Tips Menjual Rumah Kopel

Salah satu desain jaman dahulu yang menarik adalah desain rumah kopel. Beberapa rumah kopel masih tersisa sampai hari ini. Rumah-rumah bersejarah sisa peninggalan Belanda di beberapa kota di Indonesia yang sangat menarik ini perlahan mulai berkurang. Di Kota Bandung misalnya, sepanjang jalan Cipaganti berderet rumah-rumah kopel yang tampak indah sekali.

Rumah kopel adalah sebuah bentuk desain dua rumah dalam satu bangunan. Sekilas kalau dilihat dari luar, rumah ini seperti hanya satu rumah tetapi kalau diperhatikan secara detail, sisi sebelah kiri dan sebelah kanan adalah dua rumah yang berbeda. Beda penghuni, beda penataan ruang dalamnya, dan beda karakternya.

Kedua penghuni rumah biasanya memiliki ikatan keluarga, ada yang adik kakak atau saudara lainnya. Di awal-awal pendiriannya, rumah kopel untuk dua keluarga ini tidak akan terasa bermasalah. Jika sudah berjalan lama dan rumah kopel turun kepada ahli waris, barulah masalah muncul. Misalnya satu sisi rumah akan dijual, sisi yang lainnya tetap dipertahankan.

rumah-kopel
Rumah Dopel Di Bandung

Jika anda sebagai pemilik rumah kopel dan hendak menjual satu sisinya saja, maka tips menjual rumah dijual di bandung bermodel kopel ini perlu anda perhatikan:

  1. Memahami jika dikemudian hari desain rumah yang awalnya utuh dalam satu kesatuan akan berubah sesuai keinginan orang yang membeli.
  2. Mendiskusikan banyak hal termasuk jaringan konstruksi di dalamnya. Rumah-rumah jaman dahulu yang dibangun dengan konstruksi kayu di atapnya biasanya bersatu dalam konstruksi atap yang sama. Jika dibongkar salah satunya, yakinkan bahwa kekuatan konstruksi di rumah sebelahnya tidak terganggu.
  3. Memberikan kompensasi jika ada hal yang merasa dirugikan. Misalnya ketika salah satu rumah diubah desainnya lalu pada saat pengerjaan konstruksi merasa terganggu maka kita harus memahami dengan memberikan kompensasi yang sepadan dengan kerugian yang akan dialami oleh rumah sebelahnya.
  4. Memikirkan ulang jika mau mengubah desain. Pada beberapa kasus, rumah kopel menjadi sangat tidak menarik ketika salah satu rumahnya menempel pada dinding bangunan tinggi bekas rumah kopel sebelumnya. Pikirkan ulang agar nilai sejarah yang tetap melekat pada bangunan tersebut tidak hilang karena nilai sejarah lebih besar dari nilai nominal yang anda dapatkan.

Demikianlah pertimbangan sebelum menjual rumah kopel yang anda sayangi. Keputusan terbesar ada di tangan penjual, pertimbangan yang matang akan membuat nilai jual menjadi penuh makna untuk anda yang menjual dan siapapun nanti yang akan membelinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *