Artikel | Review

Ayo Naik Bus dan Katakan Tidak pada Macet

March 20, 2018
 “Kemacetan di Jakarta merugikan negara sampai 65 triliunan,” ujar Pak Budi Karya, Mentri Perhubungan di acara jumpa pers peresmian Bus TransJabodetabek di Mall Mega 4.
IMG_20180318_142840_HDR
Pak Budi menyampaikan harapan KemenHub untuk Jakarta bebas macet

Jujur saja waktu mendengar itu aku enggak nyangka. Selama ini aku mengganggap kemacetan adalah hal biasa. Perkataan pak Budi bikin aku searching tentang fakta kemacetan di Internet. Nah ternyata nih, kerugian ekonomi tersebut belum termasuk kerugian nonekonomi seperti kondisi psikologi pemakai jalan maupun efek domino lain seperti berkurangnya produktivitas masyarakat akibat kemacetan. Banyak penelitian yang membutikan kemacetan dapat meningkatkan depresi. Menurut Riskesda 2013 sih ada sekitar lima purluh ribu orang jakarta yang mengalami masalah kesehatan jiwa ringan. Bisa jadi penyebabnya adalah kemacetan. Kemacetan ini memberika efek buruk bukan saja bagi kantong, tetapi juga tubuh kita.  Untuk itu penting banget untuk mengatasi kemacetan ini.

Pemerintah dalam hal ini kementrian perhubungan telah banyak memberikan solusi untuk mengatasi kemacetan. Salah satunya kebijakan penanganan kemacetan di tol Jakarta- Cikampek sejak 12 Maret 2018. Ada tiga kebijakan yang dicanangkan pemerintah yaitu:

IMG-20180319-WA0008

  1. Pembatasan operasional angkutan barang golongan III, IV, dan V
  2. Pemberlakukan sistem ganjil-genap pada kendaraan pribadi pada pintu Tol arah Bekasi – Jakarta
  3. Pemberlakukan jalur khusus angkutan bus.

Pemberlakukan ketiga hal tersebut dilakukan setiap hari pada pukul 06:00 – 09:00 WIB. Hasil dari tiga hal tersebut cukup signifikan. Pembatasan operasional menunjukkan penurunan sebesar 61% dari 3036 menjadi 1187 dan dari arah sebaliknya mengalami penurunan sebanyak 66% yaitu dari 4234 menjadi 1441. Dampak dari pemberlakuan kebijakan ganjil-genap di pintu tol bekasi barat dan timur arah jakarta mengalami penurunan volume kendaraan dan kapasitas jalan (V/C Ratio) sebesar 49.52%. Salut buat smeua pihak yang telah bekerja keras untuk hasil ini Dinas perhubungan dan kepolisian. Semoga penurunan volume kendaraan semakin meningkat.

Namun demikian penerapan di atas bisa menjadi sia-sia, jika jumlah kendaraan pribadi makin banyak. Cara mengurangi kemacetan terbaik adalah menaiki kendaraan umum seperti bus. Kita tentu enggak mau kan kalau kemacetan di Jakarta semakin parah. Kalau aku sendiri sih jujur aja berpikir ulang untuk naik bus di jakarta. Alasannya sederhana, jarang ada bus yang kece. Namun tanggapan itu sirna begitu melihat Tranjabodetabek Premium Eksekutif dan Permium Bus.

IMG-20180319-WA0004

Jadwal keberangkatan Bus Premium

Bus yang beroperasi dari Bekasi ke Jakarta ini akan mulai beroperasi bulan ini yah. Bus ini menjawab pertanyaan kita kapan sih ada bus cakep di Jakarta ini. Harganya murah loh untuk Bus Premium Eksekutif seharga Rp.20000 dan Sekarang sedang diskon 50% menjadi Rp10000. Sementara itu untuk bus premium biasa cukup membayar Rp. 3000 saja.

Tampilan Bus Premium Eksekutif

IMG_20180318_151457_HDR

Tampilan Bus Eksekutif

IMG_20180318_154403_HDR

Ada Colokan USB di setiap bangku buat ngecas, Cyinn

IMG-20180320-WA0020

Busnya nyaman banget, banget, banget. Ada CCTV juga biar aman dan enggak mungkin kecopatan. Ingat yah bulan ini ada promo cuma Rp.10000

Nah buat kamu yang kantong pas-pasan macam aku, aku anjurkan untuk menaiki bis premium biasa ini. Warnanya lucuu biru langit.

Tampilan Bus Premium

IMG_20180318_152626_HDR

Berasa di Catwalk

IMG_20180318_152758_HDR

Ada colokannya juga

IMG-20180320-WA0021

(Kalau mau kepo modelnya ke blognya aja di sini)

Keuntungan jika kamu naik Bus Transjabodetabek ini

  1. Kamu enggak bakalan terlambat, karena pemerintah telah menyediakan jalur khusus bus di tol
  2. Kamu membantu negara tercinta ini berhemat. Daripada mengahbiskan puluhan triliun untuk kemacetan, mending dananya dipakai untuk bantuan kesehatan atau pendidikan kan?
  3. Ada colokan di dalam bus, jadi enggak bakalan mati deh HPmu
  4. Ada Wifi juga, lumayan buat nonton youtube di Bus haha
  5. Semua akan dapat tempat duduk, karena kamu enggak akan berdiri
  6. Bisa selfie pamer naik bus keren di sosial media

BTW, BPTJ & Kamadig juga mengadakan lomba selfie loh di instagaram. Caranya cukup upload foto selfie kamu di dalam atau di luar bus transjabodetabatek seperti ini

IMG_20180318_154444

Dan penuhi syarat berikut

  1. Follow @kamadig_nusantara dan @bptjkemenhub
  2. upload fokomu selfie di Bus Trans Jabodetabek!
  3. Tag 5 orang temani
  4. Sertakan hastag #ayoknaikbus #naikbusitukeren  #transjabodetabek
  1. Ada Emoney 200000 menantimu..

Lengkapnya baca di sini yah

IMG-20180318-WA0024

Yuk naik bus dan katakan tidak pada macet

 

 

 

Only registered users can comment.

  1. Ih bener banget, kemacetan itu bisa bikin depresi, dan transportasi umum yang nggak nyaman sering bikin malas orang naik, untung udah dipikirkan ya solusinya dengan menyediakan bus yang nyaman dan bisa mengurangi kemacetan

  2. Whuaa keren banget bis nya uda kaya yg di luar2 negeri gitu. Semoga fasilitas ini terawat baik gak di rusakin oknum-oknum. Harus di manfaatkan momen promo harga nih. Murah cyin

  3. Usaha dari kementrian Perhubungan yang patut diapresiasi, ya. Semoga dapat mengurangi macet di Jakarta. Dan masyarakat makin sadar untuk menggunakan transportasi bus ini demi kepentingan bersama.

    Foto busnya dari luar dong, Kakak :)))

  4. Memang diakui dengan naik bus kemacetan yang terjadi bisa sedikit berkurang, atau malah kalau hampir seluruh masyakat menggunakan fasilitas ini bukan tidak mungkin kemacetan akan hilang

  5. Kemacetan emang bikin rugi 🙁
    Dua jam waktu, total mungkin hampir 4 jam kalau pengen ke Jkt naik KRL, duh.
    Tapi mungkin pas di jalan itu bisa ngetik di hp atau membaca kali ya, meski susah krn nseringnya berdiri hehe.
    Keren banget lha kalau ada alternatif tansportasi lain, moga mengurai kemacetan.
    meski masih berpikir baiknya yg dipersulit tu pembelian kendaraan pribadi 😀

  6. Aku kalo busnya nyaman ya mau banget buat naik. Model trans kan mau jalan ke mana aja harga segitu. Kalau di desa blm bs. Msh lumayan kalau naik kendaraan umum

  7. Naik bus memang solusi untuk mengurangi kemacetan ya mbak. Dan sekarang juga bus udah nyaman kok, kursinya udah beneran bikin mager hehehehe. Udah bersih dan wangi pula.

  8. Gila, macet ternyata bikin rugi besar yaa.
    Ini sih masalah kesadaran pribadi masing2,hrus sadar bhwa semakin bnyak kendaraan y pasti semakin macet, yuukk gunakan alat transportasi umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *