Artikel, Health

5 Alasan Mengapa Lari adalah Olahraga yang Tepat Untukmu

quotefancy-20776-3840x2160

Kamu mungkin pernah mendengar bahwah olahraga adalah obat. Perkataan tersebut merupakan kenyataan yang telah dibuktikan oleh para ilmuwan. Beberapa penelitian membuktikan bahwa olahraga teratur (150 menit per minggu atau 30 menit per hari), memberi banyak manfaat untuk tubuh kita. Salah satu olahraga yang mudah dan memberi bermanfaat itu adalah lari.  Penellitian membuktikan dengan lari secara teratur setiap hari (30-45 menit) dapat mencegah penyakit diabetes, obesitas, jantung, hipertensi, strok dan beberapa penyakit lain. Peneliti juga menemukan bahwa lari secara teratur juga meningkatkan kesehatan emosi dan mental, dan bahkan membantumu umur panjang. Berikut adalah lima alasan mengapa lari adalah olahraga yang tepat untukmu.

1. Lari membuatmu lebih bahagia

Jika kau berolahraga secara teratur, kau telah mengetahui hal ini. Tak peduli seberapa baik atau buruk perasaanmu pada pekerjaan/ aktivitas seharianmu, olahraga membuat moodmu lebih baik. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada Medicine and Science in Sport and Exercise, mengungkapkan bahkan 30 menit olahraga jalan di treadmill sehari, setelah tiga minggu akan meningkatkan kualitas tidur, mood, dan konsentrasi di siang hari. Rutin berlari membuat seseorang terhindar dari depresi. Jika kau mulai merasa kepala dan pikiranmu penat akan masalah, cobalah untuk berlari. Kau akan menemukan kondisi mentalmu lebih baik kelak

2. Lari membuat tubuh kita Fit

Dengan olahraga, kita membakar kalori sehingga tidak terjadi penumpukan lemak. Bonusnya adalah, ketika kau berolahraga, pembakaran kalori terus berlanjut, meski kau telah berhenti olahraga, hal ini dinamakan afterburn. Penelitian menunjukan lari teratur 30 menit dalam sehari akan meningkatkan afterburn. Hal ini berarti walau kau tak berolahraga, pembakaran kalori terus terjadi. Inilah yang membuat seseorang jadi lebih fit. Nah tunggu apa lagi, ayo siapkan sepatu larimu.

3. Lari merupakan olahraga yang hemat

Banyak orang yang memutuskan tidak berolahraga karena mahal. Hal tersebut karena untuk berolahraga seseorang merasa tempat fitness adalah tempat olahraga yang paling baik. Menjadi member tempat fitness, tak jarang seseorang harus merogoh gocek dalam-dalam. Kabar gembira buat kita, lari merupakan olahraga murah. Kamu tak perlu mendaftar ke tempat fitness, cukup menguatkan tekad. Uang dibutuhkan jika kau ingin membeli sepatu lari yang baik. Nah saran aku belilah sepatu yang bermerek, seperti sepatu nike yang membuat kakimu nyaman untuk berlari.

4. Dapat hidup tiga tahun lebih lama

Olahraga lari dipercaya dapat memperpanjang hidup. Hal ini berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh American College of Cardiology dari 55.000 orang ternyata kelompok yang melakukan olahraga secara teratur dapat memiliki rata-rata hidup tiga tahun lebih lama. Dengan minimal lima menit sehari berolahraga maka Anda memiliki peluang untuk hidup yang lebih panjang.

5. Lari membuat kepercayaan dirimu meningkat

Ketika kau mulai berlari, kepercayaan dirimu mulai meningkat. Kau mulai merasa hidup dan kesehatanmu lebih terkontrol. Kaubahkan mulai berpikir kau terlihat keren menggunakan pakaian larimu.

Kalau kamu merasa olahraga adalah mahal, lari bisa menjadi salah satu alternative buatmu. Beberapa waktu lalu aku mengalami depresi sedang yang cukup mengganggu, karena telalu banyak berpikir. Salah satu hal yang disarankan oleh berbagai artikel di internet untuk mengurangi depresi adalah dengan berlari. Aku mulai berlari sejak seminggu lalu. 3 kali seminggu, satu jam setiap kali. Hasilnya lumayan. Badanku fit. Nggak ada keluhan nyeri bahu. BAB lancar. Dan yang paling penting, pikiranku mulau sehat. Dengan lari aku mulai menyadari banyak hal baik di dunia ini, jadi mengapa menghabiskan waktu terlaly banyak berpikir. Jadi aku rekomendasikan buat kamu yang membaca blog ini untuk berlari. Nggak perlu jauh-jauh, keliling kompleks rumah saja. Aku jamin kamu akan senang dengan hasilnya. Jadi, siapkan sepatu larimu.

4 thoughts on “5 Alasan Mengapa Lari adalah Olahraga yang Tepat Untukmu

  1. Ajen, saya kalo lari sering, apalagi kalo inget jemuran belom keangkat sementara saya masih nongki di warung bakso. Pasti lari saya kenceng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *