Artikel

4 Tumbuhan Pertanian Indonesia yang Terkenal di Seluruh Dunia

Sejak jaman dahulu, Indonesia terkenal dengan berbagai tanaman dan rempah-rempah. Hal inilah kemudian yang menjadi pemicu Belanda menjajah Indonesia. Kamu tentu ingat syair lagu Koes Plus.

“Orang bilang tanah kita, tanah surga. Tongkat batu dan kayu jadi tanaman.”

Yaps Indonesia terkenal dengan tanahnya yang subur. Apalagi kalau kamu ke desa-desa. Mata kamu akan puas memandang pohon-pohon hijau, sawah-sawah yang menguning, dan tanaman lainnya. Indonesia pun menjadi salah satu negara agraris yang terkenal dengan hasil-hasil bumi di dunia. Sebagai negara agraris, sektor pertanian Indonesia tidak dapat dipungkiri sebagai salah satu sektor yang diandalkan negara. Pada tahun 2015 saja, Realisasi investasi di sektor pertanian sepanjang Januari-September 2015 mencapai Rp 27,82 triliun, atau tumbuh 8% dibandingkan periode sama 2014 yang sebesar Rp 25,71 triliun. Hebat banget kan sektor investasi pertanian mencapai 25,71 triliun.

Investasi yang mencapai triliunan itu dipicu oleh banyakannya komoditas pertanian Indonesia yang mendunia. Apa saya komoditas itu? Berikut lima tumbuhan pertanian yang terkenal di  seluruh Dunia.

  1. Kopi

kopi-luwak-cluwak5

Kopi merupakan sebuah komoditas tingkat dunia yang dianggap penting. Berdasarkan data International Coffee Organization (ICO), tiga besar eksportir kopi dunia adalah Brazil, Vietnam dan Indonesia. Sedangkan untuk pengimpor terbesar adalah Amerika Serikat, Jerman dan Jepang. Salah satu kopi yang sangat mahal di dunia adalah kopi Luwak yang berasal dari Indonesia. Kopi ini istimewa karena memiliki citarasa yang sangat enak. Kopi ini dnamakan luwak karena biji kopi dimakan seekor luwak, hewan seperti bajing, biji kopi itu kemudian keluar bersama kotoran luwak. Hemm bagaimana mungkin kotoran luwak ini terasa enak? Entahlah yang jelas penggemar kopi diseluruh dunia berani bayar mahal untuk kopi ini. Dan kopi luwak hanya ada di Indonesia loh. Kopi yang terkenal lainnya adalah kopi Flores. Nah kalau ini setiap hari aku minum. Menurut aku rasanya enak dan bisa dibilang memiliki cafein yang tinggi.

  1. Kakao

kakao

Indonesia merupakan pengekspor Kako ketiga terbesar di dunia. Kakao Indonesia dinilai memiliki cita rasa khas dan lebih enak. Kakao merupakan bahan dasar pembuatan cokelat. Tahun 2015 kemarin, import kakao mencapai 600.000 ton. Eropa dan Amrika adalah tujuan ekpost kakao di Indonesia. Nenek ku punya dua pohon kakao yang memilik buah lumayan. Aku punya kebiasaan mengunyah biji kakao dan kemudian menjemurnya. Nenekku biasanya mencapurkan biji kakao ke dalam kopi sebelum kemudian digiling. Rasanya jadi tambah lebih enak.

  1. Kelapa Sawit

index

Kelapa sawit (Elais) termasuk golongan tumbuhan palma. Sawit menjadi popular setelah Revolusi Industri pada akhir abad ke-19 yang menyebabkan permintaan minyak nabati untuk bahan pangan dan industri sabun menjadi tinggi. 30,7 juta ton pada tahun 2015Indonesia merupakan negera kedua pengekspor kelapa sawit di dunia. Kelapa sawit ini biasanya digunakan untuk pembuatan minyak goreng, sabun dan juga bahan bakar Dissel. Perkebunan kelapa sawit paling banyak terdapat di Kalimantan.

  1. Karet

ekspor-karet-dan-garmen-ke-as-tertekan

Indonesia merupakan pengekport karet terbesar ke dunia setelah Thailand. Jadi jangan hera kalau orang Indonesia suka ngaret *eh. Karet dapat berproduksi sepanjang tahun di Indonesia dan hampir semua daerah di Indonesia cocok untuk ditanami karet. Menurut data International Rubber Study Group (2012) konsumsi karet alam dunia terus mengalami peningkatan disebabkan oleh semakin berkembangnya industri bahan baku karet alam khususnya industri ban di negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Jepang dan Jerman. Karet digunakan di berbagai indutri dari pakaian sampai otomatif. Jadi tak heran jika permintaan karet sangatlah banyak.

Itulah tiga komodities pertanian Indonesia yang terkenal di seluruh Indonesia Masih banyak lagi loh yang lainnya. Namun ketiga ini merupakan salah satu ciri khas Indonesia. Sebagai orang Indonesia kita patut bersyukur karea dianugerahi tanah yang subur. Salah satu hal yang bisa kamu syukuri hari ini.

 

3 thoughts on “4 Tumbuhan Pertanian Indonesia yang Terkenal di Seluruh Dunia

  1. Kalo gak salah tanaman kopi awalnya dibawa oleh kaum penjajah, tapi sekarang Indonesia jadi salah satu penghasil kopi terbanyak du dunia, mantap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *