Manfaat Sarapan Pagi untuk Anak-anak

Sejak Kecil aku paling suka sarapan, tetapi ketika kuliah aku mulai malas sarapan pagi. Hingga sekarang aku jarang sarapan. Sikapku ini ternyata kurang baik loh, untung saja saat kecil Mama selalu mebiasakan sarapan. Sarapan sangat baik bagi kita, terutama bagi anak-anak. Sarapan adalah salah satu hal penting yang dilakukan seorang anak setiap hari. Sebuah penelitian yang dlaksanakan lebih dari 30 tahun membuktikan bahwa menu sarapan sehat meningkatkan fungsi otak dan energy, yang mana sangat penting bagi anak-anak di usia sekolah (6-12 tahun)

blueband

Manfaat Sarapan

Berikut adalah manfaat sarapan pagi untuk anak-anak

  1.  Sarapan membuat tinggkah laku anak menjadi lebih baik. Anak-anak yang melewatkan sarapan cenderung lebih mudah lelah, sensitive, dan kurang berenergi di pagi hari. Gejala-gejala ini menyebapkan perilaku agresive yang membuat mereka terkena masalah di sekolah. Anak-anak yang selalu makan sarapan setiap hari memiliki banyak energy, tidak menunjukkan perilaku agresive, dan memiliki perilaku yang lebih baik di sekolah.
  1. Sarapan membuat anak-anak lebih berkonsentrasi dalam mengerjakan ujian.  Pada tahun 1998 sebuah penilitian yang dimuat di Archives of Pediatrics and Adolescent medicine menunjuukan perubahan signifikat pada nilai matematika anak yang sarapan pagi. Penelitian ini merupakan salah satu dari sekian banyak penelitian yang menunjukkan hasil test tinggi pada anak-anak yang selalu sarapan pagi.
  2. Sarapan membuat lebih banyak nutrisi yang masuk. Sarapan pagi membantu mengurangi kekurangan vitamin dan mineral. Anak-anak yang selalu sarapan pagi mengkonsumsi lebih banyak serat, vitamin C, kalsium, dan asam folat.
  1. Sarapan membantu mengatur berat badan. Jika kamu pikir sarapan akan membuat berat badan bertambah, kamu salah besar. Sarpapan justru mengontrol berat badan dengan cara membangun pola makan normal. Ketika kita sarapan, kita cenderung menolak untuk mekana snack di luar jam makan. Hal tersebut membantu mengurangi penimbungan lemak. Obesitas pada anak-anak tentunya saa buruknya dengan obeditas pada orang dewasa.Obseitas itu terjadi karena terganggunya pola makan normal. Jadi biasakan anak-anak mengkonsumsi sarapan.

 

Bagaimana membuat anak-anak agar  rutin sarapan pagi?

Permasalahan yang paling sering dihadapi orangtua adalah anak-anak yang tidak ingin sarapan pagi. Apalagi kebanyakan anak-anak paling susah bangun pagi. Berikut adalah beberapa tips untuk orangtua untuk membuat anak-anak rutin sarapan.

  1. Siapkan semua peralatan sekolah malam sebelum sekolah seperti baju, tas, dan perlaatan sekolah lainnya, sehingga keesokan harinya tak perlu sibuk mempersiapkan peralatan ini dan memfokuskan anak untuk sarapan
  2. Atur alarm 15 menit lebih awal, agar membuat lebih banyak waktu untuk sarapan.
  3. Katakan tidak pada TV atau Komputer di pagi hari
  4. Pilih makanan yang mudah disiapkan seperti susu, yogurt, roti dengan keju, roti dengan mentega blueband, telur rebus, nasi goreng, dan sebagainya.
  5. Jadikan contoh yang baik bagai anak, dengan makan pagi bersama. Anak-anak senang mencontoh kelakukan orangtua. Jika mereka melihat orangtua menyanntap sarapan, mereka akan ikut juga. Namun demikian jika tidak ikut makan bersama mereka, mereka tidak merasa sarapan itu penting. Salah satu cara lain adalah merencanakan menu sarapan bersama anak untuk satu minggu dan membuat mereka bersemangat untuk sarapan.

 

One thought on “Manfaat Sarapan Pagi untuk Anak-anak

  1. Mamaku pun dulu mengharuskan anaknya sarapan tiap pagi, meski hanya tiga suap. Hahahaha. Maksud ibu emang selalu baik untuk anaknya.

    Salam,
    Syanu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *