Tujuh Makanan yang Dibutuhkan oleh Ibu Hamil

Saat hamil, makanan sehat sangat dibutuhkan, karena pertumbuhan janin sangat dipengaruhi gizi yang dimakan oleh sang Ibu. beberapa nutrisi yang paling dibutuhkan adalah kalsium untuk jaringan tulang  bayi. Zat besi agar tidak terjadi  gangguan kehamilan. Folat untuk perkembangan Asam folat ini paling dibutuhkan bagi pertumbuhan janin tri semester pertama. Trimester pertama adalah fase krusial. Tubuh Ibu mengalami perubahan. akan muncul kantung yang berisikan air ketuban, terbentuk di sekitar embrio. Folat terutama berperan penting dalam produksi eritrosit yang berguna untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang yang baik dan sesuai bagi janin. Kurangnya folat selama kehamilan dapat menyebabkan gangguan perkembangan sumsum tulang belakang, hal ini dapat mengakibatkan kelumpuhan, kerusakan otak, atau keguguran.

Oleh karena itu perlu sekali mengkonsumsi makanan sehat agar bayi selalu sehat. Memilih makanan memang menjadi kegalauan tersendiri bagi para Ibu yang tengah hamil muda. Mereka biasanya bingung untuk memilih makanan apa saja yang baik untuk sang buah hati. Nah berikut aku sampaikan tujuh makanan yang baik untuk Ibu hamil.

  1. Kacang-kacangan

kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang merah, kedelai, kacang hijau, dan jenis kacang lainnya merupakan sumber  nutrisi kunci untuk kehamilan yang sehat seperti zat besi, folat, kalsium, dan zinc. Agar rasanya lezat, cobalah membuat sup kacang merah atau bubur kacang ijo.

  1. Salmon

41a44553afeb466d20137bb61d2c9ed4

Omega-3 sangat bagus untuk otak dan mata bayi, dan salmon adalh sumber terbaik dari omega-3. Selain itu Salmon juga mengandung protein dan vitamin B. Salmon juga memiliki kandungan merkuri yang paling rendah di antara ikan lainnya..

  1. Pisang

p_bunchofbananas

Pisang kaya akan potassium yang dapat menjadi sumber energy ketika Ibu mengalami kelelahan karena hamil. Pisang juga tidak membuat Ibu mual dan muntah jika dimakan. Masukkan pisang ke dalam sereal atau smoothie jika menginginkan rasa yang lebih enak.

  1. Susu

index

 

Susu menjadi komponen penting untuk ibu hamil. Nutrisi yang banyak dimanfaatkan oleh janin dalam kandungan ini, yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan ibu hamil. Bahkan susu juga dipakai bukan hanya sebagai kebutuhan pelengkap, namun juga kebutuhan dasar. Susu banyak di pakai untuk memperbanyak gizi ibu hamil. Juga berguna sebagai penambah gizi bagi janin yang ada di dalam kandungan.

  1. Brokoli

p_broccoli

Brokoli bukan saja dipenuhi dengan nutrisi yang penting untuk hamil yang sehat, seperti kalsium dan asam folat. Selain itu brokoli juga kaya akan serat dan antioksidan dan vitamin C yang akan membantu tubuh mencerna zat besi saat dimakan bersama makanan yang kaya zat besi.

  1. Telur

eggs

Telur memiliki aneka guna dan juga sebuah sumber protein yang mengandung asam amino untuk ibu hamil dan bayi. Telur mengandung banyak vitamin dan mineral, termasuk choline, yang sangat baik untuk perkembangan otak janin. Meskipun demikian, pastikan tidak memakan telur yang setengah matang atau terlalu matang.

  1. Sayuran Hijau

p_spinach

Bayam memiliki asam folat dan zat besi yang tinggi dan juga sumber kalsium yang baik. Tingkatkan nilai nutrisi dengan mengkonsumsi banyak sayuran hijau. Bisa menambahkan kol pada salad atau tambahkan sayuran hijau pada sandwich.

 

18 thoughts on “Tujuh Makanan yang Dibutuhkan oleh Ibu Hamil

  1. Iya bener nih mba. Kalo kita hamil memang butuh 7 makanan yang perlu di konsumsi seperti yang mba tuliskan. Ibaratnya kan dalam tubuh ngga cuman si ibu saja yang memerlukan gizi baik, tetapi juga si dede bayi dalam perut 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *