Lima Tips agar Nyaman dan Aman Mudik dengan pesawat

Tak terasa sebentar lagi lebaran akan datang nih, guys. Biasanya yah pas lebaran salah satu tradisi yang selalu kita lakukan, terutama bagi yang bukan merupakan orang asli di suatu tempat adalah mudik. Lebaran menjadi momen spesial berkumpul  bersama keluarga, bersilaturahmi dan saling memaafkan. Bagi yang kampungnya jauh banget kaya aku, biasanya memilih mudik untuk naik pesawat. Alasannya pesawat kan praktis dan cepat. Perjalnan yang ditempuh seharian bahkan berminggu-minggu dengan arat dan laut bisa ditempuh hanya selama beberapa jam saja. Menghemat waktu tentu saja. Oleh karena itu pesawat masih menjadi tranposrtasi andalan bagi pemudik yang rumahnya jauh.

Aku sendiri hampir selalu pulang kampung dengan pesawat. Rumahku kan di Flores dan kuliah di Jakarta. Pesawat jadi salah satu andalan. Di kotaku sendiri, Ruteng hanya ada satu Bandara. Nama Bandaranya Frans Sales Sega, diambil dari nama salah satu Bupati Manggarai yang berjasa. Bandaraku Bandar kecil, jadi pesawat yang mendarat hanyalah pesawat berkapasitas kecil, plus landasannya juga nggak panjang-panjang amat. Namun demikian cukup membantu juga apalagi kalau mau bepergian. Sakings eringnya bepergian dengan pesawat, aku mengalami banyak pengalaman lucu dan unik. Aku mau berbagi pengalaman lima tips agar perjalanan mudik kamu dengan pesawat aman dan nyaman.

  1. Cek Tiket sebelum berangkat dan berangkat dua jam sebelum keberangkatan

Sebelum berangkat, pastikan untuk cek tiket. Darimana penerbangannya, jam berapa check in, dan  jam berapa pesawat berangkat. Mengecek tiket pesawat terbang penting banget. AKu punya pengelaman tak enak karena tak mengecek ulang tiket pesawat. Penerbanganku sebenarnya di Halim, tetapi aku malah pergi ke Soekano Hatta. Untung saja aku datangnya cepat ke bandara sehingga masih dapat mengejar penerbangan ke Halim. Cek tiket kamu sebelum terbang bikin nyaman dan aman terbangnya.

  1. Buat yang punya sakit Maag, wajib makan sebelum terbang

Akuunya sakit maag yang cukup parah dan pernah bandel nggak makan saat di pesawat. Pesawat kan ACnya dingin dan bikin masuk angina. Jadilah aku mual di pesawat dan turun dari pesawat hampir muntah. Sejak saat itu aku nggak pernah lagi nggak makan sebelum terbang. Bikin nggak aman dan nyaman banget, apalagi yang penyakitan kaya aku. Huhuhu.

  1. Jangan lupa sediakan sebotol air mineral.

Minum air saat di pesawat penting agar kita selalu hidrasi. Kan kalau pesawat tekananya rendah dan ini membuat kebutuhan air meningkat. Makanya selalu sediakan sebotol air mineral, yah! Biar saat turun dari pesawat kondisi kita juga segar bugar

  1. Matikan sinyal HP

Sinyal HP terbukti mengganggu sinyal pesawat dengan navigasi. Matikan sinyal Hp kalian yah saat di pesawat. Seklaian juga bebas dari HP. Kan nanti kita akan ketemu HP lagi kalau sudah sampai di darat. Iya nggak? Kalau aku sendiri karena suka main game, aku biasanya memakai mode pesawat setiap kali naik pesawat. Biar nggak bosan juga.

  1. Berdoa

Sebagai manusia yang memiliki Tuhan, apapun yang kita lakukan sebaiknya meminbta restu dari Dia sang Maha Pemurah. Meminta doa agar perjalanan kita selamat sampai tujuan dan tentu saja memohon agar semua orang yang terlibat dalam pernebangan selalu diberi kesehatan dari Pilot, pramugari, teknisi pesawat, orang-orang yang bekerja di balik meja bandara dan semuanya. AKu selalu punya kebaisaan berdoa sebelum naik pesawat. Toh apapun yang kta lakukan dengan meminta restu Tuhan pasti akan berjalan lancar.

Demikianlah lima tips agar selalu nyaman dan aman melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan pesawat. Penting juga nih buat kita apalagi yang sudah bergabung menjadi Sobat Aviasi.

djpu

Aku juga mau kasih tahu bauat kamu semua kalau aada lomba Vlog berhadiah Xiaomi Yi Action Cam untuk 1 orang pemenang setiap minggunya dan Paket wisata ke Raja Ampat sebagai hadiah gran prizenya serta banyak hadiah lain

Tata Cara Vlog Competition :

  1. Buat Vlog Bertemakan “keselamatan, keamanan, dan kenyamanan dalam penerbangan” yang menyertakan Jingle DJPU di dalam Vlognya. Jingle dapat di download di sini.
  2. Peserta lomba harus menyebutkan dua kata yang ada dalam jingle yaitu Terbang kembali dan selamanya di dalam vlog.
  3. Video yg diupload melalui youtube di masing-masing peserta dengan menyertakan hashtag #selamanyaDJPU dan #vlogcompetitionDJPU serta di tag / mention ke @DJPU151
  4. Share link vlog youtube kamu di facebook, instagram, twitter dengan mencantumkan ke dua hashtag dan mention ke @DJPU151
  5. Video tidak mengandung unsur SARA, pornografi, atau illegal content. Panitia tidak bertanggungjawab apabila di kemudian hari ada gugatan terkait pelanggaran hukum pada konten video peserta.
  6. Panitia tidak memberi batasan alat yang digunakan peserta untuk merekam. Video dapat direkam menggunakan kamera smartphone dan tools apapun, selama memenuhi syarat yang ditentukan.
  7. Vlog minimal berdurasi 2 menit dan maksimal 5 menit.
  8. Peserta tidak dipungut biaya

Ini hadiah lengkapnya

djpuj

Info tentang lomba blog ini dapat dilihat di sini, yah!

Sekian saja tips dari aku selamat mudik, Sobat Aviasi!

 

One thought on “Lima Tips agar Nyaman dan Aman Mudik dengan pesawat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *