Tiga Gaya Hidup yang Dapat Membantu Menurunkan Kolesterol

koles1

Beberapa waktu lalu,  saya melakukan tes kolesterol secara manual dan terkejut setengah mati melihat angka yang tertera di layar: 196. Usia saya baru 26 tahun, tapi nilai kolesterol saya sudah segitu. Memang sih belum berlebihan, karena nilai kolesterol normal adalah dibawah 200. Namun tetap saja 196 itu angka yang lumayan untuk usia seperti saya yang masih muda belia ini. Kamu mungkin bingung kok saya lebay banget soal masalah cholesterol. Tahukah kamu, peningkatan kolesterol dapat meningkatkan resiko penyakit pembuluh darah seperti jantung dan stroke. Makanya jangan heran kalau saya agak lebay.

Apa sih sebenarnya Kholesterol?

Kolesterol merupakan jenis lipit atau lemak yang terdapat dalam tubuh manusia. Kolesterol mempunyai fungsi untuk menghasilkan hormone dan vitamin D pada membrane sel dinding. Kolesterol terdiri dua bagian yaitu LDL (kolesterol jahat) dan HDL (kolesterol baik). HDL tidak memiliki banyak lemak tetapi protein, jadi baik untuk tubuh manusia. Sebaliknya LDL atau lemak jahat bila berlebihan akan sangat berbahaya bagi tubuh terutama jantung.  Normalnya lemak-lemak jahat itu diabsorbsi oleh empedu agar keluar dari pembuluh narah. Namun jika berlebihan, lemak tersebut akan tinggal di dalam pembuluh darah dan dapat merusak pembuluh darah. Kalau pembuluh darah yang rusak ada di jantung, bisa menyebabkan serangan jantung. Kalau pembuluh darah yang rusak ada di otak, maka akan menyebabkan strok.  Berbahaya bukan? Makanya aku lebay dengan nilai kolesterol 196. Itu berarti sudah cukup banyak lemak di dalam darah saya. Oh iya jangan kira karena kamu kurus kamu nggak punya kolesterol jahat yah.

Lalu bagaimana caranya menurunkan kolesterol?

Ada banyak cara menurunkan kolesterol. Bagi yang kadar kolesterolnya diatas 300 bisa dengan bantuan obat seperti Hipofid atau Civastasin. Namun demikian sebenarnya kolesterol bisa diturunkan dengan mengubah gaya hidup. Berikut adalah tiga gaya hidup yang bisa kau lakukan untuk menurunkan kolesterol.

  1. Makanlah makanan yang sehat

Walaupun selama ini kau memiliki pola makan yang buruk, mengubah barang sedikit pola makan dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan kerja jantung

  • Pilihlah lemak yang sehat. Lemak-lemak baik biasanya terdapat di daging merah dan produk susu. Daging merah dan produk susu banyak mengandung HDL sehingga mengkonsumsi bahan makanan ini akan menurunkan LDL. Pilihlah daging sapi merah, susu rendah lemak, atau minyak yang mengandung lemak rendah seperti minyak zaitun.
  • Eliminasi lemak trans dari dalam tubuh. Lemak trans mempengaruhi [eningkatan kolesterol dengan cara meningkatan LDL dan merendahkan HDL. Hal tersebut meningkatkan resiko serangan jantung. Lemak trans biasanya ditemukan di gorengan dan beberapa snack seperti biscuit, crakers, dan kue-kue manis. Nah inilah jawaban pertanyaan mengapa kolesterol aku agak tinggi. Aku sering banget makan goreng-gorengan. Hampir tiap hari malah. Sebaiknya aku kurangi sebelum terlambat.
  • Makan makanan yang kaya akan asam Omega 3. Asam omega 3 tidak mempengaruhi LDL, tetapi dapat membantu meningkatkatkan HDL atau lemak baik dan mengurangi triglesid, lemak dalam darah, dan menurunkan tekanan darah. Makanan kaya omega 3 misalnya salmon, kacang-kacangan seperti almond dan walnut.
  • Meningkatkan konsumsi serat yang mudah larut. Ada tua tipe serat yang mudah larut dan tidak. Keduanya memiliki kegunaan bagi kesehatan, tetapi serat yang mudah larut juga membantu menurunkan level LDL dalam darah. Serat yang mudah larut itu terkandung dalam makanan seperti oats, buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayuran.
  1. Olahraga 30 menit, minimal tiga kali dalam seminggu

Olahraga dapat membantu mengurangi kolesterol. Olahrag teratur dapat membantu meningkatkan HDL, kolesterol baik. Olahraga  minimal 10 menit setiap hari dapat membantu menurunkan lemak dan juga berat badan berlebihan. Berikut hal-hal sederhana dalam berolahraga

  • Jalan kaki 10 menitt setiap hari, misalnya mau pergi makan ke kantin berjalanlah dengan rute yang lebih jauh,
  • Naik sepeda ke kantor
  • Bermain futsal, tenis atau olahraga lainnya secara teratur setiap minggu

Supaya lebih termotivasi untuk melakukan olahrag bergabunglah bersama teman-teman. Kalau aku sendiri memutuskan untuk melakukan 10 menit zumba setiap hari. Dan plank. Berikut ini adalah 30 hari tantangan plank. Bisa dicoba loh.

plank

  1. Berhentilah merokok

Merokok dapat meningkatkan level HDL atau lemak jahat. 20 menit berhenti merokok dapat menurunkan tekanan darah. Berhenti selama setahun akan membuat resiko penyakit jantung menurun. Jadi berhentilah rokok selagi sempat.

Demikianlah tiga gaya hidup yang bisa kamu ubah agar kolsterolmu menurun. Selamat mencoba.

 

3 thoughts on “Tiga Gaya Hidup yang Dapat Membantu Menurunkan Kolesterol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *