Mengenal BPKM

Beberapa bulan belakangan, aku sering banget lihat pamflet yang menuliskan tentang “Pajak Amensty” awalnya aku kira itu tuh semacam kaya nama pajak, ternyata setelah ditelusuri itu adalah istilah yang dikeluarkan oleh mentri Keuangan yang berarti pengampunan pajak. Seperti apa sih Pajak Amnesty itu dan kenapa sampai terjadi? Secara singkat pajak amnesty adalah pengampunan pajak. Nah ternyata nih banyak sekali pengusaha Indonesia yang punya aset di luar negeri, tetapi mereka enggan melaporkan aset itu ke dalam negeri karena takut pajak. Nah Pajak Amnesty ini pajak mereka diampuni, artinya mereka tidak perlu lagi membayar pajak dari asset mereka asalkan dilaporkan ke kantor pajak. Hasilnya sampai sekarang udah sampai 4000 triliun rupiah asset yang dilaporkan. Wah banget yah.. Gara-gara ini saya pun melakukan penelusuran soal Pajak Amnesty dan asset negara Indonesaia. Penelusuran saya sampai ke sebuah lembaga bernama BPKM atau Badan Kordinasi Penanaman Modal. BPKM ini merupakan badan khusus yang bertugas untuk mengkordinir penanaman modal di Indonesia di berbagai sektor.  Entah itu penanaman modal asing ataupun local. Seiring dengan perkembangan jaman, BPKM kini sudah bisa diakses online. Tepatnya sejak tahun 2014 kemarin.

bpkm

Apa saja sih yang dilakukan BPKM?

BPKM ini membantu pemodal asing atau kita sebagai pribumi untuk melakukan usaha di Indonesia. Intinya kalau mau berinventasi di Indonesia di sektor mana pun kita memakai jasa BPKM ini. Salah satunya adalah pada sektor minyak dan gas dimana pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), berusaha memangkas sejumlah perizinan usaha yang dianggap menyulitkan atau menghambat investasi. Dengan adanya kemudahan pelayanan investasi ini, diharapkan pertumbuhan investasi tiap tahun semakin bertambah. Dulu tahun 2014, untuk melakukan ijin usaha di sektor minyak ada sekitar 105 surat ini. Sekarang cukup 20 surat ijin saja. Pemerintah memang sedang melakukan revisi agar investasi dipermudah dan semakin banyak yang melakukan investasi di Indonesia.

Berinvenstasi di Indonesia memang memiliki banyak keuntungan. Beberap di antaranya adalah perekonomian yang sehat, sumber daya alam dan manusia yang banyak dan terampil, Indonesia adalah negara dengan penduduk terbanyak ke-4 di Dunia dan masyarakat Indonseia mempunyai daya beli dan kemampuan menengah ke atas. Jadi tidak heran jika banyak orang berlomba-lomba melakukan investasi di Indonesia. Nah jika ada yang ingin berinvestasi di Indonesia, silakan melakukan izin usaha lewat BPKM.

4 thoughts on “Mengenal BPKM

  1. Saya sendiri masih belum begitu paham dengan Tax Amnesty ini. Tapi, masih terus mencari tahu sih. Jadi, kalau mau investasi bisa melalui jalur yang legal gitu ya. Enak, jadi prosedurnya sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *