Artikel, Property

4 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Sewa Rumah

rumah-minimalist

Bagi para pekerja kantoran dengan jadwal padat dan juga butuh waktu yang cepat untuk sampai ke kantor, sewa rumah minimalis saat ini menjadi pilihan utama karena banyak faktor. Salah satu yang terpenting adalah akses jalan yang mudah membuat peminatnya begitu tinggi dari pegawai kantor. Dengan begitu banyaknya peminat, membuat pihak rumah berlomba lomba menarik pengunjung dengan berbagai promosi yang menggiurkan. Tapi hal itu tidak boleh begitu diambil, pastikan beberapa hal dibawah ini sebelum menyewa.

  1. Pastikan dana yang dimiliki dapat memenuhi biaya

Dengan begitu banyaknya penawaran dengan cara promosi yang pastinya akan membuat peminat tergoda, namun ada baiknya untuk memastikan terlebih dahulu bagaimana kondisi keuangan anda. Pastikan gaji anda perbulan masih cukup dan dapat disisakan ketika membayar uang sewa bulanan.

Hitung dengan teliti rincian biaya yang harus dibayarkan sebelum memilih rumah itu, salah satunya adalah seperti uang jaminan yang biasanya harus ada di awal untuk memastikan kesungguhan penyewa.

  1. Buatlah daftar prioritas sebelum sewa rumah

Pastikan untuk menentukan rumah bukan hanya karena tampilan yang terlihat menjanjikan, namun pastikan rumah yang diinginkan bisa memudahkan keseharian dalam berkerja. Cari tahu jarak yang harus ditempuh untuk sampai ke kantor, kemudian seberapa jauh dengan sekolah anak, dan juga beberapa fasilitas umum lainnya.

  1. Periksa ruangan rumah dengan teliti

Hal ini sangat penting agar anda tidak tertipu promosi yang terlihat begitu menggoda. Pastikan untuk memeriksa dengan baik dari hal yang terlihat tidak penting seperti besar pintu masuk. Meskipun nampak sepele ini penting agar anda dapat membawa beberapa benda cukup besar yang mungkin anda bawa. Cek juga hal hal lainnya dan jika perlu buat dokumentasi sehingga memudahkan pertimbangan anda.

  1. Jika sudah ditentunkan, pastikan membuat perjanjian sewa

Ini adalah faktor sangat penting, sehingga dapat mengetahui kewajiban  dan juga mana saja yang merupakan tanggung jawab kedua pihak. Perjanjian ini juga penting, karena ini juga menjadi bukti sah saat tinggal di rumah itu.

Meskipun hanya tips sederhana sewa rumah, semoga dapat membantu anda menentukan pilhan anda.

2 thoughts on “4 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Sewa Rumah

  1. yang paling penting memang kenyamanan ya mba.. sumber air juga sangat penting sih. hehe kalau masalah jarak mungkin bisa sedikit teratasi menurut saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *