7 Alasan Utama Orang Masih Memilih Kereta Api untuk Perjalanan!

KA

Meski terbilang kurang cepat dibanding pesawat terbang dan kurang fleksibel dibanding bus atau mobil terkait rute perjalanan dan jangkauan, kereta api masih tetap menjadi moda transportasi favorit para pelancong. Jumlah penumpang kereta api tetap dan cenderung tidak berkurang setiap tahunnya. Bahkan, stasiun kereta api bisa dikatakan sebagai yang tempat paling padat diserbu saat hari raya dan mudik. Anda bisa melihat keadaan stasiun yang dipenuhi para penumpang yang sedang mencetak karcis mudik dan menunggu keretanya datang.

Pasti ada alasan yang sangat kuat mengapa orang-orang masih suka naik kereta api, kan? Yuk, kita bongkar 7 alasan utamanya! Bisa jadi, alasan ini akan menggoda kita juga untuk lebih sering naik kereta api. Apalagi, sekarang naik moda transportasi ini sudah semakin mudah karena pemesanan tiket kereta api sudah tersedia di Traveloka.

Ingin Cepat, tapi Bujet Terbatas

Alasan pertama orang memilih kereta api, biasanya karena ingin cepat sampai ke tujuan, namun tidak ingin membeli tiket pesawat terbang yang mahal. Dari segi harga, tiket kereta api memang ditawarkan lebih murah ratusan ribu dari tiket pesawat terbang. Dengan harga yang lumayan berbeda, kereta api bisa membawa penumpangnya tiba di tujuan dengan nyaman dan bebas dari kemacetan.

Menghindari Macet

Alasan utama orang naik kereta juga karena ingin menghindari kemacetan. Dibanding naik bus yang lebih sempit dan sering terjebak macet (apalagi di Jakarta), orang-orang lebih baik jalan jauh ke stasiun untuk naik kereta api. Harga tiket kereta api pun bisa dikatakan lebih murah dari ongkos naik bus apabila dihitung berdasarkan keuntungan yang didapat. Sebagai sebuah angkutan massal dengan jalur tersendiri, jelas kereta api adalah moda transportasi yang bebas dari kemacetan. Bahkan, ketika melewati jalan raya yang macet, kereta api tetap bisa jalan, sedangkan kendaraan yang hendak melintas malah diharuskan berhenti.

Tersedia Banyak Bagasi

Alasan berikutnya orang memilih kereta api adalah karena barang bawaannya banyak. Kita bisa melihat saat mudik, misalnya. Orang membawa karung dan kardus begitu banyak saat memasuki gerbong kereta api. Bahkan, ada yang membawa sayuran dan buah dari kampung untuk dinikmati di kota. Bawaan yang banyak dan beragam ini sudah dipastikan sulit dibawa jika orang-orang memilih pesawat terbang sebagai alat transportasinya. Dengan naik kereta, proses pengecekan barang bawaan juga lebih ringkas, sehingga penumpang yang ingin membawa bermacam-macam barang akan merasa lebih praktis, aman, dan nyaman.

Perjalanan Jarak Jauh, tapi Ingin Tetap Nyaman

Kereta api antar-kota besar menjadi pilihan orang-orang yang ingin pergi jauh, tapi tak ingin mengorbankan kenyamanan. Kereta api Indonesia saat ini semuanya sudah diremajakan dan dilengkapi air condition (AC). Armadanya juga sudah bersih dan tertata rapi dengan kelas Eksekutif (kelas termewah dengan tarif terjangkau) yang menyediakan tempat duduk dilengkapi bantalan sofa, berjarak lega, serta bisa diputar-balik, dan direbahkan sedikit sebagaimana kursi pesawat. Toiletnya sudah modern dan bersih. Layanan makanan dan minuman pun tersedia dan bisa disantap di bangku masing-masing maupun di gerbong makan.

Ingin Lebih Santai dan Leluasa

Orang-orang yang tidak ingin dibatasi banyak peraturan dalam perjalanan jauh (tanpa keharusan membayar lebih) juga menjadikan kereta api sebagai pilihannya. Dengan naik kereta api, para penumpang tak perlu mematikan sinyal perangkat elektroniknya. Bahkan, kereta api menyediakan soket listrik di setiap bangku penumpang untuk memastikan kita bisa mengisi daya gadget sepanjang perjalanan. Di dalam kereta api, orang-orang juga lebih leluasa jika ingin menyantap makanan dan minuman kesukaan yang dibawa sendiri. Tak hanya itu, dengan ruangan yang lebih lega, orang-orang lebih leluasa mengobrol atau berjalan-jalan tanpa membuat penumpang lain langsung merasa terganggu

Suka Melihat Pemandangan

Alasan berikutnya memilih kereta api sebagai angkutan jalan-jalan pastinya adalah pemandangan. Banyak orang suka naik kereta api karena pemandangan yang disuguhkannya selama perjalanan terlihat indah dan tak membosankan. Semisal kereta Serayu rute Jakarta – Purwokerto, di mana kita bisa memanjakan mata dengan kemegahan Gunung Slamet di belakang bentangan sawah. Anda juga bisa menatap megahnya jembatan Tol Cipularang melintang sebagai pemandangan khas kereta Argo Parahyangan rute Jakarta – Bandung. Di rute yang sama, Anda juga bisa terpukau dengan pemandangan menantang ketika kereta melintas dari atas Jembatan Cisomang.

Memang Pecinta Kereta Api

Alasan lain orang naik kereta api tentunya karena orang tersebut memang pecinta kereta api atau sering disebut Railfans. Di Indonesia, pecinta kereta api jumlahnya sangat banyak. Komunitas pecinta kereta api juga tersebar di berbagai daerah di Tanah Air. Salah satu komunitas terbesarnya adalah Komunitas Penggemar Kereta Api Indonesia dan KOMUTER – Komunitas Peduli dan Pecinta Kereta Api. Kegiatan komunitas ini tak hanya seputar naik dan jelajah kereta, tetapi juga sosialisasi, koleksi miniatur kereta api, pameran, bakti sosial, bahkan hunting foto bersama.

3 thoughts on “7 Alasan Utama Orang Masih Memilih Kereta Api untuk Perjalanan!

  1. aku termasuk suka naik kereta ke luar kota… Seru aja, liat2 pemandangan kl duduk pas dekat jendela. tapi gak kl naik commuter line pas hari kerja… Ya ampuuun, boro2 liat pemandangan :)))) yg ada kapan nyampe nih, kaapaaan nyampe nih….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *