Sehatkan Saraf dan Lawan Neuropati dengan Gaya Hidup Sehat

awal

Mengetik dan bermain HP adalah kebiasaan sehari-hari yang dapat menyebabkan  neorupati.

Sebagai blogger yang hits dan keren abis aku sering menghabiskan waktu dengan mengetik di depan komputer, apalagi  pekerjaan aku juga menjadi dosen. Duduk diam dan mengetik merupakan kewajiban yang selalu aku lakukan. Sebulan yang lalu aku mendapati pergelangan tanganku sering kesemutan. Rasanya nggak enak bangetlah pokoknya. Aku pun mencari di google dan menemukan bahwa kesemutan adalah salah satu gejala neuropati. Kontan saja aku langsung pucat pasi. Wahh bahaya kalau aku sampai terkena neuropati.

Apa itu Neuropati?

Neuro berasal dari kata saraf, sedangkan Pati berarti kerusakan. Secara harafiah neuropati berarti kerusakan saraf. Kerusakan saraf apakah berbahaya? Hem sebelum menjawab pertanyaan tersebut,  kita mesti tahu dulu apa dan bagaimana fungsi saraf dalam tubuh manusia.

Fungsi saraf

Saraf Memiliki Fungsi penting untuk tubuh

Apa yang terjadi jika saraf kita rusak atau neuropati?

Gejala awal Neuropati

Hal yang pertama akan terjadi adalah kebas, kesemutan,nyeri seperti terbakar, dan nyeri seperti tertusuk paku. Biasanya terjadi di pergelangan tangan atau di bagian kaki.

JIKA DIABAIKAN,  maka tubuh kita mulai merasa nyeri semakin hebat , susah mengontrol buang air kecil, dan bahkan susah menggerakkan kaki dan tangan.

Hingga akhirnya sampai ke tahap yang lebih parah dan akan timbul masalah pada organ. Saraf mengontrol semua sistem tubuh kita termasuk jantung, paru-paru, dan ginjal. Bisa dipastikan jika saraf kita bermasalah, organ-organ penting di dalam tubuh kita ikut juga bermasalah BAHKAN MENYEBABKAN KELUMPUHAN. Jadi kalau terjadi kerusakan pada saraf, tentu saja akan sangat membahayakan kerja tubuh. 

Berita buruk bagi kita semua, jika saraf kita rusak maka tidak bisa disembuhkan. Dan saraf merupakan salah satu sel yang tidak dapat diperbaharui. Jadi sel saraf kita adalah sel saraf yang kita gunakan dari kecil sampai nanti tua. Jadi penting sekali bagi kita untuk menjaganya karena tidak bisa diganti.

Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana menjaga agar saraf kita selalu sehat dan tidak terkena neuropati? Jawabannya adalah dengan cara mengubah gaya hidup kita. Ini dia beberapa gaya hidup yang memperparah terjadinya neuropati

1. Konsumsi makanan Manis berlebihan

188526-354x425-no-sugar

Makanan manis memang sangat disukai. Kue-kue enak, kopi, teh, cokelat, dan sebagainya. Konsumsi makanan manis berlebihan dapat memicu glukosa tinggi dalam darah yang akan mengakibatkan diabetes. Penyebab neuropati yang paling besar adalah diabetes atau disebut neuropathy diabetic.  Diabetes adalah kejadian dimana glukosa dalam darah meningkat. Apabila glukosa meningkat maka darah akan menjadi pekat dan peredaran vitamin ke sel-sel termasuk sel saraf menjadi terhambat dan dapat menyebabkan kematian. Hal tersebut membuat saraf-saraf perifer yang terletak diujung kaki akan mati dan tidak bisa merasa sakit. Karena itu gaya  hidup sangat berperan penting memicu terjadi masalah saraf ini

2. Terlalu lama duduk

istock000033560778large

Beberapa penilitian telah membuktikan bahwa duduk selama delapan jam dapat membahayakan kesehatan. Sayangnya kebanyakan dari kita harus duduk lama. Duduk terlalu lama dapat membahayakan sarafmu. Duduk terlalu lama dapat membendung sirkulasi darah sehingga membuat pengedaran nutrisi dan oksigen ke saraf menjadi terhambat. Hal tersebut sedikit demi sedikit akan membahayakan saraf. Jadi jika aktivitas kamu selalu duduk, pastikan untuk berdiri dan meregangkan badan setiap duapuluh menit untuk mengembalikan sirkulasi darah.

3. Melakukan aktifitas yang dapat membahayakan saraf

gaya hidup

Tana kita sadari aktifitas seperti bermain HP, mengetik, bahkan mengendarai motor dapat membahayakan saraf. Aktifitas tersebut jika dilakukan berulang kali dapat menghambat oksigen masuk pada sel-sel saraf tepi.

4. Kurang olaraga

running-573762_960_720

Olahraga dapat membatu meningkatkan sirkulasi dan dapat mengatur masa otot, yang dapat menyusut akibat sakit saraf. Beberap penelitian telah menunjukan, olahraga ringan seperti jalan sehat dapat menurunkan sakit pada saraf dan memperendah gejala neuropati. Kurang olahraga menyebabkan sirkulasi menurun.

5. Kekurangan vitamin neuroprotik

Neurobion New Packaging hand_tcm6n63_99407

Vitamin B12  adalah salah satu vitamin yang sangat baik untuk saraf kita Biasanya didapat dari makanan seperti daging merah, telur, keju, ikan salmon dan sebagainya. Namun sayangnya Vit-B12 pada makanan susah dicerna oleh tubuh, jadi hanya sedikit vitamin yang sampai pada saraf. Oleh karena itu kita butuh vitamin tambahan seperti Neurobion yang memiliki kandungan vitamin yang lengkap.

 

55 thoughts on “Sehatkan Saraf dan Lawan Neuropati dengan Gaya Hidup Sehat

  1. Wah, bisa bahaya ya Mba’, kalo sistem saraf rusak, soalnya nggak bisa diperbaharui, aku kalo sudah gendong si kecil kelamaan baru kerasa kesemutan, itu masuk gangguan saraf nggak ya? Thanks for sharing Mba’.. 🙂

    1. Bukan Mbak.. itumah karena kurang oksigen di bagian bekas gendongann.. Kalau saraf mbak nggak ngapa-ngapain kesemutann. Mari cintai saraf kita

  2. Memang, penyakit neuropati sendiri kalau lama-lama merasuki kita akan menjadi berbahaya sih. Dan, cara yang terbaik emang dengan konsumsi Vitamin B Kompleks tadi. Aku juga kadang sering banget tuh kesemutan. Coba ah

  3. Aku juga minum neurobion forte sekarang. Desember kmaren udah bukan kesemutan dan kebas lagi rasanya. Tangan kanan susah digerakin di jari-jari sampai pegelanan. Ga bisa nulis, ga bisa ngancing baju. Kapok pokoknya

  4. Iya mbak, aku sekarang mulai mengkonsumsi neurobion putih terlebih dahulu untuk mencegah kerusakan saraf lebih lanjut. Soalnya aku juga sering kesemutan dan pegal-pegal.

  5. Yg pasti semua perlu diperhatikan ya Jen. Sekali sekali konsumsi suplemen penting, termasuk olahraga n jaga asupan.
    Wih, jd gimn pas tau gabisa disembuhkan. Mending dicegah ini mah..

  6. nah duduk lama itu yg susah dihindari, apalagi kerja di kantor. Kadang aku inget pura2 keluar bentar mau beli apaan di minimarket. padahal sih enggak, hanya agar jangan kelamaan duduk…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *