Dietmu gagal? Bisa Jadi ini Alasannya

berat-badan-turun

Memasuki usia remaja BERAT BADAN (sengaja di-capslock biar dramatis) adalah satu hal yang menjadi momok bagi perempuan. Apalagi dengan adanya media masaa yang mempertontonkan tubuh ideal seorang perempuan itu adalah yang seksi dan berlekuk-lekuk seperti gitar spanyol. Sebuah pola pikir bahwa perempuan gemuk tidak menarik, membuat berjuta-juta orang ingin menjadi langsing. Dari cara instan menggunakan obat diet atau diet alami, dan bahkan menjadi vegetarian.

Hampir setahun belakangan saya sudah mencoba berbagai jenis cara menurunkan berat badan dan selalu gagal. Setelah ditelaah dan diamati ternyata banyak hal yang membuat diet saya gagal. Sejak seminggu ini saya mencoba untuk mengubah cara diet saya dan saya turun sekilo dalam seminggu dan semakin terus turun. Berikut saya share alasan gagal diet saya, siapa tahu kalian juga mengalami hal yang sama.

1.  Kurang Olahraga.  Saya pikir dengan diet makanan sudah cukup untuk menurunkan berat badan. Yah berat badan saya memang turun, tetapi saat saya berhenti diet berat badan saya akan kembali naik. Olahraga membantu agar berat badan kita tetap stabil. Olahraga membuat tubuh kita bergerak. Taukah kamu organ pencernaan sangat dipengaruhi oleh gaya peristaltik usus. Gaya peristaltik  adalah gaya yang mengatur otot-otot pencernaan sehingga dapat mencerna makanan. Olahraga membantu meningkatkan gaya peristaltik usus sehingga kerja usus kita meningkat. Hal tersebut membuat BAB lancar. Jadi olahraga dan diet adalah perpaduan sempurna agar berat badan kita turun.  Saya memutuskan untuk memasukann olahraga dalam timeline diet saya. Saya memilih melakukan yoga dan zumba. Kedua tutorial olahraga ini bisa kalian dapatkan videonya dari Youtube. Setelah melakukan yoga dan zumba secara teratur setiap hari selama seminggu ini banyak manfaat yang saya dapatkan selain lancar BAB, pegal di bagian punggung dan bahu perlahan mulai hilang. Yang paling penting ketika berjalan kaki jauh, saya tidak lagi ngos-ngosan. Kalau selama ini kamu sudah mencoba berbagai jenis diet dan gagal, mungkin kamu kurang olahraga atau tidak olahraga.  Selain menurunkan berat badan, olahraga juga membantu kita terhindar dari penyakit mematikan seperti jantung dan stroke.

2. Pola makan yang salah. Pada mulanya, saya berpikir dengan tidak makan, maka otomatis berat badan saya akan turun. Hal itu membuat  saya  tidak makan pagi atau malam atau bahkan seharian. Bukannya berat badan  turun, saya menjadi lemas karena kekurangan  glukosa. Setelah membaca berbagai jenis tulisan, saya mengerti bahwa Diet bukan berarti tidak makan tetapi membatasi makan tanpa mengurangi porsi. Saya pun mengganti pola makan saya. Makan pagi diganti dengan buah dan air putih serta perasan air jeruk. Makan siang penuhi dengan karbohidrat, nutrisi dan protein. Dan makan malam karbohidrat dan protein tetapi sebelum pukul 7 malam. Di atas pukul 7 malam aktifitas kita cenderung menurun dan membuat kerja otot pencernaan kita ikut menurun. Makan di atas jam 7 malam akan membuat penumpukan  lemak. Ah yah saya memberi hadiah untuk tubuh saya ketika berat badan saya turun. Ketika berat badan saya turun sekilo, saya makan di sebuah restaurant yang menyajikan ayam lalapan enak pada pukul delapan malam. Ingat bahwa diet yang baik tidak membuat kita sengsara. Namun jangan terus-terusan juga makan lewat pukul tujuhh. Bisa kembali gemuk nanti 😀 ah yah buat yang ingin serius diet yuk intip menu diet rendah lemak berikut ini

3. Tidak bisa bilang tidak pada makanan berlemak. diet sudah, olahraga sudah, tetapi tertus-terusan mengkonsumsi makanan berlemak juga menjadi salah satu factor gagal diet. Saya sendiri tidak bisa tidak mengatakan tidak pada gorengan. Dan memang hasilnya berat badan saya tak turun-turun meski saya sudah mengatur pola makan. Saya pun bertekad yang kuat untuk menahan diri dari gorengan dengan memberi batasan. Seminggu hanya makan empat buah gorengan. Kalau lebih maka saya harus menambah sesi latihan olahraga. Seminggu ini lumayan berhasil, sih.

4. Kurang konsumsi air putih. Secara umum tubuh kita terdiri dari 75% air. Konsumsi air putih memberi kita banyak manfaat diantaranya membantu mempercepat proses pencernaan. Saya mengkonsumsi delapan gelas air setiap hari. Setiapmalam saya menaruh segelas air di meja di samping tempat tidur sehingga ketika bangun saya langsung minum air putih. Minum air putih bayak manfaatnya, loh diantaranya membantu ginjal kita bekerja maksimal dan juga detoksifikasi racun dari tubuh.

5. Kurang Niat. Niat adalah hal penting agar berat badan kita turun. Jika tidak ada niat maka motivasi berkurang dan kita cenderung melanggar hal-hal yang membantu menurunkan berat badan. Salah satu cara agar niat menurunkan berat badan terwujud adalah mensugesti otak setiap pagi. Setiap pagi  sebelum beraktifitas saya selalu mengatakan: “Saya memiliki berat badan ideal dan sehat karena diet yang teratur.” Otak kita adalah organ yang sangat kompleks. Mensugesti hal positif dapat memmbuatnya bekerja maksimal untuk mencapai hal tersebut.

Nah itu alasan diet dan tips dari saya. Semoga membantu kamu yah 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *