Review

Kumpul bareng Bloger BPK: Mengawal Harta Negara adalah Tugas bersama

March 18, 2018

Halo Permisah yang ada di blog..

Apa sih yang ada di pikran kamu ketika kita bicara tentang BPK? Yang jelas sih uang dan harta negara. BPK atau badan pemeriksaan keuangan merupakan Badan layanan Umum yang mengawal Harta negara. Sejujurnya nih pengetahuan saya tentang BPK adalah melakukan pemeriksaan keuangan. Pengetahuan itu tercerahkan ketika mengikuti kumpul Bareng Blogger bersama BPK. Saya pergi bersama Blogger Jakarta yang kece-kece.

IMG-20180315-WA0029

(Bapak Ketua dan SEKJEN BPK memukul gong pertanda komitmen BPK dan Blogger untuk mengawal harta negara)

Pak Hendar Ristriawan., Sekjen BPK mengatakan bahwa tugas mengawal uang negara ini bukan hanya tugas BPK, tetapi juga masyarakat umum. “Blogger diharapkan menjadi penyambung lidah BPK ke masyarakat umum dengan menuliskan dan mengabarkan kepada masyrakat bahwa mengawal harta negara adalah tugas kita semua.” Saat acara ini ada pemutaran video, kita juga bisa melaporkan tindakan suap menyuap di tengah-tengah kita dengan bukti yang jelas. Hal tersebut di atas juga dipertegas oleh ketia BPK RI Moermahadi Soerja Djanegara. Beliau mengatakan Blogger dan Internet diharapkan mampu menggapai masyarakat lebih luas. Mendengar kedua orang hebat tersebut berbicara daku merasa tertantang. Betapa menjadi warga negara Indonesia ini membuat kita memiliki banyak sekali tanggung jawab.

Acara semakin meriah karena adanya pengumuman pemenang kontes menulis blog BPK bertema Kawal harta Negara. Kompetensi ini dilaksanakan dari bulan November 2017 sampai Febuari 2018. Ada 300an naskah yang masuk. Naskah dinilai berdasarkan isi tulisan, kreatifitas, dan tentu saja mewakili visi dan misi BPK Berikut nama para pemenangnya

IMG-20180315-WA0036

Para Pemenang Kita

  • Juara pertama diraih oleh Alexander Arie dengan tulisan berjudul ‘BPK Kawal Harta Negara dengan mendorong Akutabilitas Keuangan Negara’.
  • Juara kedua Yesi Hendriyani Suparto dengan tulisan ‘Peran Generasi Milenial Kawal Harta Negara’.
  • Juara ketiga Lalu Alfian Rifa’i dengan tulisan ‘Ikut Berpartisipasi Membantu BPK Mengawal Harta Negara, Yuk!’.
  • Juara favorit pertama adalah Lalu Alfian Rifa’i dengan tulisan ‘Jangan Bilang Ente Gak Mau Bantu BPK Kawal Harta Negara!’.
  • Juara favorit kedua adalah Bayu Satria Utama dengan tulisan ‘Tantangan Era Diskripsi: SIPADU Membangun Kolaborasi Masyarakat dan BPK Kawal Harta Negara’.
  • Juara Favorit ketiga adalah Saiful Rijal Yunus dengan tulisan berjudul ‘Harta, Tahta, dan BPK’.

Pemenang mendapatkan hadiah total senilai Rp. 25 juta. Wah lumayan banget yah Sayang aku enggak ikut lombanya.

Selain pengumuman lomba ada hal menarik di acara Kongkow bareng blogger ini yaitu sharingd ari 3 nara sumber kece tentang blog dan personal branding.

index

Pemateri pertama Mas Febrian menceritakan tentang cara membuat blog yang baik. Mas Febrian adalah blogger traveling yang bisa dibilang mumpuni. Beberapa tips doi yang menurut aku harus dicintoh semua blogger pemula adalah menentukan niche atau jenis blog kita. Hal itu juga membantu kita mem-branding diri sendiri. Selain itu seseorang lebih dikenal jika dia spesialis di bidang tertentu. Jadi usahakan tidak membuat blog dengan banyak niche. Selain itu doi juga menekankan pentingnya mengedit tulisan sebelum publish. Kasihan pembaca kalau kita kasih tulisan yang acak kadul. Dan yang terpenting jangan lupa share tulisanmu di media sosial.

Pemateri kedua adalah Mbak Lia atau Mbak Olla atau Mba Salsabela. Kamu mungkin mengenalnya sebagai Founder Nulis Buku. Mbak Olla berkisah tentang bagaimana kita membranding diri kita. Menurut aku hal ini penting, karena membranding diri kita membuat kita lebih dikenal. Apa sih branding? Branding sih bisa dibilang sebagai pencitraan. Image kita terhadap diri kita sendiri. Mbak Ola menekan beberapa poin agar dapat membranding diri dengan baik. Pertama, Tahu siapa kamu: mengetahui kelemahan dan kelebihan sangat penting agar kamu bisa mengenal diri. Kedua Tahu nilai-nilai yang ada di dalma dirimu. Ketiga  tahu tujuan kamu dalam melakukan sesuatu. Keempat carilah idola, kalau aku sendiri idola aku dalam ngeblog adalah Ashley Perez di Buzfeed. Dia enulis dengan ringan dan asik dibaca. Aku suka aja sih dia. Dan yang kelima menentukan target pembacamu. Tips dari Mbak Olla sebisa mungkin nama kita di Medsos semuanya sama biar orang enggak bingung dan mudah ingat.

Pemateri terakhir ada mas Dimas. Doi sih menekan pada moneytize  dan menjadi influenser pada blog Ini penting nih. Yang jelas sih tahap awal sebelum kita moneytize blog kita yah memperbaiki konten.  Kita enggak akan bisa menghasilkan uang dari blog yang kontennya enggak bagus. Kemudian Doi juga bilang kalau untuk menjadi influencer kita harus berani menjual diri dan potensi yang kita buat. Makanya penting untuk narsis di blog kita dengan mencantumkan hal-hal yang telah kita kerjakan dan tentu saja email agar mudah dihubungi. Itu saja ulasan singkat tentang tiga nara sumber. Yang jelas pengalaman Kingkow bareng BPK ini adalah pengalaman yang luar biasa. Intinya sih lakukan apa yang kamu suka dan sukai apa yang kamu lakukan. Aku sih mengaris bawahi pernyataan Pak Sekjen BPK. “Seorang Blogger bisa memberi pengaruh positif bagi oarnag lain, jadi mari manfaatkan itu. Yuk jadi blogger

IMG-20180315-WA0066

Mbak Ola and Para blogger Jakarta

Only registered users can comment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *