semakin stre,  karena saat traveling kita malah terkena sakit. Nggak lucu kan kalau jalan-jalan terkena sakit apalagi kalau sampai terkena sakit kaya DBD atau malaria. Hemm makanya sebelum traveling, kita mesti menyiapkan diri dan kesehatan agar tak sakit. Berikut agar selalu sehat saat traveling read more

Artikel, Health

Ingin Hamil? Yuk Simak Lima Tips Agar Cepat Hamil

Beberapa waktu lalu, Aku dan Temanku yang baru saja menikah dan sedang hamil berbicara hal dewasa. Bukan soal urusan ranjang yah, tetapi tentang berumah tangga. Ternyata masalah menemukan pasangan hidup hanyalah awal dari perhalanan panjang yg akan dilalui sepasang manusia. Setelahnya akan ada fase luar biasa bernama kehamilan dan memiliki anak. Banyak hal yang kami obrolkan seperti hubungan seksual saat istri sedang hamil, perawatan bayi, manfaat dan cara pijat bayi dan sebagainya. Salah satu pembicaraan yang serius kami bicarakan itu adalah tentang PERSIAPAN KEHAMILAN. read more

Artikel, Health, Review

Jaga Sistem Imun Tubuh dengan Stimuno Forte

Pernah nggak sih kalian berada di lingkungan yang kotor begitu lama dan ketika kembali ke lingkungan bersih, langsung terserang flu? Lingkungan yang tidak bersih dapat menurunkan daya tahan tubuh kita.  Bila lingkungan perumahan tidak diperhatikan, maka dapat memudahkan terjadinya penularan dan penyebaran penyakit, seperti diare, cacingan, ISPA, TBC, demam berdarah, malaria dan sebagainya.

lingkungan-kotor-_130226185816-233

Lingkungan Kotor Sarang Penyakit

Perhatikan lingkungan di atas? Bisa bayangkan kuman-kuman dan bakteri yang bersarang di sana. Jadi jelas banget yah,  cara terbaik agar sehat adalah menjaga lingkungan kita. Namun apakah mencegah lingkungan saja cukup untuk membuat tubuh kita sehat? Jawabannya tentu saja tidak. Selain lingkungan ada banyak masalah lain yang membuat tubuh kita bermasalah yaitu sistem imun yang tidak kuat. read more

Health

Pada Suatu Waktu, ketika Saya Merasa Ada yang Tidak Beres dengan Kejiwaan Saya

me

Seorang teman lama memposting sebuah gambar di facebooknya. Inti dari gambar itu adalah, kita hidup di dunia ini hanya sementara, banyaklah berdoa agar masuk surga. Saya terusik bertul dengan tulisan itu. Saya terkenang akan seseorang yang sempat saya kenal. Dia getol sekali berdoa. Ke gereja sampai tiap hari. Namun sifatnya buruk sekali. Saya bahkan pernah mendengar dia bergosip. Sampai di sini saya berpikir? Apakah doa saja cukup menyelamatkanmu?

Lalu sudah sampai paragraph kedua, kok nggak ada hubungannya sama judul yang panjang di atas? Ah tenang saja ini bukan wacana dalam bagian bahasa tes TPA. Jadi nggak masalah kalau ngalur ngidul, nggak ada yang berusaha mencari kesinambungan kalimat. Yang jelas saya berpikir tentang diri saya sendiri. Seketika saya merasa, kejiwaan saya sedang tak beres. Saya sering kali dengki akhir-akhir ini. Dengki adalah perasaan ketika kau jengkel atau kesal pada keberhasilan seseorang. Saya menyadari perasaan ini menguasai saya beberapa waktu. Saya menulis ini karena, perasaan seperti ini tak boleh dibiarkan terlalu lama. read more

Artikel, Health, Kompetesi

Sehatkan Saraf dan Lawan Neuropati dengan Gaya Hidup Sehat

awal

Mengetik dan bermain HP adalah kebiasaan sehari-hari yang dapat menyebabkan  neorupati.

Sebagai blogger yang hits dan keren abis aku sering menghabiskan waktu dengan mengetik di depan komputer, apalagi  pekerjaan aku juga menjadi dosen. Duduk diam dan mengetik merupakan kewajiban yang selalu aku lakukan. Sebulan yang lalu aku mendapati pergelangan tanganku sering kesemutan. Rasanya nggak enak bangetlah pokoknya. Aku pun mencari di google dan menemukan bahwa kesemutan adalah salah satu gejala neuropati. Kontan saja aku langsung pucat pasi. Wahh bahaya kalau aku sampai terkena neuropati. read more