Artikel

Mengenal BPKM

Beberapa bulan belakangan, aku sering banget lihat pamflet yang menuliskan tentang “Pajak Amensty” awalnya aku kira itu tuh semacam kaya nama pajak, ternyata setelah ditelusuri itu adalah istilah yang dikeluarkan oleh mentri Keuangan yang berarti pengampunan pajak. Seperti apa sih Pajak Amnesty itu dan kenapa sampai terjadi? Secara singkat pajak amnesty adalah pengampunan pajak. Nah ternyata nih banyak sekali pengusaha Indonesia yang punya aset di luar negeri, tetapi mereka enggan melaporkan aset itu ke dalam negeri karena takut pajak. Nah Pajak Amnesty ini pajak mereka diampuni, artinya mereka tidak perlu lagi membayar pajak dari asset mereka asalkan dilaporkan ke kantor pajak. Hasilnya sampai sekarang udah sampai 4000 triliun rupiah asset yang dilaporkan. Wah banget yah.. Gara-gara ini saya pun melakukan penelusuran soal Pajak Amnesty dan asset negara Indonesaia. Penelusuran saya sampai ke sebuah lembaga bernama BPKM atau Badan Kordinasi Penanaman Modal. BPKM ini merupakan badan khusus yang bertugas untuk mengkordinir penanaman modal di Indonesia di berbagai sektor.  Entah itu penanaman modal asing ataupun local. Seiring dengan perkembangan jaman, BPKM kini sudah bisa diakses online. Tepatnya sejak tahun 2014 kemarin. read more