Artikel, Traveling

5 Hal yang Bisa Kau Lakukan Saat Merasa Tersesat dalam Hidup

images

Pernahkah kau merasa tersesat dalam hidup? Kau tiba-tiba mendapati dirimu berada di sebuah jalan buntu dan tak tahu lagi harus bagaimana dengan kehidupanmu. Kau mulai mempertanyakan pekerjaanmu, hubungan cintamu, peranmu sebagai anak atau orangtua. Pokoknya merasa tersesat dalam kehidupanmu. Tenang saja kau tidak sendirian.

Feeling lost doesn’t mean your life is doomed and that you will never find your self again

Tersesat bukan berarti hidupmu berakhir  dan kau takkan menemukan dirimu lagi.  Semua orang dalam siklus hidupnya pernah merasa tersesat dalam hidupnya. Hal ini merupakan hal wajar karena sebagai manusia kita mengalami perkembangan tidak hanya fisik, tapi juga mental. Rasa tersesat tersebut terjadi ketika mentalmu akan berkembang. Hal tersebut berarti kau sedang mengalami masa inkubasi dan transformasi. Namun demikian tak jarang yang merasa tersesat dalam hidup mereka mengalami depresi. Hal ini karena mereka terlalu focus pada kondisi saat itu sehingga mereka menjadi rumination, sebuah istilah psikologi yang berarti banyak berpikir. Yaps, too much thinking will kill you. Kuncinya adalah jangan stuck di masa kau tersesat itu dan cari aktifitas yang menguatkan sehingga kau kembali menciptakan kehidupan yang kau cintai.

Berikut adalah 5 hal yang bisa kamu coba saat kau feeling lost dalam hidup untuk mengingatkanmu bahwa kau memiliki kekuatan untuk menciptakan hidup yang bermakna untukmu.

1. Ingatlah apa yang kau sukai dan lakukan.

Apakah kau ingat terkahir kali kau bersenang-senang dalam hidupmu? Apakah kau ingat ketika segala sesuatu di sekitarmu berjalan mudah dan menyenangkan? Kau pasti memikirkan masa-masa ketika kau kecil, kau begitu ceria tak pernah memikirkan hal berat dalam hidup. Itu semua adalah masa dimana kau begitu terpikat pada hidup. Segala sesuatu di sekitarmu menarik untuk dinikmati. Ketika kita bertambah dewasa, kita merasa hidup tak lagi luar biasa karena kita terbebani dengan tanggung jawab pada hal-hal dalam hidup. Kita malas menikmati matahari pagi karena memikirkan deadline kerjaan. Malas menyukuri gajian karena ingat tagihan yang  banyak, dan sebagainya. Saatnya melakukan sesuatu yang kau sukai. Jika kau senang membaca, luangkan waktu membaca. Tidak ada alasan tak ada waktu, uang, yang jaga anak, dan sebagainya. Buatlah komitmen untuk melakukan apa yang kau sukai dan saksikan sendiri hidupmu berubah tanpa kau sadari.

2. Pergilah bertualang

Pergilah ke suatu tempat sendirian atau beramai-ramai.. Bertualang di sini bukan hanya backpacker  ke luar negeri atau ke luar kota. Tidak. Mengendarai mobil/motor dari depok ke bekasi juga termasuk petualangan. Atau naik kereta dari stasiun bogor sampai satsiun jatinegara sendirian juga bertualang. Hal tersebut akan memberikanmu waktu agar kembali terhubung dengan dirimu. Kau akan jauh dari hal-hal memusingkan yang terjadi di kehidupanmu dan mengalami dunia baru. Setelah bertualangan, kau akan kembali dengan kepala lebih fresh dan memandang dunia berbeda.

3.. Terhubung kembali dengan mimpimu dan bermimpilah besar.

“Kalau seseorang belum tertawa mendengar impianmu, impianmu belum begitu besar”

Apa imipianmu sebelum kau merasa tersesat dalam hidupmu yang sibuk? Tulislah impianmu dalam jurnal mimpi dan mulai mewujudkannya..Apa yang ingin kau capai, apa yang menjadi keinginan terbesarmu. Ketika kau kembali terhubung dengan mimpimu, kau akan memiliki inspirasi dan keyakinan untuk mulai melakukan sesuatu untuk mewujudkan. Seketika kau menemukan kembali dirimu.

4. Jangan focus pada suara berisik dalam kepalamu, perhatikan lingkungan sekitar.

Setiap hari selalu ada tanda, pesan dan petunjuk yang akan mengispirasimu untuk melakukan sesuatu. Namun kau akan menyadarinya jika kau terbuka. Jika pikiranmu disibukkan dengan pikiran berlebihan, kau akan sulit untuk menyadari tanda-tanda di sekitarmu. Perhatikan sekitarmu dengan seksama jangan hanya sibuk dengan pikiranmu sendiri. Perahtikan jalan yang kau lalu, dengarkan lagu di radio, dan orang-orang yang kau temui di jalan. Ada banyak tanda-tanda di sekitarmu. Jadi jika pikiranmu mulai penat dengan pikiran-pikiran berlebihan, mulailah focus pada hal sebelumnya.

5. Curhat

Ada banya orang di dunia yang senang membantu dan mendengarkan orang-orang yang tersesat dalam hidup. Temukan orang yang kau percaya dan berceritalah. Kadang kala dengan bercerita dengan orang lain kau akan menemukan jawaban. Kamu juga bisa berselancar di internet membaca artikel-artikel yang bisa membantu.

Demikianlah lima hal yang bisa kau lakukan saaat kau tersesat dalam hidupmu. Ingatlah untuk tidak stuck pada saat itu. Yakinlah bahwa kau akan menemukan dirimu kembali.

59 thoughts on “5 Hal yang Bisa Kau Lakukan Saat Merasa Tersesat dalam Hidup

  1. Terimakasih tipsnya kak ajen. Aku sering mengalaminya. Kadang cari cari buku buat dibaca, tapi kadang belum sampai selesai udah males. Ya begitulah.
    Poin kelima, memang, dan beruntung ya kalau kita ada sahabat :’)

  2. Setuju sekali dengan ungkapan : untuk menciptakan hidup yang bermakna, dapat diperoleh dengan cara terhubung kembali dengan mimpi dan memiliki mimpi yang besar. Karena dengan impian, hidup kita akan lebih termotivasi.

  3. Makasih atas tipsnya mbak jen, di umur 23-25an ini emang rawan banget tersesat dalam hidup, apalagi bagi yang belum memiliki pekerjaan tetap, mau tak mau hari ke hari semakin banyak pikiran…

    Dan soal curhat, entah kenapa bagi saya, jauh lebih mudah mencurahkannya dalam tulisan dibanding kepada mereka yang mengaku kawan itu, ya mau gimana lagi, curhat kan biasanya berisi rahasia pribadi, tapi apa jadinya jika rahasia yang diamanatkan kepada mereka justru malah disebarluaskan kepada yang lainnya, ember banget..

    inilah alasan kenapa aku lebih suka melungsurkan segalanya kepada tulisan lewat sudut pandang lain, sudut pandang ketiga dalam sebuah cerita, dsb

  4. Dari depok ke bekasi kejauhan ya capek,pegel, auusss 😂😂😂
    Aku juga nulis mimpi alias wishlist aku dong di selembar kertas yang selanjutnya di tempel pada tempat yang biasa kita lalui atau kita lihat.
    Ada 25 item, 5 diantara nya sudah terwujud dan lebih berasa “kerja” atas pencapaian tersebut. Intinya, kita seakan diajak untuk tetap fokus dan berusaha keras untuk mewujudkannya hehe

  5. “Rasa tersesat tersebut terjadi ketika mentalmu akan berkembang. Hal tersebut berarti kau sedang mengalami masa inkubasi dan transformasi”

    Wah, jadi ini hal wajar yg dialami setiap orang ya kak? 2 tahun ini aku lagi masuk fase ini kayaknya, dan emang biar nggak depresi aku juga selalu melakukan hsl-hal yg Kak Ajen tulis dan Puji Tuhsn manjur, walaupun terkadang feeling lost-nya itu sering kambuh-kambuhan. Syukur deh kalo hal kayak gitu wajar… Hihihi…

  6. Aku pernah mengalami itu kak Ajen. Saat jetleg setelah biasanya sibuk dg jadi mbak2 kantoran yang sering lembur sampai pagi kemudian mendadak harus pindah kota, berubah status dan di rumah aja. Bikin senewen bgt.
    Makasih banyak ya tips nya 🙂

  7. Bertualang kayaknya yang cocok deh buat aku….. nggak tau kenapa? Kalo waktu bertualang itu kayak de javu gituu,,, jadi mimpi2 dimasa lalu ke konek lagi secara otomatisss…. jadi pulang dari berpetualang udah apa yang bakal di kerjainn

  8. Mengendarai mobil/motor dari depok ke bekasi juga termasuk petualangan.

    Yes. Ke Bekasi adalah sesungguhnya petualangan.

    Untuk gue pribadi, tambahan yang lain selain yang disebutkan di atas adalah : tidur. Cara paling efektif untuk meredakan dan melupakan, walau sesaaat, semua masalah.

  9. “jangan fokus pada suara berisik” ini susah aku hindarin. Pasti jadi penambah beban. Tapi kalo yg laen emang harus dilakukan sih. Biar pikiran makin tenang dan bahkan bisa melupakan masalah (sejenak)

  10. kalau aku feeling lost ini bilangnya lagi dapet perasaan hampa, mungkin karena suasana hati yang emang gak enak jadi di tempat yang lagi rame pun berasanya sepi huhu, makasih banget kak ajen buat tipsnya 🙂

  11. Aku sering tersesat dalam angan nih, Kak Ajen. Seringnya aku buat mind map lagi corat coret di atas kertas sampai dapat ide(ntitas) mimpiku.
    Merapikan jalan menuju mimpi yang sempat tersendat 😀

  12. Point ke 4 penting banget. Istilahnya, kalau sudah niat, pasti bisa. Kita bisa curhat ke teman, dapat insight, namun memang penting ngambil keputusan untuk menyingkirkan hal ngga penting dari fokus.

  13. kalau lagi tersesat paling nggak bisa curhat gitu, pengensih tp gatau knp susah buat ngejelasin apa yg sdg kita rasain, jadi sy lebih sering traveling stlh itu fokus kembali utk apa yg saya cita2kan. hehehe

  14. Temukan orang yang bisa dipercaya dan berceritalah.

    I need this view.
    Memang butuh seseorang yang bisa dipercaya & percaya akan mimpi mimpi kita akan jadi kenyataan.

    Tapi ini tak mudah, namun ini tak ada yg tak mungkin.

    Selagi masih bisa bernapas, kaki masih bisa berjalan dg tegap & jantung masih berdetak dg kencang.

    Semangat menggapai mimpi !

    Thanks ka Ajen.

    Best,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *