Tiga Tips Membuat Garasi untuk Mobil di Rumah

Saat ini kendaraan roda dua seperti mobil bukan lagi barang mewah. Kita semua dapat membeli mobil dengan bantuan kredit atau pun tunai.  Bagi anda yang ingin membeli kendaraan, hal penting yang harus diperhatikan adalah, kondisi rumah Anda. Apakah memungkinkan untuk membuat garasi di rumah Anda. Pun demikian jika Anda ingin membeli rumah, pastikan juga apakah rumah tersebut menyediakan tempat untuk garasi mobil. Hal tersebut sangat penting agar nantinya keberadaan mobil sendiri tidak mengganggu akses jalan tetangga dan lingkungan sekitar karena diparkir di depan rumah. Namun kini, jangan khawatir apabila Anda ingin membeli rumah. Hampir semua  rumah sudah menyediakan setidaknya satu carport sebagai salah satu fasilitasnya. Lihat saja rumah dijual di Surabaya atau kota lainnya yang dilengkapi dengan garasi atau carport untuk penghuninya.

termurahrumah-gress-minimalis-siap-huni-greenhill-citraland-surabaya
Rumah dengan garasi di Surabaya

Meski begitu, tidak semua rumah memiliki garasi tertutup dalam ruangan. padahal garasi ini dapat memberikan kenyamanan dan keamanan untuk kendaraan di rumah. Kendaraan juga jadi terlindung dari hujan dan panas.

Bagi Anda yang berencana untuk membangun garasi untuk kendaraan Anda, simaklah beberapa tips membuat garasi untuk mobil di rumah Anda berikut.

Ukuran Garasi

Kenyamanan garasi biasanya mudah untuk dicapai. Hal ini tergantung pada luas dari garasi itu sendiri. Biasanya, ukuran paling standar garasi adalah 2,4 meter x 4,8 meter yang cukup untuk mobil berukuran kecil.

Sementara untuk mobil yang berukuran lebih besar, biasanya juga akan membutuhkan ruangan yang besar pula, sekitar 3 meter x 6 meter dan tinggi 2,8 meter. Banyak orang yang memilih untuk membangun garasi berukuran besar sekalian untuk menjaga-jaga jika diperlukan.

Membangun garasi sendiri biasanya dianjurkan untuk rumah dengan model 54/90. Jika luas bangunan kurang dari 54 meter persegi dan tetap dibangun garasi, bisa dipastikan kenyamanan rumah akan berkurang.

Desain Garasi

Garasi juga sama pentingnya dengan ruangan lain di rumah. maka dari itu, desain yang tepat diperlukan untuk membangun garasi. Mulai dari bentuk, ukuran dan luas, sirkulasi udara, sirkulasi penghuni, hingga  bentuk pintu.

Garasi yang nyaman bisa digabungkan dengan gudang. Kedua ruangan ini dapat disekat atau dipisahkan dengan dinding. Sehingga memudahkan keperluan garasi dan gudang.

Lantai Garasi

Lantai garasi juga merupakan bagian terpenting dari garasi. Hal ini karena lantai garasi bisa mempengaruhi umur kendaraan Anda. Dengan memilih lantai yang kurang cocok, maka kendaraan Anda bisa berkurang umurnya. Selain itu, juga untuk kenyamanan karena nantinya akan ada banyak kotoran di lantai garasi mulai dari debu asap knalpot, kotoran ban, hingga tumpahan oli.

Pilihlah lantai garasi yang mudah dibersihkan seperti keramik, ubin, atau granit. Pilih juga permukaan lantai yang tidak terlalu licin. Bahan juga sebaiknya memiliki suhu yang dingin sehingga tidak mudah merusak rangka dan mesin mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *