Ingin Hamil? Yuk Simak Lima Tips Agar Cepat Hamil

Beberapa waktu lalu, Aku dan Temanku yang baru saja menikah dan sedang hamil berbicara hal dewasa. Bukan soal urusan ranjang yah, tetapi tentang berumah tangga. Ternyata masalah menemukan pasangan hidup hanyalah awal dari perhalanan panjang yg akan dilalui sepasang manusia. Setelahnya akan ada fase luar biasa bernama kehamilan dan memiliki anak. Banyak hal yang kami obrolkan seperti hubungan seksual saat istri sedang hamil, perawatan bayi, manfaat dan cara pijat bayi dan sebagainya. Salah satu pembicaraan yang serius kami bicarakan itu adalah tentang PERSIAPAN KEHAMILAN.

pregnant-775028_960_720

Sebagai perempuan, hamil merupakan anugerah terindah.

“Aku awalnya takut loh Jen, Gimana nanti kalau aku nggak hamil-hamil,” komentar temanku ketika kami membicarakan tentang kehamilan.

Dia memang baru hamil setelah tahun kedua. Ada banyak sekali pertanyaan kapan punya anak yang dia dapat dan menyiksa batinnya.

Banyak pasangan yang beruntung lantaran setelah nikah langsung punya anak. Banyak juga yang harus menunggu lama. Setelah berbicara dengan temanku, aku menyempatkan diri menjelajahi internet dan menemukan banyak sekali artikel menarik tentang mempersiapkan kehamilan.

Aku menemukan diriku tersesat di begitu banyak bacaan tips agar cepat hamil saat menikah.

Bagi para Perempuan yang membaca blogku dan singgah di artikel ini, tak ada salahnya tahu walau belum menikah. Hitung-hitung persiapan sebelum menikah dan hamil.  Aku juga menjadikan tulisan ini sebagai pengingat jika nanti menikah dan merencanakan anak.

Lima Tips agar cepat hamil:

 1 Hindari makanan junkfood

Hal pertama yang dipersiapkan pertama kali jika ingin hamil adalah mengenyahkan junk food dari menu makanan kita. Alasannya seerhana, logiknya kalau misalnya kita mau tanam sesuatu di kebun, biasanya kita kasih pupuk kan? Nah sama begitu juga dengan manusia yang ingin hamil, perlu dikasih pupuk atau makanan bergizi. Yang nggak bergizi dihapus saja dulu. Biar tubuh kita lebih subur dan sehat saat menerima benih kehidupan.

2 Mulai batasi diri dari paparan racun

Sebuah test yang dilakukan oleh Environmental Working Group menemukan sekitar 287 zat racun di tali pusat bayi baru lahir di Amrika Serikat. 180 di antaranya merupakan racun yang menyebabkan kanker, 217 lainnya adalah racun yang dapat membahayakan orak dan sistem saraf. Lalu bagaimana caranya membatasi paparan racun? Beberapa di antaranya adalah dengan memakan makanan organik, jangan terlalu sering menggunakan produk pembersih yang tidak organic, gunakan kosmetik dari bahan organic dan sebagainya.

3 Gluten Free

Sebuah Penelitian menemukan bahwa ketidaksuburan yang tak dapat dijelaskan dapat hamil ketika makanan mengandung glutten dikeluarkan dari diet. Makanan mengandung gluten misalnya mie dan roti. Jadi jika ingin hamil hindari makanan-makanan ini.

4 Olahraga

Olahraga akan membantu sirkulasi darah dan nutrisi ke bagian tubuh salah satunya organ reproduksi. Salah satunya adalah dengan melakukan Yoga.  Beberapa Pose yoga yang dapat membantu fertilasi. Pose-pose tersebut membuka, merileks, dan membantu sirkulasi darah dan nutrisi ke orang reproduksi.

  • Legs up the wall

3-107-legs-up-the-wall-pose-viparita-karani

  • Double pigeon

1920x1080_TheDoublePigeonPose

  • Butterfly

Baddha-Konasana-Butterfly-Pose-4

  • Reclining bound angle pose

SupBoundAngle_9870

  • Open-legged forward bend

Open-legged forward bend

 

5  Kurangi stres

Stres dapat merusak tubuh. Stres dapat meningkatkan level hormone kortisol yang dapat  menekan ovlulasi dan menurunkan jumlah sperma. Stres juga dapat membuat tubuh tegang dan berpengaruh pada sirkulasi darah. Hal tersebut secara tak langsung menyebabkan ketidak suburuan.

Beberapa hal yang dapat membantu meredakan stres

  • Yoga
  • Meditasi
  • Pijat
  • Tidur
  • Konsultasi dengan psikolog atau psikiater
  • Olahraga
  • Menulis
  • Membaca
  • Piknik
  • Memaafkan orang lain
  • Tidak membandingkan dengan kesuksesan orang lain
  • bersyukur

Demikian lima tips yang saya bagikan. Semoga bermanfaat

31 thoughts on “Ingin Hamil? Yuk Simak Lima Tips Agar Cepat Hamil

  1. Nambahin satu lagi, Jen! Akupuntur! Aku tinggal itu tuh yang masih belum berani. Agak trauma jaman SMA pernah akupuntur trus jadi ketakutan.
    Makasih tipsnya. Mari dicoba lagi!

  2. Makasih Ajen infonya.. Nggak salah dicoba nih.. Lagi program yg ke 2 nggak setokcer yg pertama wkwkwkwk..
    Junkfood jarang makan, organic, nah, mmmm ini yg agak susah. Sama olahraga nih yg kurang.. Tapi tampaknya yoga yg kamu share itu bisa dilakuin sambil nungguin agha main2 di rumah.

  3. Ngga ingin ah.. saya kan laki hehe.. tapi infonya bermanfaat.. smoga banyak yang hamil eh, semoga banyak yang sedang program untuk kehamilan dapat memanfaatkan tulisan ini.

  4. Kurangin stres emang harus banget tuhhh.. Aku juga kmrn abis ikutan diskusi tentang kehamilan. DOkternya bilang, pikiran kita emng harus dijaga bnaget kalau mau hamil. Pun jika sudah hamil.

  5. Duh mbak jen, aku jadi bingung mau komentar apaan. Seputar kehamilan begini, kadang masih bingung, disatu sisi aku itu laki-laki yg masih sendiri, di satu sisi tulisan ttg tips kehamilan macam ini bisa menambah pengetahuanku seputar kehamilan. Jadi ambil positifnya saja, buat pembelajaran dan menambah ilmu 😀

  6. Mantap benar nih ncess Ajen.
    Sudah siap lahir batin kayaknya.

    Beberapa pose di atas juga pernah aku praktekkan saat kehamilan belum kunjung berkenan.

    Setuju banget sama poin 5. It works for me!

  7. Aku tambahin lagi ya Jen… Suami yang sah. Karena suami yang sah itu hamilnya enak, disayang sayang, dimanja manja, mau apa diturutin.

    Kalau emang pengen hamil mah gampang sebenernya, kedua belah pihak harus sama-sama enjoy..

  8. Biar cepet hamil memang menyiapkan nutrisi dengan baik dan benar, agar janin sehat, kuat, sempurna dan cerdas.

    Tipsnya aku tambah yaa, kak..

    *Banyak-banyak berdoa sama yang Maha Memiliki Hidup.

  9. bener banget mba ajen. sekarnag banyak cara ya untuk bisa mewujudkan impian hamil. Mulai dari tradisional sampai dengan bantuan medis. tinggal ketabahan dan konsisten untuk menjalaninya ya. Dan menurut saya mengurangi stress seperti yang mba ajen tulis memang penting banget. ibu bahagia katanya lebih mudah didatangi kabar bahagia (hamil). 🙂

  10. Stress itu emang salah satu pengaruh. Kebetulan dulu punya tmn tinggal serumah ma mertua gak hamil2, begitu pindah langsung hamil. Gak tau ada hubungannya apa gak, tp nampaknya emang dia ada beban kalau serumah ma mertuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *