Cara Alami Menghilangkan Bau Badan yang Mengganggu

Cara Alami Menghilangkan Bau Badan yang Mengganggu

Pernah enggak sih kamu keringatan dan tiba-tiba enggak PD berada di antara banyak, karena takut orang lain mencium Bau kamu? Yes bau badan merupakan hal yang bikin seseorang minder banget. Tahu enggak sih kalau bau badan disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kebiasaan mengkonsumsi makanan tertentu, infeksi, dan penyakit tertentu. Yang jelas nih, apapun penyebabnya bau badan akan membuat kita merasa tidak percaya diri karena membuat orang lain tidak nyaman berada di dekat kita. Untuk itu untuk mencegah bau badan, perlu juga nih kita tahu apa saja penyebab seseorang bisa bau bada lebih mendetail. Dengan tahu penyebab bau badan, kita jadi tahu gimana carnaya mengatasinya, yuk simak.

Mengapa sih seseorang bisa bau badan? Bau badan biasanya tercium dari tempat-tempa yang berpotensi mengeluarkan bau seperti ketiak misalnya. Penyebabnya adalah bakteri yang ada di tempat tersebut menghancurkan keringat di kelenjar apokrin dan menimbulkan bau tak sedap. Menurut para ahli, kelenjar apokrin adalah penyebab utama bau badan. Karena keringat yang dihasilkan oleh kelenjar ini mengandung protein yang sangat tinggi. Yang sayangnya, sangat disukai oleh bakteri sebab mudah dipecahkan. Kelenjar inisendiri bisa ditemukan di payudara, daerah genital, kelopak mata, telinga, dan ketiak. Di payudara, kelenjar tersebut akan mengeluarkan tetesan lemak yang masuk dan bercampur ke dalam ASI. Di telinga, kelenjar tersebut akan membentuk kotoran telinga. Sebagian besar kelenjar apokrin pada kulit berada di area: selangkangan, ketiak, dan sekitar puting.

Kapan seseorang bisa mengalami bau badan yang parah?

  • Bau badan (BB) biasanya akan muncul ketika seseorang memasuki usia pubertas
  • Orang yang mengalami obesitas atau kegemukan lebih mudah mengalami BB
  • Sering makan makanan pedas
  • Pasien diabetes lebih rentan mengalami bau badan
  • Orang yang terlalu banyak berkeringatatau hiperhidrosis

Bau badan pada dasarnya wajar aja sih yah, apalagi kalau kita enggak mandi berhari-hari. Namun ada juga loh yang meski mandi tapi bau badanya tetap menusuk. Kalau sudah seperti itu cara terbaik adalah mengganti alat kebersihan dirinya. Berikut adalah tips-tips agar bau badanmu hilang

  1. Mandi dengan bersih menggunakan sabun anti bau badan – Mandilah setidaknya satu atau dua kali sehari untuk membersihkan dan menyingkirkan keringat serta bakteri pada kulit. Ketika mandi, kamu dianjurkan menggunakan sabun antibakteri atau fruitamin soap seperti pada poin pertama. Pada dasarnya, kulit itu sendiri sebenarnya tidak berbau. Namun apabila tubuh berkeringat dan kemudian bercampur dengan bakteri, maka bakteri tersebut akan dengan cepat berkembang biak serta menimbulkan bau tak sedap.              Cuci tubuhmu secara menyeluruh. Terutama pada area-area yang sensitif dan sering mengeluarkan bau seperti yang telah di sebutkan di atas.                                                                                              Salah satu yang dapat menghilangkan bau badan adalah mandi dengan menggunakan Fruitamin soap. Fruitamin soap atau ‘sabun pelangi’ adalah sabun yang sering digunakan untuk memutihkan kulit dan juga menghilangkan bau badan. Karena sabun ini memiliki aroma yang sangat wangi, yang berasal dari berbagai ekstrak buah-buahan yang terkandung di dalamnya.

 

Screenshot_2018-09-14-23-54-59-468_com.android.chrome

 

   Komposisi sabun pelangi pemutih tubuh      dan pengharum badan ini di antaranya         adalah:

  • Sunflower oil
  • Glutathione
  • Lemon extract
  • Vitamine
  • Vitamin B3
  • Vitamin C
  • Tamarind extract
  • Banana extract
  • Brown rice oil
  • Perfume
  • Apple extract
  • Kiwi extract
  • Tomato extract
  • Pomegranate extract
  • Coconut oil
  • Orange extract
  • Grape extract
  • Mulberry extract
  1. Keringkan tumbuh dengan baik setelah mandi.  Setelah mandi, biasakan diri mengeringkan tubuh sepenuhnya. Terutama di area-area yang telah disebutkan di atas, yang berpotensi mengeluarkan bau tidak enak. Semakin kering tubuhmu, maka akan semakin sulit bagi bakteri untuk berkembang biak.
  2. Menjaga pola makan. Beberapa makanan tertentu dapat membuat bau badan kita lebih menyengat. Beberapa jenis makanan memiliki zat yang tidak secara sempurna di metabolisme tubuh sehingga muncul di keringat. Makanan seperti cabe sangat berpotensi menyebabkan bau badan tak sedap. Begitu juga dengan makanan yang beraroma kuat seperti bawang merah atau bawang putih, termasuk juga kafein dan alkohol. Jadi kurangi makanan-makanan tersebut ketika bau badanmu sudah menyengat.
  3. Gunakan antiperspirant atau deodorant. Setelah membersihkan diri, segera gunakan antiperspirant. Terutama di bagian bagian yang rawan berkeringat seperti di area ketiak. Antiperspirant biasanya mengandung aluminium klorida, yaitu sejenis bahan kimia yang membantu menjaga agar keringat tidak keluar. Jangan konsumsi makanan yang menyebabkan bau badan Jika kamu doyan makan makanan pedas, cobalah untuk menguranginya.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *