Artikel

79 Tahun Sinar Mas Membangun Bangsa menuju Indonesia Emas 2045

SInar Mas
                                  

Tahun ini, Sinar Mas berusia 79 tahun. Apa yang kalian pikirkan ketika mendengarkan kata Sinar Mas? Kalau saya sih pasti akan kepikiran akan asuransi dan bank. Namun ternyata kiprah Sinar Mas ini bukan hanya di layanan keuangan saja loh ada lima pilar bisnis lain yaitu Pulp dan Kertas, Agribisnis dan Pangan, Pengembang dan Realestat, Telekomunikasi, serta Energi dan Infrastruktur.  Lewat pilar bisnis di atas, Sinar Mas tidak hanya memperkerjakan anak bangsa, tetapi juga ingin fokus memperdayakan masyarakat dan memajukan bangsa dalam bidang pertanian, ekonomi, dan kesejatrahan sosial. Berikut aku jelaskan satu persatu 6 pilar bisnis Sinar Mas itu.

1. Pulp dan Kertas

app2b

Sinar Mas bergerak di sektor Pulp dan kerstas melalui Asia Pulp and Paper (APP) APP bermula dari  PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia di Mojokerto, Jawa Timur, pada tahun 1972, lalu  berkembang menjadi industri berkapasitas produksi hingga 12 juta ton per tahun (tidak menyebut lagi produk yang dihasilkan), yang menjangkau 120 negara di 6 benua, dengan mengandalkan keberadaan sebanyak lebih dari 70 ribu orang karyawan.

2. Agribisnis dan Pangan

smart2b

Sinar Mas bergerak di sektor agribisnis dan pangan melalui Golden Agri-Resources Ltd (GAR). GAR termasuk pengelola perkebunan kelapa sawit terintegrasi terbesar di dunia. GAR menghasilkan minyak sawit berkelanjutan kami lakukan melalui praktik industri perkebunan terbaik yang secara berbarengan membangun sisi ekonomi, kesejahteraan sosial masyarakat dan juga kelestarian lingkungan.

3.  Pengembangan dan Realestat

sinarmasland1b

Sinar Mas bergerak di sektor Pengembangan dan Realestar melalui Sinar Mas Land. Sinar Mas Land adalah satu pengembangan properti terbesar di Indonesia yang menyediakan beragam produk mulai dari kota mandiri, perumahan, kawasan komersial dan industri, hotel hingga resor wisata, yang tersebar tidak saja di Indonesia, tapi juga di Asia hingga Eropa.

4. Layanan Keuangan

finance1B

Sinar Mas bergerak di sektor layanan keuangan melalui PT Sinar Mas Multiartha Tbk (SMMA) menyediakan berbagai layanan keuangan bagi nasabah korporasi – termasuk pula usaha mikro, kecil dan menengah – maupun perorangan melalui sejumlah anak perusahaan yang dinaunginya.

5. Telekomunikasi

telecomunication1b

Sinar Mas bergerak di sektor telekomunikasi dan teknologi melalui PT Smartfren Telecom Tbk dengan mengandalkan teknologi 4G LTE Advanced pertama di Indonesia, yakni sebuah teknologi jaringan nirkabel tidak membedakan jaringan GSM ataupun CDMA, dengan menggabungkan dua atau lebih saluran radio (spektrum) untuk mendapatkan kecepatan yang lebih baik.

6. Energi dan intrastuktur

energy3B

Sinar Mas bergerak di sektor energi dan intrastuktur melalui PT Dian Swastatika Sentosa Tbk dan sejumlah perusahaan di bawah naungannya. Diawali dengan memasok kebutuhan energi bagi fasilitas produksi pilar bisnis pulp dan kertas di lingkup Sinar Mas, kini perseroan memperluas jangkauan layanan dengan memasok pula kebutuhan listrik bagi masyarakat.

Tahun ini merupakan 79 tahun Sinar Mas #SM79 Dari setiap pilar bisnis yang ada, tergambarkan fokus Sinar Mas adalah pengelolaan komoditas serta layanan yang menjadi kebutuhan utama masyarakat, yang sekaligus mampu mendorong kesejahteraan dan perekonomian bangsa.

Kiprah Sinar Mas Membangun bangsa Menuju usia emas Indonesia

etf

Dua puluh delapan tahun lagi, tahun 2045, Indonesia akan berusia 100 tahun. Di tahun emas itu, harapannya Indonesia lebih maju dan tentu saja lebih makmur. Untuk mencapai semuanya itu, bukan hanya tugas pemerintah tetapi seluruh rakyat Indonesia. Salah satunya adalah dengan memperdayakan orang muda dan memajukan pendidikan. Anak muda Indonesia diharapkan mampu membangun dan memajukan Indonesia. Salah satu yang ingin membangun Indonesia bersama anak muda bangsa adalah Sinar Mas.

Sinar Mas lahir pada tahun 1939 dan terus berkembang hingga sekarang. Tahun ini Sinar Mas berusia 79 tahun. Sebuah usia yang telah matang dan dewasa. Selain 6 pilar bisnis di atas, Sinar Mas juga merambah ke bidang pendidikan bagi generasi muda. Sinar Mas menyadari bahwa pendidikan merupakan hal penting sehingga salah satu komitmen dari Sinar Mas adalah memajukan pendidikan Indonesia. Hal tersebut selaras dengan Visi dari pemerintah menuju Indonesia emas yaitu memajukan pendidikan.  Sektor Sinar Mas yang bergerak dalam bidang pendidikan melalui Yayasan Dharma Eka Tjipta Widjaja. Yayasan ini merupakan yayasan Nirlaba yang memberikan beasiswa dan pelatihan pendidikan bagi anak bangsa yang tidak mampu maupun yang berprestasi dan  dan ingin melanjutkan kuliah di dalam maupun di luar negeri. Bukan hanya beasiswa, ada pelatihan menulis juga loh. Nah berikut aku berikan program yang dilakukan oleh yasasan ini yah

  1. Tjipta Sarjana Bangun Desa (TSBD) adalah program beasiswa yang ditujukan bagi mahasiswa/i Strata 1 (S1) dengan keterbatasan keuangan namun memiliki prestasi akademis yang baik.
  2. Tjipta Pemuda Bangun Bangsa (TPBB) adalah program beasiswa Strata 1 (S1) bagi lulusan SMA/sederajat berprestasi untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi luar negeri.
  3. Kursus Narasi pelatihan bagi mereka yang ingin memiliki kemampuan untuk menulis dengan baik melalui Kursus Narasi.
  4. Pelatihan Mediasi untuk memperkenalkan mediasi sebagai salah satu solusi bagi penyelesaian sengketa dengan menghadirkan instruktur dan pengajar yang berpengalaman dan kompeten.
  5. Balai latihan kerja, program pendidikan luar sekolah untuk memberikan ketrampilan

Kelima program Yaysan Dharma Eka Tjipra Widjaja ini bisa kalian lihat dengan jelas di sini, yah.

Oh iya ada berita gembira juga buat kamu yang ingin mengenal langsung dengan SInar MAs. SInar Mas akan membuka Booth di Trade Expo Indonesia 2017 yang akan dilakukan pada tanggal 11-15 Oktober 2017 di BSD CITY Banten. FYI, tempat pelaksanaan Trade Expo tahun ini adalah salah satu dari Pilar Bisnis SInar Mas, Loh. Jangan lupada datang yah

carr01

Untuk mengetahui lebih jelas tentang Sinar Mas yuk lihat juga media sosialnya

FB Page = SinarMasID
Twitter = sinar_masid
Instagram = sinar_masid

NB: SEMUA FOTO DI AMBIL DARI LAMAN PAGE SINAR MAS

36 thoughts on “79 Tahun Sinar Mas Membangun Bangsa menuju Indonesia Emas 2045

  1. Sudah lama kenal dengan Sinar Mas bahkan menggunakan beberapa produknya seperti Pristine dan Smartfren. Selalu suka dengan inovasi yang ditawarkan. Semoga selalu ramah kepada pelanggan ya ^^

    Btw, thanks infonya kak. Jadi pengen main ke eventnya 🙂

  2. Happy birthday to Sinar Mas. Aku sudah tahu lama kl Sinar Mas juga bergerak di Pulp dan kertas plus telekomunikasi selain bidang keuangan. Tapi baru tahu nih ada bidang2 lain yg digeluti oleh Sinar Mas. Semoga sukses terus kedepannya dan memberi manfaat bagi masyarakat ya ^_^

  3. Kalo gak salah BII juga grup Sinar Mas ya.

    Di Balikpapan perumahan yang dikelola Sinar Mas Land yakni ‘Balikpapan Baru’, merupakan kompleks perumahan pionir dan sukses mencuri hati warga Balikpapan.

  4. Selamat ulang tahun sinar mas.. Dulu suami saya juga pernah jd keluarga besar sinar mas, tapi di perusahaan tambang. Mungkin itu termasuk sektor energi ya.. Semoga jaya selalu dan makin luas sektornya

  5. Dulu ku kira sinarmas makanan.. Eh slah ya.. Ada 5 pilar bisnis sinarmas

    Tapi yang menarik dari sinarmas menurut aku ada 3 yaitu
    1. Sinarmas land
    2. Sinarmas financd
    3 sama smartfren

    Maafkan daku jika ada tulisan yg salah

  6. suer deh, baru tahu kalau cabang Sinar Mas sebanyak itu, kalau dengar Sinar Mas pasti langsung ingat bank dan asuransi. Sumbangsih untuk bangsa juga banyak ternyata

  7. Banyak bentuknya ya, selama ini hanya tahu smartfren sama buku. Keren nggak hanya permainan modal, tapi turut berkontribusi pada bangsa. Salut, semoga semakin jaya dan bersinar.

  8. Saya baru tahu ternyata smartfren itu termasuk produknya sinar mas, pantas saja di setiap gadget smartfren andromax selalu ada aplikasi sinar mas..

    Awalnya saya pikir itu hanya sebatas aplikasi efek kerja sama antara smartfren dan sinar mas, eh ternyata smartfren itu salah satu produk sinar mas ^^

  9. Ternyata dalam kehidupan kita sehari-hari, tak lepas dari penggunaan produk Sinarmas ya. Mulai dari minyak goreng, tisu, modem, kertas, bahkan sampai ke properti juga. Tak hanya itu program sosialnya juga bagus-bagus.

  10. Sudah banyak kontribusi yang diberikan SInar Mas untuk membangun bangsa, salah satunya adalah dengan DPMA yang ada dikalimantan Barat. memberdayakan masy des untuk sadar akan kebakaran hutan sehingga ngga membakar untuk membuka lahan. keren!

  11. Aku baru ngeg, ternyata ada anak usaha sinar mas yang pernah begitu dekat denganku. Smartfren. Uuuwww. Menemani hari-hariku. Begadang bareng udah kayak pengantin baru. Semoga sinar mas tetap jaya selalu dan semakin membantu kehidupan kita. Aamiin.

  12. Produk sinar mas banyak banget ternyata dan gak cuma di satu bisnis lagi. Kalau di aku, Yg paling hits ya Sinar Dunia, SIDU. Pas sekolah suka banget sama bukunya, halus dan enak dibuat nulis. Jadi fanatik deh, gak mau buku lain selain sidu

  13. Produknya macam2 yaaaaa.
    Btw zaman SD dulu sepertinya ada buku tulis/ buku gambar merk Sinar Dunia, apakah itu ya merk dagang produk kertasnya?

    Program2nya keren2 eui.

    Hd penasaran pengen ke pamerannya, bsok terakhir ya…. TFS

  14. 79 tahun membangun bisnis di Indonesia pastinya bukan lah hal yang mudah ya. Sinar Mas juga ada di berbagai sektor. Semoga produknya terus bermanfaat untuk masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *